Biografi Abdul Somad – Ustadz Yang Sedang Naik Daun

Ustad Sejuta Umat

biograf-abdul-somad

Biografi Abdul Somad – Indonesia merupakan negara yang mayoritas masyarakatnya beragama islam. Saat ini, Indonesia memiliki banyak ulama yang dapat menjadi panutan dan teladan bagi masyarakat. Salah satunya adalah ustad Abdul Somad. Beliau dikenal sebagai salah satu penceramah yang terkenal di Indonesia yang berasal dari Sumatera. Penasaran dengan biografi Abdul Somad?

Beliau mulai banyak dikenal ketika ia aktif memberikan ceramah agama melalui saluran Youtube. Ustadz Abdul Somad dikenal sebagai salah satu penceramah kondang yang kerap mengisi ceramah agama ke berbagai daerah di Indonesia. Pada saat mengisi ceramah pun banyak sekali masyarakat yang antusias.

Profil Abdul Somad

  • Nama Lengkap : Abdul Somad Batubara
  • Tempat/Tanggal Lahir : Silo Lama, Asahan, 18 Mei 1977
  • Warga Negara : Indonesia
  • Agama : Islam
  • Pendidikan : Universitas Al Azhar Mesir (Lc) dan Institut Darul-Hadits Al-Hassaniyah, Kerajaan Maroko (MA)
  • Situs Web : somadmorocco.blogspot.co.id
  • Pekerjaan : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim

Biografi Abdul Somad, Lc, MA

Keluarga

Berdasarkan biografi Abdul somad, ibu Abdul Somad bernama Hajjah Rohana. Ibunda beliau merupakan keturunan dari Syekh Abdurrahman atau dikenal sebagai Syekh Silau Laut . Beliau merupakan ulama besar di kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

biografi-abdul-somad

Abdul Somad Muda

Abdul Somad merupakan seorang pendakwah dan ulama Indonesia yang sering mengulas berbagai macam persoalan agama, khususnya kajian ilmu hadis dan Ilmu fikih. Lebih dari itu, beliau juga banyak membahas mengenai nasionalisme dan berbagai masalah terkini yang sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat.

Beliau banyak dikenal publik karena ilmu dan kelugasannya dalam memberikan penjelasan dalam menyampaikan dakwah yang disiarkan melalui saluran Youtube. Ustadz kondang Abdul Somad saat ini bertugas sebagai dosen di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau.

Dilansir dari biografi Abdul Somad, diketahui bahwa Ustadz Abdul Somad telah menikah. Ya, istri Ustadz Abdul Somad merupakan seorang istri yang taat. Beliau menikah pada usia 31 tahun di tahun 2008. Putera Ustadz Abdul Somad bernama Mesian Haziq Abdillah.

Pendidikan Abdul Somad

Dari SD, pendidikan beliau sudah berbasis pada Tahfiz Alquran. Lulus dari SD Al-Washliyah Medan tahun 1990 lalu melanjutkan pendidikannya ke Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Al-Washliyah Medan. Lulus tahun 1993 kemudian melanjutkan pendidikan ke Pesantren Darularafah Deliserdang Sumatera Utara selama satu tahun. Kemudian tahun 1994, ustad dengan suara merdu ini pindah ke Riau untuk melanjutkan pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, Indragiri dan berikutnya antara 1996–1998 beliau sempat berkuliah di UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Pada tahun 1998 beliau mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Al-Azhar Kairo dan berhasil mendapatkan gelar Lc-nya dalam waktu tiga tahun 10 bulan pada pertengahan tahun 2002. Kemudian beliau melanjutkan program pendidikan S2-nya di Universiti Kebangsaan Malaysia tapi hanya sempat berkuliah selama dua semester.

Berdasarkan biografi Abdul Somad, pada tahun 2004 beliau melanjutkan pendidikan S2-nya di Institut Darul-Hadits Al-Hassaniyah Rabat yang setiap tahunnya hanya menerima 20 orang murid dengan rincian 15 orang Maroko dan lima orang untuk asing. Program pendidikan S2 diselesaikannya dalam waktu satu tahun 11 bulan dan mendapatkan gelar D.E.S.A. pada akhir tahun 2006.

Berdasarkan biografi Abdul Somad, beliau tidak pernah terjun ke dunia bisnis. Beliau hanya berkecimpung dalam pendidikan berbasis islam. Selain itu, beliau juga pernah menterjemahkan Al-quran dalam bahasa asing.

Isu Terjun Ke Dunia Politik

Nama Ustadz Abdul Somad semakin melejit di masyarakat ketika beliau disebut-sebut sebagai bakal calon wakil presiden 2019 mendampingi Prabowo Subianto sebagai calon Presiden. Namun berita tersebut tidak benar.

Dalam perjalanannya, Ustadz Abdul Somad telah menuliskan beberapa buku yang menjadi best seller di kalangan ummat islam, di antaranya Masalah Populer, Pertanyaan Seputar Sholat, dan Tanya Jawab Seputar Qurban.

Itulah biografi Abdul Somad yang dapat menginspirasi kita dalam berkarya. Dakwah yang diberikan tentunya dapat bermanfaat untuk kita. Perkembangan dakwah di indonesia saat ini memang cukup tinggi dan semoga kedepan dapat meningkat lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.