Biografi Cristiano Ronaldo – Dewa Sepak Bola

Raja Lapangan Hijau dari Portugal

biografi-cristiano-ronaldo

Biografi Cristiano Ronaldo – Bagi pecinta sepakbola, nama Cristiano Ronaldo sudah tentu tidak asing lagi. Namanya menghiasi pentas sepakbola dunia. Memiliki wajah rupawan, tubuh atletis dan skill mengolah bola tingkat dewa serta sikap kedermawanannya membuat ia menjadi idola diseluruh dunia.

Cristiano Ronaldo bersama dengan Lionel Messi begitu mendominasi dan saling bersaing dalam perebutan gelar pemain terbaik dunia dalam satu dekade terakhir. Bersama Messi, Ronaldo telah meraih lima Ballon D’Or. Perdebatan siapa yang terbaik diantara mereka selalu bahan perdebatan bersamaan dengan rivalitas abadi Real Madrid dan Barcelona di La Liga.

Kendati tidak bermain untuk Real Madrid lagi, tidak lengkap rasanya menjadi penggemar sepakbola jika tidak mengetahui profil dan Biografi Cristiano Ronaldo. Berikut kami ulas selengkapnya disini.

Profil dan Biografi Cristiano Ronaldo Lengkap.

Biodata Cristiano Ronaldo Lengkap

  1. Nama Lengkap : Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro
  2. Nama Populer : Cristiano Ronaldo, CR9, CR7
  3. Tempat/ Tanggal Lahir : Funchal, Madeira, Portugal, 5 Februari 1985
  4. Tinggi/ Berat Badan : 185 cm/ 80 Kg
  5. Orang Tua : Maria Dolores dos Santos Aveiro (Ibu) dan José Dinis Aveiro (Ayah)
  6. Saudara : Hugo  (Kakak Laki-Laki), Elma dan Liliana Catia (kakak perempuan)
  7. Kewarganegaraan : Portugal
  8. Agama  : Katholik
  9. Pasangan : Daniela Martins (presenter, 2005), Merche Romero (model, 2005 – 2006), Gemma Atkinson (aktris, 2007), Alice Goodwin (model, mantan), Raffaella Fico (model, 2009), Nereida Gallardo (model), Paris Hilton (aktris), Irina Shayk (model, 2010 – 2015), Georgina Rodriguez
  10. Anak : Cristiano Ronaldo Jr. (laki-laki, Lahir : 03 Juli 2010), Mateo (laki-laki, kembar, Lahir : 29 Juni 2017), Eva (perempuan, kembar, Lahir : 29 Juni 2017), Alana Martina (perempuan, Lahir :  12 November 2017)

Latar Belakang Keluarga dan Masa Kecil

Cristiano Ronaldo dilahirkan di Madeira pada 5 Februari 1985. Nama Ronaldo terinspirasi dari nama Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan. Keluarga Cristiano Ronaldo dapat dikatakan sebagai keluarga miskin, karena mereka tinggal dirumah yang sempit. Ia bahkan berbagi kamar dan mainan dengan kakak-kakaknya. Ronaldo pernah dikeluarkan dari sekolahnya karena melemparkan kursi ke gurunya, disebabkan karena guru tersebut melecehkan kondisi ekonomi keluarga Cristiano Ronaldo.

Ayahnya adalah Jose Dinis Aveiro, seorang tukang taman dan pembantu di sebuah klub sepak bola di daerah mereka. Ayahnya pecandu berat alkohol yang menyebabkannya menderita kerusakan hati dan akhirnya meninggal diusia 52 tahun. Ronaldo kehilangan ayahnya pada tahun 2005 ketika ia berusia 20 tahun.

Ibunya, Maria Dolores berprofesi sebagai juru masak. Dalam film dokumenter Ronaldo, Maria Dolores mengatakan pernah berniat menggugurkan Ronaldo ketika masih janin, namun hal itu tidak jadi dilakukannya.

Ketika kecil, Ronaldo pernah divonis mengidap kelainan jantung, dimana jantungnya berdetak tidak normal (tachycardia). Ia pun harus di operasi untuk mengatasi masalah tersebut. Bakat sepakbola Ronaldo telah terlihat sejak ia masih kecil. Ia akan menangis waktu pulang kerumah ketika tidak mencetak gol. Setelah insiden dengan gurunya, orang tua Ronaldo lebih mendorong anaknya untuk menjadi pesepakbola profesional dari pada melanjutkan sekolah.

Karir Sepakbola

Karir Junior

Riwayat Cristiano Ronaldo di sepakbola dimulai ketika ia bergabung dengan Andorinha (1993—1995). Disana ia mengasah kemampuannya mengolah si kulit bundar. Tampil baik di Andorinha membuat Clube Desportivo Nacional atau Nacional Da Madeira merekrutnya. Di klub dikota kelahirannya ini, Ronaldo mengabdi dalam kurun waktu 1995—1997.

Bakat dan performa bersama klub sebelumnya membuat Sporting Lisbon merekrut talenta muda Portugal ini dan menempatkannya di tim Junior untuk memperoleh jam terbang dan pembinaan lebih lanjut.

Karir Profesional di Klub

Profil Cristiano Ronaldo di Sporting Lisbon

Cristiano Ronaldo akhirnya naik kelas dengan menghuni tim senior Sporting Lisbon. Tampil sebanyak 25 kali, ia berhasil membukukan 3 gol. Performa apik Ronaldo terendus oleh Manchester United ketika mereka bertemu dalam sebuah laga persahabatan dengan Sporting Lisbon. Ronaldo tampil gemilang dan berperan untuk kemenangan Sporting Lisbon 3-1. Manchester United tertarik dan berniat mengajak Ronaldo bergabung. Setelah sempat diisukan akan bergabung dengan Juventus, Cristiano Ronaldo muda akhirnya memilih memulai pertualangan barunya bersama Manchester United.

Profil Cristiano Ronaldo di Manchester United

Bersama Manchester United, Cristiano Ronaldo mulai merintis karir profesional diluar Portugal. Di klub tersebut, Ronaldo mendapat nomor punggung keramat, nomor 7. Nomor keramat ini sebelumnya dipakai oleh beberapa legenda klub, seperti : George Best, Eric Cantona dan David Beckham. Sebenarnya Ronaldo ingin memakai nomor 28 kesayangannya. Namun apa daya, Sir Alex Fergusson memilih ia yang mendapat kehormatan tersebut. Akhirnya, nomor tersebut melekat dengan dirinya bersanding dengan inisial namanya menjadi CR7.

biografi-cristiano-ronaldo-dari-kecil -sampai-sekarang

Cristiano Ronaldo Ketika di MU – Foto : The Telegraph

Tidak lengkap membahas Biografi Cristiano Ronaldo tanpa membahas kiprahnya di tanah Ratu Elizabeth ini. Bersama Manchester United, Ronaldo mengabdi selama 6 musim pada 2003–2004 sampai dengan 2008-2009. Berbeda dengan ketika di Sporting, bermain di Theatre Of Dream tidaklah mudah. Tim barunya tersebut bertabur bintang dan aroma persaingan yang sangat tinggi. Namun ia dapat melewati masa tersebut dengan  baik.

Baca Juga :  Biografi Marcus Fernaldi Gideon - Profil dan Biodata

Bersama “Setan Merah”, Ronaldo berhasil memberi banyak piala. Ronaldo mengantarkan timnya meraih titel Premiere League pada musim 2006–07 sampai dengan 2008–09,  FA Cup di musim 2003–2004, Piala Liga ditahun 2005/2006 dan 2008/09, Piala Community Shield di tahun 2007, Liga Champion Eropa pada tahun 2007/2008 dan Kejuaraan Dunia Antar Klub ditahun 2008.

Disamping berbagai titel bersama klub, Ronaldo juga meraih penghargaan untuk dirinya sebagai pemain. Beberapa diantaranya adalah :  Young Player of The Year 2007, Premier Golden Boot 2007, dan European Golden Shoes 2007 dan tentu saja Ballon D’Or tahun 2008. Ronaldo bermain sebanyak 118 kali di Manchester United dan membukukan sebanyak 118 gol disemua kompetisi.

Profil Cristiano Ronaldo di Real Madrid

Cristiano Ronaldo mengambil keputusan meninggalkan tanah Inggris menuju ke Spanyol, Manchester United melepas pemain sayap ini dengan harga 80 juta poundsterling atau lebih kurang 1,3 trilyun rupiah. Harga tersebut membuatnya menjadi pemain termahal didunia pada masa itu.

Bergabung dengan Los Galacticos membuat Cristiano Ronaldo untuk sementara harus melupakan nomor punggung 7 yang telah identik dengan dirinya. Keberadaan Raul Gonzales yang merupakan ikon Real Madrid dan pujaan publik Santiago Bernabeu membuat Ronaldo harus menggunakan jersey bernomor 9. Inisialnya pun berubah dari CR7 menjadi CR9. Setelah Raul hengkang, nomor 7 ia dapatkan dan CR7 menjadi julukannya kembali.

Kehadiran Cristiano Ronaldo di Real Madrid membuat tensi dan gengsi La Liga semakin naik. Liga Spanyol yang dulunya kalah bergengsi dibanding Liga Inggris menjadi lebih menarik. Laga El Clasico, sebuah julukan untuk pertandingan antara Real Madrid dan seteru abadi mereka menjadi lebih panas. Salah satu penyebabnya adalah persaingan antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dari Barcelona untuk menjadi yang terbaik.

