Biografi BJ Habibie – Seorang Panutan Anak Bangsa

Salah Satu Orang Jenius di Indonesia

biografi-bj-habibie

Biografi BJ Habibie – Nama besar BJ Habibie sudah tak asing lagi dimata masyarakat Indonesia. Beliau merupakan salah satu anak bangsa yang berprestasi dan menjadi panutan. Kita sebagai generasi penerus bangsa wajib mencontoh semangat dan perjuangan BJ Habibie. Memang tidak mudah, namun apapun yang diperjuangkan tentu akan ada nilainya.

Berikut kisah hidup yang dirangkum dalam biografi BJ Habibie.

Profil BJ Habibie

Pemilik nama lengkap Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie ini lahir di Parepare, Sulawesi Selatan pada tanggal 25 Juni 1936. Saat ini beliau berusia 82 tahun. Beliau adalah Presiden Republik Indonesia yang ketiga, menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan presiden pada tanggal 21 Mei 1998.

biografi-bj-habibie

BJ. Habibie Muda

Pria yang hobi membaca ini menjadi orang penting dalam sejarah penerbangan di Indonesia. Biografi BJ Habibie sangat menarik untuk jadi inspirasi bagi kita semua.

Biografi BJ Habibie

Keluarga BJ Habibie

BJ Habibie adalah anak keempat dari delapan bersaudara. Orang tuanya yakni Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo. Ayah beliau yang berprofesi sebagai ahli pertanian berasal dari etnis Gorontalo dan memiliki keturunan Bugis sedangkan ibunya beretnis Jawa. R.A. Tuti Marini Puspowardojo.

Berdasarkan biogrfi BJ Habibie, Ibunda beliau merupakan anak seorang spesialis mata di Yogya. Ayah BJ Habibie bertugas sebagai pemilik sekolah. Pada tanggal 12 Mei 1962 BJ Habibie menikah dengan Hasri Ainun Besari dan dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie.

Pendidikan BJ Habibie

BJ Habibie merupakan alumnus SMAK Dago. Setelah itu, beliau belajar teknik mesin di Fakultas Teknik Universitas Indonesia Bandung (sekarang Institut Teknologi Bandung) pada tahun 1954. Namun pada 1955–1965 beliau melanjutkan studi teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang di RWTH Aachen, Jerman Barat. Setelah rampung, beliau menerima gelar diplom ingenieur pada 1960 dan gelar doktor ingenieur pada 1965 dengan predikat summa cum laude.

Baca Juga :  Biografi Coco Chanel - Pemilik Brand Terkenal

Karir Pekerjaan BJ Habibie

Pria dengan ciri khas murah senyum ini pernah bekerja di Messerschmitt-Bölkow-Blohm yakni sebuah perusahaan penerbangan yang berpusat di Hamburg, Jerman. Beliau  mencapai puncak karier sebagai seorang wakil presiden bidang teknologi. Tahun 1973 beliau memutuskan untuk kembali ke Indonesia atas permintaan mantan presiden Soeharto. Biografi BJ Habibie sangat menarik untuk jadi inspirasi.

Kemudian beliau menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi sejak tahun 1978 sampai Maret 1998. Nah, sebelum menjabat sebagai Presiden (21 Mei 1998 – 20 Oktober 1999) beliau adalah Wakil Presiden (14 Maret 1998 – 21 Mei 1998) dalam Kabinet Pembangunan VII di bawah Presiden Soeharto. BJ Habibie diangkat menjadi ketua umum ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia) pada masa jabatannya sebagai menteri.

Karir politik BJ Habibie

Bisa dibilang tak mulus, sebab pengangkatan BJ Habibie sebagai Presiden menimbulkan berbagai macam kontroversi bagi masyarakat Indonesia. Berbagai pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional.

Ketika menjabat sebagai Presiden,  Habibie segera membentuk sebuah kabinet. Satu dari sekian tugas pentingnya adalah kembali mendapatkan dukungan dari Dana Moneter Internasional dan komunitas negara-negara donor untuk program pemulihan ekonomi.

BJ Habibie juga membebaskan para tahanan politik dan mengurangi kontrol pada kebebasan berpendapat dan kegiatan organisasi. Namun pada era pemerintahannya yang singkat,  beliau berhasil memberikan landasan kukuh bagi Indonesia. Pada masa itu dilahirkan UU Anti Monopoli atau UU Persaingan Sehat dan perubahan UU Partai Politik serta yang paling penting adalah UU otonomi daerah. Biografi BJ Habibie sangat menarik untuk jadi inspirasi.

Penghargaan BJ Habibie

Pria yang dikenal dengan kecerdasannya ini banyak sekali mendapat penghargaan baik nasional maupun internasional. BJ Habibie mendapat gelar Diploma Ing dari Technische Hochschule Jerman tahun 1960 dengan predikat Cumlaude (Sempurna) dengan nilai rata-rata 9,5.

Beliau terpilih sebagai salah seorang dari 21 Tokoh yang berjasa dalam Teknologi Penerbangan dan Angkasa Luar tahun 1982 Majalah Aviation Week & Space. Selainitu, beliau juga dinobatkan dalam penghargaan The Star of Soekarno Award Universitas Bung Karno Jakarta taun 2011.

Baca Juga :  Biografi Yusril Ihza Mahendra - Pakar Hukum Tata Negara

BJ Habibie memang menjadi panutan dan teladan bagi anak bangsa. Alangkah baiknya jika dikeduian hari ada anak bangsa yang akan menjadi seperti beliau dengan prestasi yang tak kalah baiknya. Biografi BJ Habibie yang singkat tersebut dapat menjadi motivasi kita dalam berjuang mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.