Biografi Pablo Picasso – Maestro Pelukis

Bapak Aliran Kubisme

Biografi Pablo Picasso – Ia adalah bapak Kubisme – salah satu tonggak dalam perkembangan seni rupa dunia bersama dengan Georges Braque. Pablo Picasso adalah seorang inovator dalam gaya dan teknik, master dalam berbagai media ekspresi seni rupa.

Sepanjang hidup Pablo Picasso, ia telah menghasilkan banyak karya-karya terus dipuja, di analisis, digosipkan, dikritik bahkan sampai dicaci. Berikut kami sampaikan Biografi Pablo Picasso, sang maestro yang dikenal sebagai pelukis revolusioner abad 20 ini.

Biodata Pablo Picasso
  • Nama Lengkap  : Pablo Ruiz y Picasso
  • Tempat dan Tanggal Lahir  : Malaga, Spanyol, 25 Oktober 1881
  • Orang Tua : Jose Ruiz Blasco (Ayah) dan Maria y Picasso
  • Warga Negara : Spanyol
  • Pasangan  : Fernande Olivier, Marchelle Thumbert, Olga Kohklova dan Jaqueline Roque.
  • Profesi : Seniman
Biografi Pablo Picasso

Seperti yang termuat dalam Biografi Pablo Picasso, ia dilahirkan di Malaga, Spanyol dari pasangan Jose Ruiz Blasco yang berprofesi sebagai seorang guru seni di Spanyol, ibunya bernama Maria y Picasso.

Picasso merupakan seorang yang senang belajar, tempat yang jauh bukanlah halangan baginya untuk menempuh pendidikan. Pada usia 14 tahun, ia belajar pada School of Fine Arts di Barcelona. Dua tahun kemudian ia pindah ke Madrid untuk belajar di Royal Academy. Selang beberapa lama ia balik ke Barcelona pada Els Quatre Gats, tempat bergabungnya para seniman.

Kejeniusan Picasso telah tampak sejak ia masih kecil, ia telah mampu melukis dan membuat lukisan pertamanya pada usia 10 tahun. Pada usia 15 tahun, ia meraih medali emas ketika ujian masuk School of Fine Arts di Barcelona. Lukisan itu dibuat tahun 1897 berjudul Science and Charity menggambarkan seorang perawat dam seorang anak disamping wanita yang sakit.

Baca Juga :  Biodata Gus Azmi Beserta Profil Lengkapnya

Hingga 1898, dia selalu menggunakan nama ayahnya, Ruiz dalam setiap karyanya. Baru pada 1901, nama ” Ruiz” ditinggalkan dan ia menggunakan nama “Picasso” pada hasil karyanya.

Dalam Biografi Pablo Picasso disebutkan bahwa setelah beberapa kali berkunjung ke Paris, ia kemudian memutuskan untuk menetap disana pada 1904. Ia terpesona dengan kehidupan jalanan kota Paris.

Picasso terkenal sebagai playboy, ia pernah membina hubungan personal dengan beberapa wanita, yaitu : Fernande Olivier, Marchelle Thumbert, Olga Kohklova dan Jaqueline Roque.

Karya Pablo Picasso

Karya Picasso pada masa itu banyak didominasi warna bahkan dinamakan Periode Biru dalam karirnya. Lukisan-lukisannya bertemakan objek yang sering dijumpai dalam kehdupan dijalanan seperti orang buta, pengemis dan pelacur.

Gaya karya Picasso kemudian didominasi warna pink dipengaruhi oleh pertemuannya dengan Fernande Olivier. Pada Periode Pink ini, Picasso banyak menggambarkan objek dari sirkus dan beberapa kerabatnya.

Karya karya Picasso memasuki fase baru ketika ia kembali ke Spanyol pada 1906. Didalam karyanya mulai ada unsur seni Yunani, Iberia dan Afrika.

Karyanya yang sangat ikonik pada waktu ini adalah Les demoiselles d ‘ Avignon (1907) yang menggambarkan permukaan seperti gelas yang retak, bahkan tidak dimengerti oleh para kritikus dan penggiat seni pada waktu itu.

Terinsipirasi dari bentuk Volumetrik dari karya Paul Cezanne, Picasso bersama Georges Braque, seniman asal Perancis membuat lanskap dengan gaya yang kemudian disebut para kritikus seperti terbuat dari “kubus-kubus kecil”, sehingga kemudian dikenal dengan istilah “kubisme”.

Dari hasil karya keduanya kemudian muncul fase baru dalam hasil karyanya. Yaitu Kubisme Analistis dan Kubisme Sintetis.

Selain pada lukisan, Picasso juga menerapkan gaya Kubisme pada karya patungnya. Kemampuannya mengolah bentuk tiga dimensi terlihat sangat sempurna. Salah satunya adalah pada patung dada perunggu Fernande Olivier (1909). Selain itu, ia juga menghasilkan karya-karya dari bahan non artistik yang lain, seperti dari sisa kayu, logam dll.

Baca Juga :  Biografi Agnes Monica, Penyanyi Cantik Multi Talenta

Ketika Perang Dunia I, Picasso bekerja sebagai desainer di Roma. Disana kemudian ia menikah dengab Olga Koklova. Meski mengaku bukan penganut Surealis, banyak lukisan Picasso terinspirasi aliran tersebut.

Salah satu karya terbaik Picasso dan disebut sebagai karya terbaik abad ke-20 adalah Guernica. Karyanya tersebut terinspirasi dari peristiwa pemboman Guenica pada 26 April 1937 oleh pesawat tempur Jerman.

biografi pablo picasso

Guernica, Lukisan Karya Picasso- Kredit Foto : Pablopicasso.org

Dalam lukisan tersebut, Picasso mengambarkan kebiadaban dengan menghasilkan efek yang luar biasa dalam hal menggambarkan horor dalam sebuah peperangan.

Pada Perang Dunia II, karya-karyanya banyak bertemakan kematian. Pada periode ini, kehidupan pribadi  Pablo Picasso diwarnai dengan hubungannya dengan Francois Gilot yang kemudian dikaruniai  dua anak, Claude dan Paloma. Selain itu, Picasso juga diketahui menikah dengan Jacqueline Roque yang dinikahinya pada 1961.

Seniman Yang Produktif

Selama hidupnya, Pablo Picasso telah menghasilkan lebih dari 20.000 karya seni dan pameran yang tak terhitung jumlahnya. Ia merupakan seniman pertama yang berhasil memamerkan karyanya di Louvre ketika sang seniman masih hidup.

Sebagai seniman yang produktif dan seorang maestro, Karya Picasso tidak hanya berupa lukisan, ia juga berekspresi dengan berbagai media. Ia diketahui membuat karya litograf, keramik, patung dll.

Berikut beberapa Karya Pablo Picasso yang terkenal, antara lain :

  1. Blue Room (1901)
  2. Family Of Saltimbanques (1905)
  3. Les Demoiselles D’ Avignon (1907)
  4. Three Women At The Spring (1921)
  5. Guernica (1937)
  6. Dll

Pablo Picasso meninggal dunia pada 8 April 1973 di Perancis, meskipun telah tiada, namanya masih abadi bersama karya-karyanya yang fenomenal. Demikian Biografi Pablo Picasso, pencetus aliran Kubisme. Semoga menginspirasi. [ ]