Bersama Los Blancos, penampilan Cristiano Ronaldo makin meningkat. Terbukti dengan banyaknya gelar yang ia raih. Baik itu gelar untuk klub maupun gelar untuk pribadinya. Untuk klub, Ronaldo berhasil memberi beberapa gelar untuk Madrid, seperti juara La Liga musim 2011/2012 dan  2016/2017. Juara Copa del Rey tahun 2010/2011 dan 2013/2014. Supercopa de España tahun 2012 dan 2017. Kemudian ia membawa Madrid menjuarai UEFA Champions League: 2013/2014, 2015/2016, 2016/2017 dan 2017/2018 serta merengkuh juara di FIFA Club World Cup tahun 2014, 2016, 2017.

Selama di Real Madrid, Cristiano Ronaldo juga banyak mendapat penghargaan untuk pribadinya, termasuk 4 kali Ballon D’Or pada tahun 2013, 2014, 2016 dan terakhir kali tahun 2017. Disamping itu, produktivitas golnya bersama Madrid juga sangat tinggi, termasuk ia pernah menjadi Top Skor La Liga musim 2010/2011 dengan 40 gol. Kemudian pernah mencetak 17 di Liga Champion musim 2013/2014. Dia pun telah berhasil membukukan 15 gol dilaga super panas bertajuk el clasico.

Profil Cristiano Ronaldo di Juventus

Setelah moncer di La Liga Spanyol dan Liga Champion Eropa, Ronaldo membuat keputusan yang di mengejutkan banyak pihak. Ia memutuskan hengkang ke kompetisi Serie A Italia untuk bergabung bersama Juventus.

biografi-cristiano-ronaldo-dari-kecil

Ronaldo Ketika Tampil Bersama Juventus – Foto : https://www.instagram.com/cristiano/

Juventus harus merogoh kocek setebal 112 juta Euro atau setara 1,88 triliun rupiah untuk mendapatkan tanda tangan ayah dari Cristiano Ronaldo Jr ini. Ketika artikel Biografi Cristiano Ronaldo ini dibuat, Ronaldo baru mencetak 3 gol dan 2 assist untuk Juventus di Serie A dan 1 gol di Liga Champion.

Profil Cristiano Ronaldo di Timnas Portugal

Profil Ronaldo di Timnas Portugal juga cukup menjanjikan, kendati cukup lama baru  ia mampu memberi piala untuk negaranya tersebut. Punya kemampuan mengolah bola yang mumpuni dan fisik yang kuat membuat Ronaldo tidak kesulitan untuk mendapatkan tempat di tim nasional Portugal.  Ia pernah tampil bersama Portugal di berbagai tingkatan usia, mulai U-17, U-20, U-21, U-23 hingga tim senior.

Baca Juga :  Profil dan Biografi Kevin Sanjaya - Si Tangan Petir

Cristiano Ronaldo pernah membela tim nasional Portugal di Piala Eropa 2004 ketika Portugal menjadi Runner Up. Ronaldo juga bermain di Olimpiade 2004 di Athena. Selain itu, CR7 juga sudah bermain untuk Euro 2008, Euro 2012, Euro 2016. Pada perhelatan Euro 2016 yang berlangsung di Perancis, Ronaldo berhasil memberikan gelar yang pertama untuk negaranya dengan menjuarai Euro 2016 dengan mengalahkan tuan rumah Perancis. Kendati tidak tampil penuh karena cedera, Ronaldo berusaha memompa semangat rekannya dari pinggir lapangan dan akhirnya mereka menang.

Di Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia, Ronaldo gagal membawa negaranya menjuarai Piala Dunia untuk pertama kalinya. Mereka hanya sampai di perdelapan final, Portugal dikalahkan oleh Uruguay dengan skor 2-1. Dalam turnamen 4 tahunan ini, Ronaldo berhasil mengemas 4 gol. Hingga saat ini, Ronaldo telah tampil sebanyak 154 pertandingan untuk Portugal dan mencetak 85 gol.

Kehidupan Di luar Sepakbola

Kehidupan Pribadi

keluarga-cristiano-ronaldo

Ronaldo dan Keluarga – Foto : https://www.instagram.com/cristiano/

Sebagai pesepakbola yang memiliki wajah rupawan, tubuh atletis dan pendapatan jutaan dollar membuat Ronaldo menjadi selebritis kelas dunia.Tak heran jika Ronaldo beberapa kali berganti pasangan. Mulai dari Daniela Martins, Merche Romero, Gemma Atkinson, Alice Goodwin,  Raffaella Fico,  Nereida Gallardo , Paris Hilton, Irina Shayk hingga Georgina Rodriguez.

