Biografi Merry Riana – Sukses dengan Mimpi Sejuta Dolar

Biografi Merry Riana – Wanita ini telah meraih kesuksesan di usia yang masih muda, dialah Merry Riana, seorang pengusaha, enterpreneur, motivator dan juga pengarang buku. Ia menerbitkan buku yang sangat menarik dan fenomenal  “Mimpi Sejuta Dolar” yang menginspirasi banyak orang.

Kesuksesan yang ia dapat tidaklah seperti membalikkan telapak tangan. Ia harus berjuang dari nol, bahkan berhutang kepada Bank di Singapura untuk membiayai kuliahnya dan harus membayarnya ketika ia lulus kuliah dan bekerja. Melihat perjuangannya untuk mencapai kesuksesan membuat Biografi Merry Riana menarik untuk disimak.

Biodata Merry Riana

  • Nama lengkap : Merry Riana
  • Tempat dan tanggal lahir : Jakarta, 29 Mei 1980
  • Orang tua : Ir. Suanto Sostrosaputro/ Lynda Sanian
  • Nama Saudara : Aris dan Erick
  • Nama Suami : Alva Christopher Tjenderasa
  • Nama Anak  : Alvernia Mary Liu

Biografi Merry Riana – Mimpi Sejuta Dolar

Keluarga dan pendidikan

Merry Riana lahir dari keluarga keturunan Tionghoa. Ia dilahirkan di Jakarta pada 29 Mei 1980. Ayahnya, Ir.Suanto Sosrosaputro berprofesi sebagai pebisnis kecil-kecilan. Sedangkan Lynda Sanian sang ibu adalah ibu rumah tangga biasa. Terlahir sebagai anak pertama membuat Merry harus siap menjadi pemimpin bagi saudaranya, Aris dan Erick.

Merry Riana mulai mengenyam pendidikan di Sekolah Dasar Don Bosco dibilangan Pulomas lalu melanjutkan di SMP dan SMA Santa Ursula. Selepas SMA dia berniat untuk berkuliah di Universitas Trisakti Jurusan Teknik Elektro, namun kerusuhan terjadi ditahun 1998 membuat mimpinya pun buyar.

Kehidupan di Singapura

Demi keamanan dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan Merry Riana akhirnya berangkat ke Singapura. Pada tahun 1998 Merry Riana akhirnya masuk Nanyang University Singapore untuk berkuliah di jurusan Electrical and Electronics Engineering. Merry Riana memang bercita-cita ingin menjadi insinyur seperti ayahnya.

Hidup dirantau orang bukanlah perkara mudah, apalagi untuk seorang wanita seperti Merry Riana. Banyak tantangan dan cobaan yang harus ia hadapi.

Yang pertama adalah kendala bahasa, Merry Riana sempat gagal dalam ujian bahasa Inggris di Nanyang Technological University. Yang kedua tentu saja masalah klasik, kendala di bidang keuangan yang membuat Merry harus memutar otak untuk membiayai hidupnya.

Baca Juga :  Biografi Coco Chanel - Pemilik Brand Terkenal

Merry Riana akhirnya meminjam dana beasiswa dari  Bank Pemerintah Singapura sebesar 40.000 Dolar. Pinjaman tersebut harus dilunasi setelah ia bekerja dan tamat kuliah. Dana tersebut sebenarnya tidaklah cukup untuk membiayai kehidupannya di sana. Ditahun pertama ia kuliah, Merry harus berhemat dengan makan seadanya termasuk makan mie instan dan bahkan mencari makanan gratis dengan cara ikut seminar.

Kehidupannya yang serba kekurangan membuat Merry berusaha mencari penghasilan tambahan. Ia pernah menjadi pelayan di Hotel, penjaga toko bunga dan bahkan membagi-bagikan brosur dijalan pernah dirasakannya.

Memasuki tahun kedua ia berkuliah, Merry merasakan bahwa tidak ada perubahan yang signifikan kondisi finansialnya. Ia mulai bercita-cita sukses sebelum berusia 30 tahun. Merry mulai belajar bisnie dengan rajin ikut seminar dan kegiatan di kampus yang berhubungan dengan bisnis.

Terjun ke Dunia Bisnis

Pernah Gagal

Berbekal pengalaman dan pengetahuan bisnis yang seadanya, Merry mulai merambah dunia bisnis. Dia mencoba bisnis Multi Level Marketing (MLM), namun kurang beruntung. Ia mencoba main saham, juga gagal dan kehilangan uang yang tidak sedikit. Mencoba menjual jasa pembuatan skripsi juga masih tidak beruntung.

Bisnis yang dirintisnya kandas ditengah jalan, meski sempat down namun ia berhasil menamatkan kuliahnya. Semangat untuk sukses belum padam dalam diri Merry. Ia mulai mempersiapkan diri lebih matang dan mencoba berprofesi sebagai perencana keuangan.

Merry kembali mencoba peruntungannya dalam membangun usaha. Bersama teman kuliah yang kemudian jadi suaminya, Alva Tjenderasa, Merry mulai membangun bisnis bersama. Merry Riana mulai usaha sebagai pensehat keuangan. Kali ini masalah yang dihadapinya adalah kendala bahasa, ia tidak menguasai bahasa Mandarin yang merupakan bahasa ibu dari sebagian besar etnis China di Singapura.

Dengan relasi yang masih terbatas namun semangat untuk sukses yang sangat tinggi, berbekal pengalaman dan kegagalan  dimasa lalu Merry kembali merintis karirnya. Ia bekerja keras dengan jam kerja yang melebihi jam kerja regular dan pulang tengah malam. Merry Riana menawarkan berbagai produk-produk keuangan dan perbankan seperti asuransi, kartu kredit, deposito dll.

Baca Juga :  Biografi Walt Disney - Penguasa kerajaan Dongeng

Meraih Kesuksesan

Singkat cerita, Merry Riana sukses sebagai Konsultan Keuangan, dalam semester pertama karirnya di Prudential ia berhasil melunasi hutang beasiswanya sebesar 40 ribu Dolar Singapura.  Satu tahun sebagai Konsultan Keuangan membuahkan bonus baginya, ia mendapatkan 200 ribu Dolar Singapura dan dianugerahi penghargaan bergengsi sebagai penasehat keuangan pendatang baru terbaik di tahun 2003. Tahun 2004 Merry Riana promosi jabatan menjadi  manajer.

Pada tahun 2004 juga Merry mulai merintis perusahaan Merry Riana Organization (MRO) yang bergerak di jasa keuangan dan  MRO Consultancy yang fokus memberi pelatihan, motivasi dan penerbitan. Bersama MRO, yang beranggotakan anak muda yang berusia 20-an tahun, Merry membuat program pemberdayaan perempuan dan anak-anak.

Merry Riana mempunyai mimpi untuk menginspirasi bagi 1 juta orang di Asia, khususnya Indonesia. Ia merilis buku  “Mimpi Sejuta Dolar”. Buku ini mengulas tentang keberhasilan Merry Riana berhasil meraih Satu Juta Dolar diusia 26 tahun. Buku tersebut laris manis dan jadi best seller serta bahkan sampai dibuatkan versi layar lebarnya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Merry Riana (@merryriana) on

Karena keberhasilannya, banyak media menulis Kisah Sukses Merry Riana, membuat artikel tentang Biografi Merry Riana. Dengan sendirinya ia makin dikenal sebagai motivator dan enterpreneur yang sukses serta banyak membagi ilmunya kepada orang lain.

Hingga kini, Merry Riana telah menjadi motivator dan mendidik ribuan anak didiknya dalam bidang sales, marketing dan motivator. Disamping itu, Merry Riana juga aktif sebagai narasumber diberbagai seminar, perusahaan, perguruan tinggi dan sekolah. Merry Riana juga aktif dimedia sosial seperti Twitter dan Instagram memberikan kata kata motivasi dan quote yang bermanfaat bagi followers nya.

Demikian Biografi Merry Riana, wanita yqng berhasil mewujudkan impiannya meraih uang sejuta dolar di usia muda. Semoga Kisah Sukses Merry Riana ini memberi inspirasi untuk pembaca sekali. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.