Biodata TWICE – Profil Grup Idol Wanita Korea

Grup Idol Korea Yang Cukup Populer di Jepang

biodata-twice

Biodata TWICE – TWICE  (트와이스; Teuwaisu) merupakan grup idol asal Korea Selatan yang terdiri sembilan orang wanita yang tidak hanya cantik, namun juga pintar ngedance dan menyanyi bentukan dari agensi JYP Entertainment.

Grup idola wanita ini terbentuk berkat program reality SIXTEEN yang ditayangkan oleh stasiun MNET di Korea Selatan pada 2015. Grup ini pada awalnya mempunyai member sebanyak tujuh orang , namun karena beberapa pertimbangan kemudian menjadi sembilan orang.

Berikut ini kami ulas perjalanan karir dan Biodata TWICE serta  perjalanan karir grup idol TWICE yang tentu saja menarik untuk disimak dan dijadikan inspirasi sukses, terutama bagi penggemar KPop ditanah air.

Biodata TWICE
Nama Lengkap
: TWICE  (트와이스; Teuwaisu)
Agensi
: JYP Entertainment
Debut
: 20 Oktober 2015
Member
: Jihyo, Nayeon, Jeongyeon, Chaeyoung, Mina, Sana, Dahyun, Tzuyu, dan Momo.
Asal Negara
: Korea Selatan
Basis Fans
: ONCE
Awal Terbentuknya TWICE

Seperti rata-rata grup idol Korea, sebelum terbentuknya TWICE juga melalui audisi dan harus menjalani pelatihan dalam waktu tertentu sebelum debut di kancah hiburan Korea dan dunia.

Semua ini bermula dari keinginan JYP Entertainment pada 19 Desember 2013 yang akan mengorbitkan sebuah girl grup baru setelah terakhir Miss A pada 2010. Terdapai beberapa orang yang kemudian diketahui menjadi trainee, antara lain : Lena, Cecilia, Nayeon, Jeongyeon, Jihyo dan Minyoung.

Format audisi kemudian berubah dengan menjadikan  program reality SIXTEEN yang tayang di Mnet menjadi ajang untuk menentukan formasi grup idol yang akan debut. Acara tersebut kemudian diikuti sebanyak 16 orang peserta yang menjadi trainee dan saling berkompetisi agar terpilih menjadi member grup.

loading...

Mereka yang ikut trainee ini tidak hanya dari Korea Selatan saja, namun juga berasal dari beberapa negara seperti Jepang, Kanada, Taiwan dan Thailand. Dari data yang dirilis oleh Mnet dan kanal Youtube resmi JYP pada 13 April 2015 dapat diketahui mereka yang ikut program SIXTEEN.

Dari data yang dirilis tersebut, Program Survival SIXTEEN diikuti oleh enam belas calon member TWICE, terdiri dari Jihyo, Sana, Mina, Chaeyoung, Nayeon, Jeongyeon, Momo, Tzuyu, Dahyun, Minyoung,  Somi, Natty, Chaeryeong, Jiwon, Eunsuh dan Chaeyeon.

Program SIXTEEN kemudian tayang sebanyak 10 episode di Mnet dari 5 Mei 2015 hingga 7 Juli 2015. Para trainee mulai mengerahkan segala kemampuannya, baik keahlian menari, menyanyi dan kharisma serta kepribadian.

Pada 5 Mei 2015, terpilihlah tujuh orang sebagai calon member TWICE, mereka adalah Nayeon, Sana, Dahyun, Chaeyoung, Mina, Jihyo dan Jeonghyeon. Personil kemudian bertambah dengan masuknya kembali Tzuyu dan Momo yang sebelumnya telah tereliminasi. Walau sempat terjadi kontroversi, akhirnya mereka melengkapi member TWICE menjadi sembilan.

Menurut informasi yang beredar, dua personil yang telah tereliminasi dan direkrut kembali mempunyai keiistimewaan tersendiri. Tzuyu berhasil mendapat perolehan suara yang tinggi dari penonton. Sedangkan Momo memiliki kemampuan dance yang sangat baik sehingga memikat  Park Jin Young, sang pimpinan JYP.

Setelah personil lengkap, JYP kemudian mengumumkan bahwa TWICE akan debut pada akhir 2015. Pada Juli 2015, akun Instagram official dibuat dengan foto sembilan member TWICE. Selain itu, JYP juga menghadirkan sebuah serial web bertajuk Twice TV berbagi cerita tentang member dan persiapan mereka untuk debut.