Ronaldo memiliki anak sebanyak 4 orang, nama anak Cristiano Ronaldo adalah : Cristiano Ronaldo Jr., sikembar Mateo (laki-laki) dan Eva (perempuan) serta  Alana Martina. Hanya  Alana Martina yang diketahui sebagai anak hasil hubungannya dengan Georgina Rodriguez, seorang model asal Spanyol. Selain itu, Ronaldo merahasiakan siapa nama ibu untuk anak-anaknya yang lain.

Berpenghasilan selangit membuat Ronaldo bisa menuruti segala keinginannya, salah satu hobinya adalah mengoleksi mobil mewah, terutama mobil sport seperti Ferrari dan Lamborghini. Ia juga memiliki jet pribadi Gulfstream G650 dan tentu saja rumah mewah.

Selain bintang di lapangan hijau, Ronaldo juga sangat populer di Instagram. Saat artikel Biografi Cristiano Ronaldo ini dirilis, ia mempunyai followers di Instagram mencapai 142 juta orang dan ini menjadi salah satu yang terbanyak di antara olahragawan lainnya. Bahkan dikabarkan jika suatu produk ingin di endors dalam postingan instagram Ronaldo harus membayar dengan harga milyaran.

profil-dan-biografi-cristiano-ronaldo

Instagram Cristiano Ronaldo

Ronaldo sangat ketat dalam menjaga kesehatannya demi tampil prima, tidak heran jika hasil tes kesehatan ketika ia pindah ke Juventus menunjukan hasil bahwa fisiknya masih seperti berumur 20 tahun, padahal ia telah menginjak 33 tahun kala itu. Ronaldo juga tidak mentatoo tubuhnya seperti kebanyakan pesepakbola terkenal lainnya. Ia beralasan bahwa ia sering mendonorkan darahnya sehingga tidak memakai tatoo.

Demi meningkatkan performanya dilapangan hijau, beberapa teman se klub tempat ia bermain sering melihat Ronaldo menambah waktu latihan sendiri ketika waktu latihan resmi telah selesai.

Aktivitas Kemanusiaan

Nama Cristiano Ronaldo begitu harum di Indonesia, khususnya di Aceh. Ketika tsunami melanda Aceh, Ronaldo ikut membantu Martunis, bocah yang terapung selama 19 hari dilautan. Ia bahkan mengangkat Martunis sebagai anak asuhnya. Ronaldo juga menitipkan Martunis di Sporting Lisbon untuk belajar sepakbola.

biografi-cristiano-ronaldo

CR7 dan Martunis

Selain itu, Ronaldo rela tidak mendapat bayaran ketika menjadi Duta Forum Peduli Mangrove Bali Indonesia. Ronaldo juga bersimpati terhadap perjuangan rakyat Palestina menghadapi negara zionis Israel. Ia bahkan pernah meluangkan waktunya menjumpai seorang anak kecil Palestina berusia lima tahun yang menjadi yatim karena orang tua nya tewas karena serangan tentara zionis tersebut.

Ronaldo juga pernah mendonasikan rekita Rp. 1,1 milyar untuk seorang bocah 10 tahun yang harus dioperasi otaknya. Ia juga menyumbang sekitar Rp 2,3 milyar untuk sebuah lembaga pusat kanker di Portugal yang pernah merawat ibunya.

Kekayaan Cristiano Ronaldo

Bermain di klub sepak bola papan atas dengan harga gaji milyaran tentu saja membuat Cristiano Ronaldo bergelimang uang. Tidak ada yang tahu pasti total kekayaan Ronaldo selain ia dan manajemennya sendiri. Namun, majalah Forbes pernah merilis jika ditahun 2017 saja Ronaldo mendapat penghasilan sebesar 93 juta dollar. Versi Celebrity Net Worth, Ronaldo diperkirakan mempunyai kekayaan 400 juta dollar di tahun 2017

Gajinya di klub dan sponsor seperti Nike, Clear serta produk-produk lain yang menggunakan nama CR7 membuatnya menjadi atlet terkaya. Nama Ronaldo hampir selalu masuk dalam olahragawan berpenghasilan terbesar disetiap tahunnya.

Seperti kata orang, hasil tidak mengkhianati proses. Seperti itulah yang terjadi pada Cristiano Ronaldo, kerja kerasnya telah berhasil mengangkat ekonomi keluarganya yang sempat dihina sewaktu ia masih muda. Kondisi jantungnya yang berdetak tidak normal pun tidak menyurutkan niatnya untuk menjadi pemain sepak bola terbaik didunia.

Sekian Profil dan Biografi Cristiano Ronaldo, semoga dapat menjadi inspirasi bagi pembaca sekalian [ ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *