Biografi Elon Musk – Pria dibalik Paypal dan SpaceX

Biografi Elon Musk – Elon Musk merupakan salah satu figur terkenal dalam dunia teknologi saat ini, kiprahnya bersama Paypal, Tesla Motor dan SpaceX membuatnya menjadi salah satu miliarder dalam dunia teknologi. Elon Musk menjadi terkenal setelah meluncurkan mobil listrik Tesla Roadster dan peluncuran roket SpaceX yang merupakan roket terkuat didunia.

Jika anda penasaran siapa Elon Musk? Bagaimana Kisah Sukses Elon Musk? Mari simak pembahasan kita tentang figur inspiratif kita yang mempunyai talenta luar biasa dan seorang visioner berikut ini.

Biografi Elon Musk, Profil dan Biodata Elon Musk

Biodata Elon Musk

  • Nama Lengkap : Elon Reeve Musk
  • Tempat dan Tanggal Lahir : Pretoria, Afrika Selatan, 28 Juni 1971
  • Orang Tua : Errol Musk (Ayah) dan Maye Musk (Ibu)
  • Saudara : Kimbal Musk dan Tosca Musk
  • Kewarganegaraan : Afrika Selatan (1971), Kanada (1989), Amerika Serikat (2002)
  • Pasangan : Justine Musk, Talulah Riley
  • Anak : Nevada, Griffin,  Xavier, Damian, Saxon dan Kai
  • Tempat Tinggal : Bel Air, Los Angeles, Amerika Serikat.

Biografi Elon Musk

Masa Kecil dan Keluarga

Seperti telah diungkapkan dalam biodata Elon Musk, ia dilahirkan di Pretoria, tepatnya sebuah daerah bernama Transvaal di Afrika Selatan. Ayahnya adalah seorang ahli elektromekanika dan pilot bernama Errol Musk. Ibunya bernama Maye Musk yang berprofesi sebagai model. Nenek dari Amerika dan kakeknya berasal dari Britania Raya. Pada tahun 1980, orang tua nya bercerai ketika Elon Musk masih kecil dan Elon Musk tinggal bersama Ayahnya di Afrika Selatan.

Elon Musk kecil sangat gemar belajar dan membaca, usia 10 tahun ia sudah mahir komputer dengan dengan Commodore VIC-20 . Usia 12 tahun Elon Musk bahkan telah menguasai pemograman dan mendapatkan uang sebesar $500 dari hasil membuat serta menjual kode komputer untuk sebuah game yang ia beri nama Blastar.

Istri Elon Musk yang pertama adalah Justine Musk yang berprofesi sebagai penulis, mereka menikah tahun 2000 dsn bercerai  tahun 3008. Musk kemudian menikah lagi dengan artis asal Inggris bernama Talulah Riley, namun pernikahan ini juga berakhir dengan perceraian di tahun 2012. Musk memiliki 5 orang anak laki-laki, kembar dua dan kembar tiga.

Baca Juga :  Profil dan Biografi Jusuf Kalla - Tokoh Nasional Panutan

Pendidikan Elon Musk

Elon Musk pindah ke Kanada untuk pada usia 17 tahun setelah tamat dari Pretoria Boys High School pada tahun 1998. Ia pindah ke Kanada karena menghindar dari keharusan mengikuti wajib militer di Afrika Selatan. Sempat mengikuti pendidikan selama dua tahun Queen’s University, Kanada, pada tahun1992 Elon Musk masuk ke University Of Pennsylvania dan mendapat dua gelar sarjana. Sarjana S1 dibidang ekonomi dan Sarjana S1 dibidang fisika.

Elon Musk kemudian mengejar gelar Ph.D dibidang bidang fisika terapan di Stanford University, California. Namun, jiwa enterpreneur dan wirausahanya membuat ia keluar dari bangku kuliahan yang baru dua hari diikutinya. Elon Musk sangat terobsesi dengan dunia teknologi, terutama internet dan luar angkasa.

Karir Elon Musk

Zip2 merupakan perusahaan pertama yang didirikannya bersama dengan sang adik, Kimbal Musk. Perusahaan perangkat lunak web ini untuk industri penerbitan surat kabar. Perusahaannya mendapat kontrak dengan koran New York Times dan Chicago Tribune. Pada tahun 1999, perusahaan ini kemudian di akuisisi oleh Compaq seharga US$307 juta yang cash dan US$34 juta dalam bentuk saham dan Elon Musk mendapat 7% atau US$22 juta.

Berbekal modal dari hasil penjualan Zip2, Musk kembali mendirikan perusahaan baru bernama X.com pada bulan Maret 1999. Perusahaan ini bergerak dibidang jasa pembayaran lewat online, X.com mulai meluncurkan layanannya pada bulan Desember 1999. Tidak lama berselang, X.com kembali melebarkan sayapnya dengan mengakuisisi Confinity, yang memiliki layanan bernama PayPal.

Paypal adalah sebuah layanan transfer uang melalui email. Ketika bergabung dengan X.com, Paypal masih dalam tahap awal perkembangan, namun Musk yang punya insting bisnis yang kuat merasa bahwa PayPal punya prospek yang cerah di masa depan. Akhirnya Elon Musk menyesuaikan bisnis X.com dengan layanan PayPal dan menghentikan operasi perbankan internetnya pada Oktober 2000. PayPal berkembang pesat berkat eBay yang menggunakan PayPal sebagai salah satu alternatif pembayaran. Pada Februari 2002, PayPal resmi go public dan kemudian pada akhir 2002 dikuasai eBay senilai $1.5 miliar. Elon Musk akhirnya memiliki saham di eBay sebesar $165 juta.

Baca Juga :  Profil dan Biografi Pendiri Traveloka - Ferry Unardi

Pada Juni 2002 Elon Musk kembali mendirikan perusahaan baru dengan nama SpaceX (Space  Exploration Technologies). Perusahaan ini fokus dibidang antariksa seperti membuat roket  Falcon  dan wahana antariksa Dragon dan Musk langsung menjabat sebagai CEO.

Salah satu prestasi SpaceX adalah berhasil memenanglan kontrak sebesar $1,6 miliar dari NASA pada 23 Desember 2008.  SpaceX diminta untuk membuat peluncuran 12 roket Falcon 9 dan wahana antariksa Dragon ke Stasiun Ruang Angkasa International. SpaceX berhasil mengalahkan Soyuz.

Tujuan Elon Musk mendirikan SpaceX adalah mengurangi biaya penerbangan antariksa manusia sampai sepersepuluhnya. Musk berpendapat bahwa kehidupan manusia dibumi bisa punah seperti dinosaurus jika tidak mencari planet alternatif untuk tempat tinggal.

Disamping perusahaan diatas, Elon Musk juga mendirikan Tesla Motors, sebuah perusahaan yang fokus pada pengembangan mobil bertenaga listrik. Kemudian ada lagi SolarCity yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Musk. SolayCity merupakan penyalur sistem energi tenaga sinar matahari terbesar di Amerika. Elon Musk juga meluncurkan sebuah project moda transportasi seperti komuter yang memungkinkan perjalan super cepat dan murah bernama ‘Hyperloop’. Proyek ini diperkirakan memakan biaya $6 miliar.

Penghargaan

Sebagai seorang yang sukses dibidangnya, sudah tentu Elon Musk mendapat penghargaan atas kesuksesan bisnisnya dan juga dampak positif yang ia berikan kepada banyak orang. Berikut beberapa diantaranya.

  • 100 tokoh yang paling berpengaruh tahun 2010 versi Time Magazine.
  • 75 tokoh paling berpengaruh abad ke-21 versi majalah Esquire.
  • ‘America’s 20 Most Powerful CEOs 40 And Under’ dari Forbes.
  • Medali Emas dari Royal Aeronautical’s Society tahun 2012.
  • Dll

Demikian pembahasan kita tentang Biografi Elon Musk, semoga kisah suksesnya memberi inspirasi kepada pembaca sekalian []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.