Biografi Erick Thohir – Pengusaha Muda Sukses

Pengusaha Indonesia Pemilik Inter Milan

biografi-erick-thohir

Biografi Erick Thohir – Dalam hidup tidak selalu apa yang kita inginkan bisa tercapai dengan mudah. Justru tantangan yang ada terletak pada saat kita menghadapi situasi yang sulit. Kehilangan apa yang kita jaga. Mendapatkan apa yang tidak kita inginkan. Berusaha terus menerus tetapi kegagalan juga terjadi berulang kali. Hal – hal semacam ini pasti dialami oleh semua orang dengan kemasan yang berbeda.

Ada banyak cara agar kita bisa menjaga motivasi hidup untuk berani bermimpi dan tanpa henti menggapainya. Tak ada salahnya untuk menyimak berbagai kisah dan latar belakang dari tokoh hebat yang akan memberi kita semangat. Seperti yang terjadi pada Erick Thohir, pengusaha muda sukses yang menginspirasi banyak orang.

Menjadi pengusaha sukses bukanlah hal mudah seperti membalikkan telapak tangan. Apalagi sukses berbisnis di usia muda merupakan suatu pengalaman yang luar biasa. Menjadi sukses barangkali bisa diawali dengan meniru bagaimana cara mereka –orang-orang sukses berperilaku. Bagaimana cara mereka melewati setiap tantangan yang ada. pada akhirnya kita menginginkan tujuan yang sama yaitu sukses sesegera mungkin dengan perjuangan kita sendiri.

Erick Thohir merupakan salah satu tokoh pengusaha muda yang ada di Indonesia. Siapa yang tak mengenal namanya? Kesuksesan yang ia raih tak lepas dari perjuangan dan juga dukungan dari orang – orang di sekitarnya. Terutama keluarga yang selalu mendukung. Bahkan dukungan dari orang terkasih inilah yang memang kita butuhkan agar bisa bangkit saat terjatuh dalam mengembangkan bisnis atau meraih impian.

Biografi Erick Thohir

Keluarga Erick Thohir

Sebagai pengusaha muda yang sukses, Erick Thohir memanglah seorang pengusaha media dan juga entertainment. Menjadi pendiri dari Mahaka Grup yang sukses. Namanya juga melambung sempat menjadi perbincangan terutama di kalangan pecinta olahraga sepakbola karena ternyata Erick Thohir telah resmi membeli dan menjadi pemilik dari klub Inter Milan. Berbasis di Italia dari pemilik sebelumnya yaitu Massimo Moratti.

Erick Thohir adalah saudara dari Garibaldi Thohir yang merupakan pengusaha batu bara dan juga masuk sebagai orang terkaya di Indonesia. Lahir di Jakarta pada 30 Mei 1970 silam membuat Erick menjadi idola para pengusaha muda. Ia memiliki orang tua bernama Teddy Thohir sang ayah dan juga Edna Thohir sang ibu. Sementara dua saudaranya adalah Garibaldi Thoir dan Rika Thohir.

Ayahnya bersama dengan William Soeryadjaya menjadi pemilik dari Grup Astra International. Melihat jejak sang ayah tak heran rasanya jika Erick menjadi seorang pengusaha dengan semangat yang menggebu dan menggapai kesuksesannya. Erick memiliki istri bernama Elizabeth Tjandra. Darinya, ia memiliki 4 orang anak. Keempat anak ini tentu menjadi penyemangat Erick di setiap perjalanan hidup. Mahatma ArfalaThohir, Mahendra Aga KhanThohir, Makayla Amadia Thohir dan juga Magisah AfreyaThohir.

Baca Juga :  Biografi Wishnutama - Profil Lengkap Pendiri NET. TV

Pendidikan Erick Thohir

Pendidikan adalah kunci utama untuk menuju sukses. Melihat pendidikan dari Erick ini dimulai pada gelar sarjana yang ia raih di Glendale University. Melanjutkan program master pada bidang Administrasi Bisnis atau Master of Business Administration dan ada di Universitas Nasional California. Pendidikan yang ditempuh membuatnya berhasil menyelesaikan gelar master pada tahun 1993. Meski berasal dari keluarga pengusaha namun ia ternyata tidak diperbolehkan untuk ikut mengurus atau ikut campur dalam usaha bisnis keluarga. Hal ini menjadi titik awal perjuangan Erick.

Karir Bisnis Erick Thohir

Kembalinya Erick Thohir ke Indonesia setelah menempuh pendidikan ia memulai karir bisnis. Bersama dengan Muhammad Lutfi, R. Harry Zulnardy dan juga Wisnu Wardhana, Erick mendirikan Mahaka Group. Berbisnis media yang mengantarkannya pada akuisisi harian Republika di tahun 2001. Harian itu memang sedang dalam krisis keuangan dan terancam bangkrut. Belum banyak yang memiliki pengalaman dalam berbisnis media. Pada akhirnya ia belajar kepada sang Ayah dan juga mendapat bimbingan dari Jakob Oetama.

Jakob sendiri merupakan pendiri harian Kompas serta DahlanIskan yang juga memiliki andil untuk menuntun Erick menuju kesuksesan merupakan bos dari media Jawa Pos. Erick akhirnya menjadi residen Direktur dari PT Mahaka Media sampai pada tanggal 30 Juni 2018. Setelahnya ia menjabat sebagai komisioner dari mulai tahun 2010 bulan Juni sampai saat ini.

biografi-erick-thohir

Erick Thohir dan Roberto Mancini di Inter Milan

PT Mahaka Group milik Erick juga membeli harian Indonesia yang diterbitkan ulang dengan nama Sin Chew Media Corporation Berhad yang mana memiliki basis di Kuala Lumpur, Malaysia. Media ini akhirnya dikelola oleh PT Emas Dua Ribu secara independen yang merupakan mitra perusahaan dari Mahaka Media. Erick Thohir juga menjadi Ketua Komite Konten dan Industri Aplikasi untuk Kamar Dagang Indonesia atau disebut KADIN.

Sampai pada tahun 2009, Grup Mahaka yang dimilikinya mampu berkembang di dunia media serta menguasai majalah A+, Parents Indonesia dan juga Golf Digest. Ada banyak media yang dimilikinya seperti media surat kabar yaitu Sin Chew Indonesia dan Republika. Stasiun TV yang dikembangkannya adalah JakTV dan stasiun radio yang juga populer seperti radio GEN 98.7 FM, Delta FM, FeMale Radio serta Prambors FM. Seperti yang kti tahu bahwa radio – radio ini memang sudah populer di kalangan pendengar.

Baca Juga :  Profil Dan Biografi Chairul Tanjung Si Anak Singkong

Erick sendiri juga merambah bidang periklanan seperti jual beli tiket dan desain situs web. Dari sisi kemanusiaan, Erick mendirikan organisasi amal yang diberi nama Darma Bhakti Mahaka Foundation. Ia menjadi Presiden Direktur Viva Grup serta Beyond Media.

Dikenal sebagai pecinta olahraga basket membuatnya mendirikan klub bola basket Mahaka Satria Muda Jakarta dan juga Mahaputri Jakarta. Keinginannya adalah olahraga tak hanya dijadikan hobby tetapi juga bisa digunakan sebagai ladang bisnis yang menguntungkan baik untuk atlet dan juga pemilik klub. Ada banyak bidang serta cabang – cabang bisnis yang dikembangkan hingga menjadikannya pengusaha sukses.

Penghargaan yang Didapat Erick Thohir

Baru – baru ini kita kembali dibikin kagum oleh Erick Thohir karena ia merupakan ketua panitia pelaksana Asian Games INASGOC. Badan yang menaungi penyelenggaraan Asian Games 2018 kemarin di Indonesia. Ada banyak penghargaan yang sudah didapatkannya, namun yang menyita perhatian juga datang dari kerajaan Arab Saudi.

Digelarnya event cabang olahraga di tanggal 11 – 13 Agustus kemarin berhasil mengangkat citra air sports dan sejajar dengan cabang olahraga lainnya. Usaha Indonesia ini yang membuat Kerajaan Arab Saudi memberikan tanda jasa.

Tidak hanya itu, ada juga penghargaan yang didapatkan Erick Thohir dari Menteri Keuangan. Penghargaan tersebut diberikan untuk wajib pajak besar yang memiliki kontribusi signifikan untuk penerimaan pajak negara. Harapannya, para wajib pajak bisa semakin taat dan juga tepat waktu dalam membayarkan pajaknya sesuai dengan UU yang ada.

biografi-erick-thohir

Sementara di tahun 2017 silam, Erick Thohir juga sempat masuk sebagai jajaran Most Admired CEO 2017 bersama dengan Boy sang Kakak. Ia masuk dalam 5 besar jajaran CEO idaman yang berasal dari sektor pertelevisian dengan Cakrawala Andalas Televisi. Penghargaan yang berhasil diraih karena adanya riset kuantitatif yang sudah dilakukan dengan responden sebanyak 17.124 di lima kota.

Tentu kita tahu bahwa kesuksesan seseorang tidaklah serta-merta bisa didapatkan begitu saja. Namun dengan perjuangan, pengorbanan dan juga ketekunan yang dimiliki seseorang bisa membawanya pada kesuksesan. Seperti yang dilakukan Erick Thohir meski keluarganya memiliki usaha bisnis sendiri namun ia berjuang untuk menekuni bidang lain yang sesuai dengan keinginannya.

Demikian sekilas Biografi Erick Thohir, Pengusaha Muda Sukses Indonesia. Semoga dapat memberi inspirasi bagi pembaca sekalian. [Figurpedia]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *