Biografi Marcus Fernaldi Gideon – Profil dan Biodata

Biografi Marcus Fernaldi Gideon – Sempat keluar dari pelatnas dan gonta ganti pasangan namun kemudian menjadi andalan Indonesia di sektor Ganda Putra bersama Kevin Sanjaya Sukomuljo.

Ingin tahu Profil dan Biodata Marcus Fernaldi Gideon ? Siapa nama orang tua dan nama istri Marcus? Simak artikel berikut ini.

Profil dan Biodata Serta Biografi Marcus Fernaldi Gideon

Biodata Marcus Fernaldi Gideon

  • Nama Lengkap : Marcus Fernaldi Gideon
  • Tempat/ Tanggal Lahir : Jakarta, 9 Maret 1991
  • Tinggi Badan : 167 cm
  • Agama : Kristen
  • Orang Tua : Kurniahu Gideon (Ayah) dan Sujati Iskandar Bachtiar (Ibu)
  • Istri : Agnes Amelinda Mulyadi (Menikah tahun 2018)
  • Saudara : Nadia Emanuella Gideon (Kakak)
  • Pasangan : Kevin Sanjaya Sukomuljo
  • Pegangan Raket : Kanan
  • Akun Medsos : @Marcusfernaldig (Instagram)

Biografi Marcus Fenaldi Gideon

Masa Kecil dan Keluarga

Seperti diungkap dalam Biodata Marcus Fenaldi Gideon diatas, Marcus dilahirkan di Jakarta pada 9 Maret 1991 dari pasangan orang tua Kurniahu Gideon (Ayah) dan Sujati Iskandar Bachtiar (Ibu). Ayah Marcus merupakan seorang mantan pebulutangkis yang cukup disegani di era nya. Marcus adalah anak kedua dari dua bersaudara, kakaknya bernama Nadia Emanuella Gideon.

Buah memang tidak jatuh jauh dari pohonnya, seakan menurun dari ayahnya yang mantan pemain profesional, Marcus Fernaldi Gideon kecil juga menyukai bulu tangkis. Tapi, layaknya anak kecil lainnya, Marcus Fernaldi Gideon cenderung menganggap bulu tangkis sebagai mainan. Baru setelah beranjak remaja Ayahnya menagih komitmen Marcus apakah bersekolah atau menekuni bulu tangkis secara profesional. Marcus Fernaldi Gideon akhirnya memilih menjadi seorang pemain bulu tangkis.

Ketika mengawali menekuni bulu tangkis secara serius, Marcus Fernaldi Gideon sempat mendapat respon negatif dan dianggap remah karena badannya yang tergolong pendek untuk menjadi pemain bulu tangkis. Setelah sempat down, ia kembali bersemangat setelah keluarganya memberi dukungan kepadanya untuk membuktikan bahwa anggapan orang-orang yang meremehkannya itu tidak benar.

Baca Juga :  Biodata Jonatan Christie, Profil dan Perjalanan Karirnya

Marcus Fernaldi Gideon mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi Agnes Amelinda Mulyadi yang berprofesi sebagai dokter. Marcus menyunting wanita yang dipacarinya selama 2 tahun pada 14 April 2018.

loading...

Karir Marcus Fernaldi Gideon

Keluar Masuk Pelatnas

Berkomitmen menjadi pemain bulu tangkis profesional membuat Marcus Fernaldi Gideon harus bekerja keras dengan dibarengi kedisiplinan dan semangat tinggi untuk mewujudkan cita-citanya.

Kerja kerasnya langsung menunjukkan hasil, Marcus Fernaldi Gideon berhasil menjuarai Victorian International Challenge di Australia tahun 2009. Bakatnya mulai terlihat PBSI, akhirnya tahun 2010 ia resmi masuk Pelatnas PBSI di Cipayung. Pasangannya di Pelatnas adalah Agripina Pamungkas. Sebagai pemula, Marcus dan pasangannya menunjukkan prospek yang cukup baik dengan juara dibeberapa turnamen internasional.

