Biografi Jokowi – Mantan Tukang Kayu yang Menjadi Presiden

biografi-jokowi

Biografi Jokowi – Hidup adalah sebuah proses perjalanan. Siapa sangka yang tadinya bukanlah apa-apa suatu saat akan menjadi seseorang yang dihormati banyak orang. Sebut saja Jokowi, mantan tukang kayu yang saat ini menjadi orang nomor satu di negeri ini. Tak disangka sosok sederhana seperti Jokowi ini bakal menduduki pucuk kepemimpinan tertinggi di Indonesia sebagai presiden Indonesia ketujuh. Biografi Jokowi sangat menarik dan inspiratif untuk diketahui.

Biodata Jokowi

Sebelum menduduki pucuk pimpinan seperti sekarang ini, Jokowi merupakan seorang pengusaha Mebel asal Solo. Pria murah senyum ini dilahirkan dengan nama lengkap Joko Widodo pada tanggal 21 Juni 1961 di Surakarta.

Berdasarkan biografi jokowi, beliau merupakan putera dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudhiatmi dan anak sulung dari empat bersaudara. Nama kecil Jokowi adalah Mulyono. Ia memiliki tiga orang adik perempuan bernama Iit Sriyantini, Ida Yati dan Titik Relawati

Biografi Jokowi

Keluarga Jokowi

Perjalanan hidup Jokowi memang tak selalu mulus. Beliau termasuk seorang anak yang berasal dari keluarga sederhana atau kurang mampu. Itu sebabnya beliau terbiasa hidup yang sulit dan keras. Dikutip dari biografi Jokowi, dulu disaat teman-temannya yang lain bersekolah, beliau lebih memilih untuk berjalan kaki.

biografi-jokowi

Hj. Iriana Jokowi [Foto-Wikipedia]

Sejak usia 12 tahun beliau sudah bekerja sebagai tukang gergaji. Ketekunan dan kepandaiannya sebagai tukang kayu didapatnya dari ayahnya yaitu Noto Mihardjo. Dulu, tempatnya tinggalnya pernah tiga kali terkena penggusuran.

Jokowi menikah dengan Iriana pada 24 Desember 1986 di Solo. Dari hasil pernikahan ini, mereka memiliki 3 orang putra-putri. Mereka adalah : Gibran Rakabuming (Laki-laki, tahun 1988), Kahiyang Ayu (Perempuan, 1991) dan Kaesang Pangarep (Laki-laki, 1995).

Pendidikan Jokowi

Jokowi menjalani pendidikan sekolah dasar di SD Negeri 112 Boyolali. Kemudian melanjukan pendidikan tingkat menengah di SMPN 1 Surakarta. SMA Negeri 6 Surakarta adalah pendidikan menengah atas yang dikecap oleh penggemar musik cadas ini.

Baca Juga :  Profil dan Biografi Jusuf Kalla - Tokoh Nasional Panutan

Pendidikan menjadi jembatan kesuksesan bagi setiap orang. Sama halnya dengan Jokowi, beliau dinyatakan lulus dari jurusan Kehutanan Universitas Gajah Mada tahun 1985. Berkat menempuh pendidikan tersebut, Jokowi terampil dalam teknologi pengolahan kayu serta pemanfaatannya.

Berangkat dari situlah beliau kemudian banyak dikenal sebagai Juragan Mebel. Setahun setelah itu, beliau mulai bekerja di Perusahaan Kertas BUMN bernama PT. Kraft Aceh. Biografi Jokowi sangat menarik dan inspiratif.

Karir Bisnis Jokowi

Jokowi memberanikan diri untuk membuka usaha kayu sendiri dengan membuat badan usaha bernama CV. Rakabu pada tahun 1988 di bidang mebel kayu. Jatuh bangun di dunia usaha memang hal yang biasa. Dalam perjalanannya, bisnis kayu Jokowi mengalami pasang surut bahkan hampir kolaps atau bangkrut.

Namun pada tahun 1990 berkat suntikan pinjaman sebesar 30 juta rupiah dari ibunya, Jokowi kemudian mencoba bangkit hingga bisnis mebelnya kembali berjaya  .

Karir politik Jokowi

Terjunnya Jokowi di dunia politik dimulai ketika beliau menjadi walikota Solo. Beliau terinspirasi menjadi pemimpin yang baik serta tata kota yang bersih dan rapi didapatnya dari hasil jalan-jalannya ke luar negeri berkeliling Eropa ketika ia berbisnis mebel. Jokowi dicalonkan menjadi calon Walikota Solo oleh Partai Kebangkitan Bangsa dan PDI Perjuangan dan berhasil keluar sebagai pemenang dan menjadi walikota Solo.

Dikutip dari biografi Jokowi, kepemimpinan serta gebrakannya sebagai Walikota Solo banyak mengubah wajah kota Solo sebagai ‘Spirit Of Java’. Pada tahun 2012, PDI perjuangan dan Partai Gerindra resmi mengusungnya pada tahun 2012 sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih dikenal sebagai Ahok. Pasangan ini pun menang dan resmi memimpin Jakarta.

Baca Juga :  Biografi BJ Habibie – Seorang Panutan Anak Bangsa

Tak lama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, kemudian PDI Perjuangan melalui mandat dari Megawati Soekarno Putri memberikan perintah agar Jokowi maju sebagai Calon Presiden bersama Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden pada tahun 2014. Pasangan ini menang dalam pemilu dan menjabat hingga tahun ini.

Pada Pemilihan Presiden yang bakal dihelat tahun 2019, Jokowi kembali menjadi kontestan sebagai Calon Presiden berpasangan dengan Kyai Maruf Amin.

Penghargaan Jokowi

Melihat kiprahnya di dunia bisnis dan politik yang cukup berkilau, Jokowi banyak mendapat penghargaan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Salah satunya adalah penghargaan internasional dari Kemitraan Pemerintahan Lokal Demokratis Asia Tenggara (Delgosea) atas keberhasilan Solo melakukan relokasi yang manusiawi dan pemberdayaan pedagang kaki lima. Dan juga atas kemampuannya mensosialisasikan program-progam pemerintah, beliau diganjar sebagai Marketer of The Year 2012 oleh Markplus Conference 2013, Marketing: Into Innovation and Technology, dan masih banyak lainnya.

Itulah cerita dibalik nama besar yang dirangkum dalam biografi Jokowi, orang nomor satu di Indonesia. Kisah dan perjuangannya dapat menjadi inspirasi untuk kita. Ciri khas dalam kepemimpinannya juga patut kita acungi jempol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.