Biografi Prabowo – Politikus yang Juga Seorang Pebisnis Hebat

Dari Jenderal, Pebisnis dan Politikus

biografi-prabowo-subianto

Biografi Prabowo – Masyarakat Indonesia tentu tak asing dengan Prabowo. Belakangan ini Prabowo santer menjadi politikus yang beberapa kali maju dalam pemilu. Tidak serta merta menikmati kesuksesan, perjalanan hidup yang panjang pernah dilalui beliau. Berikut kisah hidup yang dirangkum dalam biografi Prabowo.

Profil Prabowo

Pemilik nama lengkap Prabowo Subianto Djojohadikusumo ini lahir di Jakarta pada tanggal 17 Oktober 1951. Beliau merupakan seorang pengusaha, pebisnis, mantan perwira tinggi militer, dan politikus Indonesia.

Beliau menempuh pendidikan dan jenjang karier militer selama 28 tahun sebelum berkecimpung dalam dunia bisnis dan politik.

Berikut Profil Prabowo :

  • Nama Lengkap : Prabowo Subianto Djojohadikusumo
  • Tempat/ Tanggal Lahir : Jakarta, 17 Oktober 1951
  • Warga Negara  : Indonesia
  • Agama : Islam
  • Partai : Gerindra

Biografi Prabowo

Keluarga Prabowo

Prabowo merupakan cucu dari Raden Mas Margono Djojohadikusumo, anggota BPUPKI, pendiri Bank Negara Indonesia dan Ketua DPA pertama. Prabowo memiliki dua kakak perempuan, Biantiningsih Miderawati dan Maryani Ekowati, dan satu orang adik, Hashim Djojohadikusumo. Menilik ketokohannya , Biografi Prabowo sangat menarik untuk diketahui.

biograsi-prabowo

Ragowo Hediprasetyo dan Titiek Suharto

Dibalik nama besar Prabowo, beliau adalah keturunan Panglima Laskar Diponegoro untuk wilayah Gowong (Kedu) yang bernama Raden Tumenggung Kertanegara III. Selain itu, Prabowo juga terhitung sebagai salah seorang keturunan dari Adipati Mrapat, Bupati Kadipaten Banyumas Pertama.

Beliau menikah dengan Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto pada bulan Mei 1983 dan berpisah pada tahun 1998. Dari hasil pernikahan tersebut, Prabowo mempunyai seorang putra bernama Ragowo Hadi Prasetyo yang berkarir sebagai seorang desainer.

Baca Juga :  Biografi Erick Thohir – Pengusaha Muda Sukses

Pendidikan Prabowo

Liku-liku hidup merupakan bagian dari perjalanan Prabowo. Beliau sejak kecil tinggal berpindah-pindah tempat di luar negeri karena mengikuti tugas orang tuanya. Hal itu menyebabkan pendidikan dasar hingga menengahnya selalu berganti-ganti. Beliau menamatkan sekolah menengah atasnya di American School di Inggris. Biografi Prabowo sangat menarik untuk disimak.

Usia 19 tahun Prabowo memutuskan untuk masuk pendidikan di Akademi Militer Nasional (AMN) di Magelang, Jawa Tengah. Prabowo lulus di AMN pada tahun 1974. Setelah dua tahun, beliau bergabung dengan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Angkatan Darat.

Pada satuan inilah yang membesarkan namanya. Selanjutnya mulai jadi komandan Peleton Para Komando Group-1 lalu puncaknya beliau menjadi orang nomor satu di Kopassus pada tahun 1996-1998.

Karir Bisnis Prabowo

Pasca pensiun dari militer, Prabowo meninggalkan Indonesia dan tinggal di Yordania dan Jerman. Di Yordania, Prabowo menekuni bisnis bersama adiknya yakni Hasyim yang terlebih dulu menjadi pengusaha.

Prabowo menekuni dunia bisnis mengikuti adiknya Hashim Djojohadikusumo yang merupakan seorang pengusaha minyak. Biografi Prabowo sangat menarik untuk diketahui.

Cukup fantastis, Prabowo memimpin 27 perusahaan yang bergerak di sektor berbeda. Menduduki jabatan sebagai presiden dan CEO PT Tidar Kerinci Agung yang bergerak dalam bidang produksi minyak kelapa sawit, kemudian PT Nusantara Energy yang bergerak dalam bidang migas, pertambangan, pertanian, dan kehutanan. Serta PT Jaladri Nusantara yang bergerak di bidang perikanan.

Karir politik Prabowo

Prabowo mulai terjun politik pada tahun 2004, beliau mencoba bertarung menjadi calon presiden melalui konvensi Partai Golkar. Gagal di Golkar, beliau membangun jaringan tani dan terpilih sebagai Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) 2004.

Lalu pada 2008, Prabowo mendirikan Partai Gerindra sekaligus sebagai Ketua Dewan Pembina. Selanjutnya pada Pilpres 2014, Prabowo maju sebagai calon presiden berpasangan dengan Hatta Rajasa. Biografi Prabowo sangat menarik untuk diketahui.

Baca Juga :  Biografi Rocky Gerung - Pengamat Politik Kontrovesial

Penghargaan Prabowo

Dalam perjalanannya dari militer hingga terjun ke dunia politik, telah banyak apresiasi berupa penghargaan yang diterima beliau. Penghargaan tersebut meliputi Satya Lencana Kesetiaan XVI, Satya Lencana Seroja Ulangan-III, Satya Lencana Raksaka Dharma, Satya, Lencana Dwija Sistha, dan Satya Lencana Wira Karya.

Selain itu, juga ada penghargaan The First Class The Padin Medal Ops Honor dari Pemerintah Kamboja dan Bintang Yudha Dharma Naraya yang diterima beliau.

Perjuangan hidup memanglah tidak mudah, begitu juga yang dialami Prabowo. Biografi Prabowo cukup menarik dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua. Salah satu pejuang politik ini juga mencalonkan diri sebagai cawapres periode 2019-2024.

Demikian Profil dan Biografi Prabowo, semoga dapat memberi inspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.