Profil Dan Biografi Chairul Tanjung Si Anak Singkong

Biografi Si Anak Singkong

profil-dan-biografi-chairul-tanjung

Profil Dan Biografi Chairul TanjungKisah Sukses Chairul Tanjung menarik untuk disimak. Keberhasilannya merangkak dari bawah untuk membangun kerajaan bisnisnya membuat Biografi Chairul Tanjung sampai dibuatkan sebuah buku yang berjudul Chairul Tanjung Si Anak Singkong.

Banyak pelajaran-pelajaran yang dapat dipetik dari Pengusaha Muda Sukses yang satu ini. Mulai usaha kecil hingga punya korporasi dan menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Berikut selengkapnya Kisah Sukses Chairul Tanjung dalam membangun Grup CT Corp.

Profil Chairul Tanjung

  1. Nama Lengkap : Chairul Tanjung, MBA
  2. Tempat Tanggal Lahir : Jakarta, 16 Juni 1962
  3. Agama : Islam
  4. Orang Tua : Abdul Ghafar Tanjung (Ayah) dan Halimah (Ibu)
  5. Istri : Anita Ratnasari Tanjung
  6. Anak : Putri Indahsari Tanjung dan Rahmat Dwiputra Tanjung
  7. Pekerjaan : Pengusaha (Pemilik CT Corp)

Biografi Chairul Tanjung

Asal Usul dan Keluarga.

Chairul Tanjung memang dilahirkan di Jakarta, namun orang tuanya Abdul Ghafar Tanjung (Ayah) dan Halimah (Ibu) merupakan orang luar Jakarta. Ayahnya merupakan pendatang dari Sibolga, Sumatera Utara. Sedangkan ibunya berasal dari Cibadak, Jawa Barat. Abdul Ghafar Tanjung memiliki enam orang anak, termasuk Chairul Tanjung.

Ayah Chairul Tanjung merupakan seorang wartawan di koran dengan pendapatan kecil. Koran tersebut ditutup karena berbeda pandangan politik dengan penguasa saat itu. Ibunya bukanlah seorang wanita karir, melainkan hanya mengurus rumah tangga. Latar belakang kehidupan ekonomi keluarganya yang pas-pasan membuat orang tua Chairul Tanjung menjual rumah mereka dan tinggal disebuah losmen yang sempit dan kecil.

Chairul Tanjung menikah dengan Anita Ratnasari Tanjung dan memiliki anak bernama Putri Indahsari Tanjung dan Rahmat Dwiputra Tanjung.

Pendidikan

Chairul Tanjung mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertamanya  di SD dan SMP Van Lith Jakarta, kemudian ia melanjutkan ke SMA Boedi Oetomo Jakarta (1981). Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia berhasil ditamatkannya pada tahun 1987. Kemudian Chairul Tanjung mendapat gelar MBA setelah berhasil lulus dari Executive IPPM pada tahun 1993.

Karir Bisnis

Merintis bisnis dari bawah

Kisah sukses Chairul Tanjung terletak dalam perjalanan ia merintis karir bisnisnya. Ia memulai bisnisnya sejak ia masih menjadi mahasiswa. Latar belakang ekonomi keluarganya membuat Chairul Tanjung muda harus menyikapinya dengan berusaha sendiri untuk memenuhi kebutuhan biaya kuliah.

Baca Juga :  Biografi Soeharto - Presiden Terlama di Indonesia

Chairul Tanjung muda berjualan buku, kaos dan foto copi di sekitar tempat ia berkuliah. Ia juga pernah gagal dan bangkrut ketika berjualan alat-alat kedokteran dan laboratorium di bilangan Senen, Jakarta Pusat.

Selepas kuliah, bermodalkan pinjaman sebesar 150 Juta Rupiah dari Bank Exim, Chairul Tanjung bersama dengan tiga orang temannya mendirikan PT Pariarti Shindutama. Mereka bergerak dibidang pembuatan sepatu anak-anak. Mereka pernah mendapat order sebesar 160 ribu pasang sepatu untuk di ekspor ke Italia.