Debut TWICE

Sebelum debut, tepatnya pada 7 Oktober 2015, pihak JYP merilis situs official grup dan mengumumkan bahwa mereka akan debut. Cerita debut TWICE dimulai dengan merilis mini album bertajuk “The Story Begin’s” pada 20 Oktober 2015 dengan single “Like OOH-AHH” sebagai lagu andalan. Video musik lagu yang diciptakan oleh Black Eyed Pilseung ini meraih penonton 275 juta per 24 Desember 2018.

Baca Juga :  Profil dan Biodata BLACKPINK - Idol Korea Sensasional

Masih pada tanggal yang sama, TWICE menggelar showcase dengan menampilkan single ‘Like OHH-AHH” dan “Must Be Crazy”serta “Do It Again”. Prestasi yang didapat dari debut TWICE adalah video musik mereka yang ditonton jutaan viewer dan menjadi rekor sebagai video musik yang paling banyak ditonton dibandingkan seluruh grup KPop lainnya.

Perjalanan Karir TWICE di 2016

Biodata TWICE dihiasi dengan produktivitas mereka mengeluarkan album dan single. Setelah sukses debut dengan mini album yang pertama, TWICE kembali merilis album mini bertajuk “Page Two” pada 25 April 2016. Mini album ini menjagokan lagu “Cheer Up” sebagai single utama. Album ini juga diisi lagu versi kemas ulang dari lagu Park Ji-yoon berjudul “Precious Love” dan “I’m Gonna Be A Star” yang merupakan theme song dari acara SIXTEEN.

Video musik untuk lagu “Cheer Up” berhasil ditonton 10 juta viewer dalam waktu lima hari saja di Youtube. Selain itu, lagu tersebut juga nongkrong di peringkat 1 di Gaon Digital Chart dan peringkat Billboard World Digital Songs. Tembang lainnya, “Precious Love” dan “Touchdown” juga masuk Gaon Digital Chart.

Setahun setelah tayang program survival SIXTEEN, tepatnya pada 5 Mei 2016, TWICE menerima penghargaan pertama mereka dari M! Countdown. Berikutnya dari Music Bank pada stasiun TV KBS2 dan Inkigayo pada TV SBS.

Single “Cheer Up” yang sukses duduk diperingkat 1 diseluruh chart lagu di Korea dianugerahi Perfect All-Kill dari Instinz iChart. Album kedua mereka, “Page Two” terjual 150.000 kopi dan menjadikan mereka sebagai girl grup pertama yang mencatat penjualan lebih dari 100.000 kopi pada 2016.

Masih di tahun 2016, tepatnya tanggal 24 Oktober, TWICE kembali merilis mini album bertajuk “TWICEcoaster: LANE 1″ dan video musik untuk single utama”TT” secara online. Mereka juga memperkenalkan lagu “TT”,  “One in a Million”, “Jelly Jelly” pada showcase yang diselenggarakan pada hari yang sama.

Mini album “TWICEcoaster: LANE 1” mendapat sambutan hangat dari para penggemar, ini terbukti dengan terjualnya mini album ini sebanyak 165.000 kopi hanya dalam waktu satu minggu. Selain itu single utama “TT” mendapat Certified All-Kill karena menempati posisi 1 di Instiz iChart dan meraih Perfect All-Kill karena bertengger di posisi 1 di chart musik mingguan.

Kesuksesan seakan tidak mau jauh dari TWICE, video musik single “TT” ditonton 6 juta viewer hanya dalam waktu 24 jam setelah rilis. Lagu “Cheer Up” meraih Song of the Year pada Melon Music Awards ke-8 dan juga Mnet Asian Music Awards ke18.

Perjalanan Karir TWICE di 2017
Konser Solo Pertama

Karir girl grup bentukan JYP semakin moncer ditahun 2017. Pada awal tahun, video musik single “TT” berhasil memecahkan rekor video musik “Cheer Up” milik mereka sendiri dengan 100 juta kali ditonton. Bahkan, video musik ini kemudian mencapai 200 juta kali ditonton masih ditahun 2017.

Kesuksesan yang diraih hanya dalam waktu  enam belas bulan sejak debut membuat JYP Entertainment kemudian mengumumkan konser solo pertama TWICE. Konser ini kemudian digelar tiga hari dari 17 hingga 19 Februari di SK Olympic Handball Stadium. Konser bertajuk Twice 1st Tour: Twiceland The Opening merupakan awal dari rangkaian tur dunia mereka.

Baca Juga :  Biodata Song Joong Ki - Artis Korea Berwajah Imut

Pada Februari 2017, TWICE merilis album spesial yang merupakan remake dari album TWICEcoaster: LANE 1, mini album ini kemudian diberi nama TWICEcoaster: LANE 2 dengan single utama “Knock Knock”.

Merambah ke Jepang

Biodata TWICE semakin lengkap dengan usaha melirik pasar Jepang. Setelah sukses di Korea, JYP Entertainment kemudian ingin TWICE memanjakan penggemar mereka di Jepang. TWICE mulai merilis situs resmi berbahasa Jepang dan akun media sosial lainnya. JYP juga mulai mempromosikan TWICE di Jepang via berbagai media sebelum debut.

Pada 15 Mei 2017, TWICE kembali merilis mini album bertajuk “Signal” dan video musik lagu andalan berjudul sama. Mini album ini diproduksi oleh Park Jin-young dengan enam lagu, termasuk “Eye Eye Eyes” yang ditulis oleh Jihyo dan Chaeyoung.

Album “Signal”  versi Jepang dan video pendek pratayang sebagai hitung mundur menuju perilisan album kemudian dirilis. Berikutnya, lagu “TT” juga dibuatkan video musik versi Jepangnya. Debut TWICE di Jepang ditandai dengan rilisnya album kompilasi #Twice pada tanggal 28 Juni.

Tanggal 2 Juli 2017, TWICE membuat acara showcase yang diberi nama Touchdown in Japan yang digelar di Tokyo yang dihadiri oleh 15.000 penggemar mereka. Album mereka, #Twice terjual 136,157 keping hanya dalam seminggu diluncurkan dan berhasil bertengger di peringkat kedua Oricon Albums Chart.

Untuk lebih dekat dengan fans Jepang, TWICE kemudian meluncurkan single bertajuk “One More Time” yang merupakan lagu Jepang pertama mereka pada 18 Oktober 2017. Album #Twice dan singel “One More Time” kemudian berhasil penghargaan Platinum oleh Assosiasi Industri Rekaman Jepang (RIAJ).

Setelah pembuatan video musiknya di buat di Kanada pada September 2017, TWICE kembali meluncurkan album bertajuk “Twicetagram” pada 30 Oktober 2017 dengan lagu andalan “Likey”. Album dan single utamanya bertengger diperingkat pertama pada Billboard World Albums World Digital Song Sales. Ini menjadikan TWICE sebagai grup wanita Korea pertama dari grup idol Korea yang mencapai posisi tersebut.

Popularitas TWICE di Jepang semakin melambung setelah tampil di acara yang memiliki rating tinggi di Jepang milik stasiun TV NHK, Kohaku Uta Gassen yang ke-68. TWICE adalah grup Korea keempat yang tampil diacara tersebut setelah TVXQ, Kara dan SNSD.

Perjalanan Karir TWICE di 2018
Pada 7 Februari 2018, TWICE kembali merilis single “Candy Pop dan juga mengadakan konser di Jepang yang bertajuk Twice Showcase Live Tour 2018 “Candy Pop”. Kemudian merilis album dengan single andalan berjudul sama, “Whats Is Love?”

Kembali demi memanjakan penggemarnya di Jepang, TWICE merilis single Jepang berjudul “Wake Me Up” pada 16 Mei 2018. Selanjutnya, pada 18 sampai 20 Mei 2018 mereka mengadakan tur dengan tema Twice 2nd Tour: Twiceland Zone 2 – Fantasy Park dengan Seoul sebagai start awal.

Masih di tahun 2018. TWICE menyanyikan theme song untuk film Sensei Kunshu dengan lagu berjudul “I Want You Back” milik The Jackson 5. Lagu ini dan video musiknya diluncurkan pada 15 Juni 2018. Pada 9 Juli 2018, album What Is Love? di remake dengan judul Summer Nights. Album ini mengandalkan lagu yang ditulis oleh Wheesung berjudul “Dance The Night Away”.

Itulah tadi artikel tentang Biodata TWICE, kisah perjalanan karir TWICE hingga menjadi salah satu grup idol wanita Korea sangat populer. Semoga Biodata TWICE diatas dapat memberi inspirasi bagi pembaca sekalian, terutama bagi penggemar Kpop. []

Loading...