Namun, Marcus Fernaldi Gideon membuat keputusan yang mengejutkan. Tahun 2013 disaat usianya 22 tahun, ia keluar dari Pelatnas Cipayung. Saat itu tersebar kabar Marcus tidak dikirim untuk berlaga di All England. PBSi malah mengirimkan pasangan yang secara peringkat dibawah Marcus dan pasangannya.

Saat berada diluar pelatnas, Marcus bertemu dengan Markis Kido. Mereka akhirnya berpasangan dan mengikuti sejumlah turnamen, Marcus berhasil membuktikan jika dirinya bisa berprestasi diluar pelatnas. Ia dan Kido berhasil meraih beberapa gelar.

Prestasinya diluar Pelatnas menjadi alasan kuat bagi PBSI untuk tidak membiarkan pemain sekelas Marcus Fernaldi Gideon diluar Pelatnas. Marcus kembali dipanggil menghuni Pelatnas Cipayung tahun 2014.

Rencananya, Marcus tetap dipasangkan dengan Markis Kido. Namun cidera yang sering mendera Kido membuat Marcus harus dipasangkan dengan pemain lain. Kebetulan juga Kevin Sanjaya juga tidak punya pasangan, jadilah mereka akhirnya dipasangkan.

Pasangan baru ini dapat beradaptasi dengan baik. Meski sempat paceklik juara dan  bahkan sempat akan berpisah, namun lambat laun mereka mulai menunjukkan tajinya. Pasangan Marcus dan Kevin berhasil memenangkan beberapa turnamen kecil. Suksesnya terus berlanjut dengan memenangi turnamen besar dan berhasil masuk jajaran pebulutangkis elit dunia. Akhirnya Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo menjadi pasangan ganda putra nomor 1 dunia. 

Prestasi Marcus Fernaldi Gideon

Telah banyak prestasi yang diraih oleh Marcus Fernaldi Gideon dengan beberapa pasangannya.

Baca Juga :  Biografi Soeharto - Presiden Terlama di Indonesia

Tahun 2011, Marcus berhasil juara di  ajang Singapore Internasional berpasangan dengan Agripina Pamungkas. Masih dengan pasangan yang sama, ditahun 2012 Marcus merengkuh juara di Iran Fajr International.

Tahun 2013 ia berpsangan dengan Markis Kido dan berhasil menjuarai Perancis Terbuka dan Indonesia Master di tahun 2014. Tahun 2015, Marcus dipasangkan dengan Kevin Sanjaya. Mereka menyabet juara di China Taipei Master.

Prestasi Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya di tahun 2016 adalah menjuarai Malaysia Master, India terbuka Australia Terbuka dan China Terbuka.

Biografi Marcus Fernaldi Gideon

Marcus dan Istri

Tahun 2017 merupakan puncak dari penampilan Marcus bersama Kevin, pasangan yang dijuluki Minions ini menjuarai banyak turnamen. Mereka menjuarai, India Terbuka, All England, China Open, Malaysia Open, Jepang Open, Hongkong Open dan Final BWF Super Series. Marcus dan Kevin semakin kokoh diposisi rangking satu pasangan ganda putra dunia. Berkat prestasinya, mereka mendapat  gelar Male Player of The Year 2017 oleh BWF.

Tahun 2018 belum terhentikan oleh lawannya, Marcus dan Kevin berhasil menjuarai Indonesia Masters, kemudian juara India Open untuk yang ketiga kalinya, mempertahankan gelar All England dan menjuarai Indonesia Open 2018. Pada ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya merebut medali emas ganda putra. Mereka juga menjuarai Jepang Open dan Denmark Open 2018 yang berlangsung di Odense.

Melihat usia Marcus yang masih diusia emasnya, jika tidak ada sesuatu dan lain hal, kemungkinan besar akan banyak lagi prestasi yang akan diukir olehnya.

Demikian artikel Biografi Marcus Fernaldi Gideon lengkap dengan profil dan biodatanya. Semoga memberi inspirasi untuk pembaca sekalian. []

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.