Kebersamaannya dengan PT Pariarti Shindutama tidak berlangsung lama, perbedaan cara pandang pengelolaan bisnis dengan rekannya membuat ia hengkang dan memilih membuat usaha sendiri.

Menjadi Konglomerat

Berkat keuletan dan kemampuannya membangun relasi bisnis, Chairul Tanjung berhasil mendirikan Para Group, perusahaan konglomerasi yang membawahi beberapa unit perusahaan, seperti :

  1. Para Global Investindo (bisnis keuangan). Yang memiliki sejumlah anak usaha, antara lain : Asuransi Umum Mega, Asuransi Jiwa Mega Life, Para Multi Finance, Bank Mega, Mega Capital Indonesia, Bank Mega Syariah, dan Mega Finance.
  2. Para Inti Investindo (media dan investasi), anak perusahaannya antara lain : penyiaran dan multimedia, Para Group memiliki Trans TV, Trans7, Mahagagaya Perdana, Trans Fashion, Trans Lifestyle, dan Trans Studio.
  3. Para Inti Propertindo (properti), perusahaan tersebut membawahi antara lain : Para Bandung Propertindo, Para Bali Propertindo, Batam Indah Investindo, dan Mega Indah Propertindo.

Bisnis Chairul Tanjung terus menggurita,  ia meluncurkan Bandung Supermall pada tahun 1999. Selain itu, Chairul Tanjung melalui perusahaannya Trans Corp membeli saham Carefour Indonesia sebesar 40 persen. Perusahaan retail asal Perancis tersebut ia kuasai setelah dilakukan MOU pada 12 Maret 2010.

Chairul Tanjung merubah nama Para Grup pada 1 Desember 2011 menjadi CT Corp. Mega Corp, Trans Corp dan CT Global Resources adalah sub holding dari CT Corp. Bidang usaha mereka adalah layanan dibidang keuangan, media dan hiburan, ritel dan sumber daya alam.

Dibidang media, selain Trans TV dan Trans7, Ia juga memiliki saluran berita CNN Indonesia dan juga CNBC Indonesia. Chairul Tanjung juga mempunyai media online, seperti : Detik.com, CNN Indonesia dan CNBC Indonesia. Dibidang retail, ia mendirikan Transmart bersanding dengan Carefour.

Baca Juga :  Biografi Prabowo – Politikus yang Juga Seorang Pebisnis Hebat

Karena keberhasilannya diatas, tentu saja pundi-pundi Chairul Tanjung bertambah tebal. Ia menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia dan masuk juga dalam jajaran orang terkaya di dunia. Majalah Forbes menempatkan Chairul Tanjung sebagai peringkat ke-937 orang terkaya di dunia dengan total harta sekitar USD 1 miliar pada tahun 2010. Tahun 2011, ia mempunyai total kekayaan sekitar USD 2,1 miliar. Tahun 2014, Chairul Tanjung menduduki peringkat 375 orang terkaya di dunia dengan total harta sekitar USD 4 miliar.

Karir Organisasi dan Politik

Kisah hidup Chairul Tanjung semakin lengkap ketika ia pernah terlibat dalam organisasi dan politik. Pengusaha yang kisah hidupnya dibukukan dengan judul : Chairul Tanjung Si Anak Singkong ini  pernah menjabat  antara lain :

  1. Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), 2000–2004
  2. Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia (Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, Presiden SBY),19 Mei 2014 – 20 Oktober 2014.
  3. Pelaksana Tugas Menteri Kehutanan Indonesia (Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, Presiden SBY),1 Oktober 2014 – 20 Oktober 2014.
  4. Pelaksana Tugas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, Presiden SBY),1 Oktober 2014 – 20 Oktober 2014.

Penghargaan

  1. Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional (1984-1985)
  2. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Award 2015

Biografi Orang Sukses memang sangat menarik untuk dicermati, termasuk Biografi Chairul Tanjung Si Anak Singkong. Keuletan dan kepiawaiannya dalam membangun jaringan relasi dan koneksi bisnis membuatnya menjadi pengusaha sukses dan termasuk orang terkaya Indonesia.

Demikian Profil dan Biografi Chairul Tanjung, semoga dapat memberi inspirasi bagi pembaca sekalian. [ ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.