Biografi Khabib Nurmagomedov – Juara UFC Penakluk McGregor

Petarung Muslim Dari Rusia

Biografi Khabib Nurmagomedov – Jika anda seorang penggemar seni olah raga tarung bebas MMA, maka anda pasti kenal sosok yang satu ini. Kemenangannya atas Conor McGregor dalam pertarungan UFC229 tanggal 7 Oktober 2018 lalu membuat namanya melejit, terutama dikalangan umat Islam. Penasaran siapa Khabib Nurmagomedov? Simak Profil dan Biografi Khabib Nurmagomedov berikut ini.

Biodata Khabib Nurmagomedov

  • Nama Lengkap : Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov
  • Tempat/ Tanggal Lahir : Sildi, Tsumadinsky, Dagestan, Rusia, 20 September 1988
  • Julukan : The Eagle
  • Agama : Islam
  • Pekerjaan : Atlet MMA
  • Tinggi Badan : 178 cm
  • Berat Badan : 70 Kg
  • Orang Tua : Abdulmanap Nurmagomedov (Ayah)
  • Saudara : Magomed dan Amina
  • Kewarganegaraan : Rusia
  • Tempat Tinggal : Makhachkala, Dagestan, Rusia  dan San Jose, California, Amerika Serikat

Biografi Khabib Nurmagomedov

Kehidupan Awal

Ia dilahirkan pada 20 September 1988 di Slidi, sebuah desa di distrik Tsumadinsky, Dagestan. Ia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Dua saudara Khabib yang lain adalah Magomed dan Amina. Ayahnya adalah seorang mantan tentara yang juga menekuni gulat dan sambo. Keluarga mereka pindah dari Sildi ke Kirovaul, Machachkala. Disini ayahnya menjadikan rumah mereka sebagai pusat pelatihan olah raga bela diri.

Seperti pada umumnya anak-anak di Dagestan yang sangat akrab dengan gulat, Khabib telah diajarkan gulat oleh orang tuanya. Latar belakang ayahnya Abdulmanap Nurmagomedov dan keluarga lainnya yang berkecimpung di gulat gaya bebas membuat Khabib muda tertarik menekuni olah raga tersebut.

Khabib sudah mendapat pengenalan dan pelatihan seni bela diri di usia enam tahun. Seiring bertambahnya usia, Khabib juga ikut berlatih Gulat diusia 12 tahun  dan belajar Judo ketika berusia 15 tahun. Ayahnya juga mengajarkan olah raga Sambo untuk Khabib ketika ia menginjak usia 17 tahun. Sebelum fokus menjadi atlet tarung bebas, Khabib Nurmagomedov sempat sering terlibat dalam perkelahian dijalanan.

Karir Khabib Nurmagomedov

Pada September 2008 Khabib Nurmagomedov menjalani debut professional di MMA dengan prestasi memenangkan 4 pertarungan dalam satu bulan. Selanjutnya, setelah mengalahkan tiga rivalnya, Petarung dengan julukan  The Eagles ini meraih Piala Atrium. Beberapa tahun berikutnya. Khabib terus bertarung tanpa terkalahkan. Semua lawannya ia buat KO atau menyerah, dengan rekor kemenangan 16-0 membuat Khabib layak tampil di level yang lebih tinggi.

Akhirnya ia terjun ke UFC, kejuaraan  tarung campuran professional dengan kontrak 6 pertarungan di kelas ringan. Dalam debutnya pada 20 Januari 2012, Khabib menghentikan perlawanan Kamal Shalorus di ronde ketiga.  Selanjutnya giliran Gleison Tibau menyerah pada Khabib di kontes UFC 148 pada 7 Juli 2012. Lalu, Thiago Tavares di KO kan pada ronde pertama  pada 19 Januari 2013.

loading...

Dalam pertandingan melawan Abel Trujillo pada 25 Mei 2014, Khabib Nurmagomedov menjadi orang pertama yang melakukan takedowns sebanyak 21 kali dari 27 percobaan.  Selanjutnya, giliran Pat Healy yang dikalahkan dengan unanimous decision pada 21 September 2013.

Baca Juga :  Biodata Jonatan Christie, Profil dan Perjalanan Karirnya

Sempat batal bertarung dengan Gilbert Melendez dan  Nate Diaz tanpa alasan yang jelas, pada 19 April 2014, Khabib Nurmagomedov kembali menang unanimous decision dengan mengalahkan Rafael Dos Anjos. Kemudian, cedera lutut membuat Khabib harus membatalkan pertarungannnya dengan Donald Cerrone. Pada 16 April 2016, Khabib menghajar TKO Darrel Horhcer di ronde ke dua.

Bulan September, Khabib dijadwalkan bertarung untuk merebut gelar UFC kelas ringan menantang Eddie Alvarez. Namun, pertarungan itu batal karena UFC malah mngumumkan Eddie Alvarez akan menghadapi tantangan Conor McGregor. Gagal melawan Alvarez, Khabib menghadapi Michael Johnson di UFC 205 pada 12 November 2016. Sempat babak belur di babak pertama, Khabib Nurmagomedov mendominasi di babak-babak selanjutnya dan membuat Michael Johnson menyerah di ronde ketiga.

Selanjutnya, kembali Khabib gagal menghadapi Tony Ferguson karena Khabib kembali sakit karena usahanya untuk mengurangi berat badan. Pada 30 Desember 2017, Khabib menghadapi Edson Barboza di UFC 219. Khabib Nurmagomedov menang dengan keputusan bulat setelah mendominasi pertarungan.

Juara UFC

Khabib kembali dijadwalkan untuk keempat kalinya menghadapi Tony Ferguson pada UFC 223 tanggal 7 April 2018. Akan tetapi, Ferguson kembali berhalangan karena cedera lutut dan digantikan Max Holloway.  Max Holloway juga ternyata kelebihan berat badan. Pilihan jatuh pada Al Iaquinta yang menjadi lawan Khabib Nurmagomedov untuk memperebutkan juara dunia UFC kelas ringan. Pertarungan dimenangkan oleh Khabib yang menguasai pertarungan dan menang dengan keputusan bulat dari juri serta menjadi juara dunia UFC.

Khabib Nurmagomedov kemudian akan mempertahankan gelarnya pertama kali melawan  Conor McGregor di UFC 229 tanggal 7 Oktober 2018 di T-Mobile Arena Las Vegas.  Pertarungan ini telah panas sejak awal,  McGregor dan kubunya mengejek  Tim Khabib secara personal.  McGregor menyebut ayah Khabib sebagai seseorang yang ‘bau’, ia juga mengejek Ali Abdelaziz sebagai seorang teroris.

Profil dan Biografi Khabib Nurmagomedov

Khabib Nurmagomedov Ketika Menghabisi Perlawanan Conor McGregor di UFC 229

Pada konferensi pers timbang badan sebelum pertarungan, McGregor  tidak memberikan kesempatan kepada Khabib untuk bicara, termasuk untuk menjawab pertanyaan yang diajukan kepadanya. McGregor juga mengejek Khabib yang tidak mau meminum minuman beralkohol.

Baca Juga :  Biografi Cristiano Ronaldo - Dewa Sepak Bola

Tiba pada saat pertarungan, Khabib Nurmagomedov membuat Conor McGregor tidak berdaya dalam arena oktagon.   Khabib langsung menerapkan taktik pertarungan bawah di ronde pertama yang membuat McGregor tidak berdaya.

Pada ronde kedua juga Khabib juga masih unggul, sebuah hook kanan Khabib Nurmagomedov telak mengenai wajah McGregor dan sempat  membuat petarung asal Irlandia itu goyang. Setelah melalui ronde ketiga yang relatif berimbang, pada ronde keempat, Khabib akhirnya berhasil membuat McGregor menyerah dengan teknik kuncian dileher.

Suasana menjadi panas ketika Khabib memanjat pagar arena Oktagon dan merangsek keluar menuju kubu McGregor dan menyerang mereka. Kubu Khabib juga sempat menyerang McGregor didalam oktagon. Presiden UFC Dana White akhirnya mengambil keputusan untuk tidak menyerahkan sabuk juara kepada Khabib pada saat tersebut untuk menghindari dari kemarahan pendukung McGregor.

Khabib mengaku sangat marah dengan hinaan kubu McGregor terhadap agama dan ayahnya.  UFC akhirnya memberi sanksi kepada McGregor dan Khabib.  Bayaran Khabib Nurmagomedov sebesar 2 Juta Dolar ditahan oleh Komisi Atletik Nevada (NASC) dan gelar juaranya juga terancam dicabut.

Hingga dengan pertarungannya dengan Conor McGregor, Khabib telah berhasil bertarung sebanyak 27 kali tanpa terkalahkan.

Prestasi

Biografi Khabib Nurmagomedov sangat menarik untuk disimak, ini tidak lain karena ia mempunyai banyak prestasi di ajang bela diri yang ditekuninya. Selain menjadi juara UFC kelas ringan, beberapa prestasi dan penghargaan yang diterimanya antara lain :

• Juara Turnamen Pankration Atrium Cup 2008
• Breaktrought Of The Year tahun 2013
• internasional Fighter Of atur Year tahun 2016
• Internasional performance Of The Year tahun 2017
• Perih medali emas 2009 World Sambo Comat Championship
• Peraih medali emas 2010 World Comat Sambo Championship
• Stardown of The Year tahun 2013 pada laga vs Abel Trujillo
• Dll

Demikian pembahasan kita tentang Profil dan Biografi Khabib Nurmagomedov, seorang petarung sejati dari Dagestan, Rusia. Spiritnya seakan mewakili umat muslim diseluruh dunia untuk melawan diskriminasi dari dunia barat. Semoga bermanfaat dan memberi inspirasi untuk pembaca sekalian. [ ]

Sumber

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.