Biografi Ronald Reagan – Aktor Yang Menjadi Presiden

Biografi  Ronald Reagan – Pada awalnya ia dikenal sebagai pemain dan pembawa acara, kemudian terjun kedunia politik. Ia sukses menjadi gubernur California dan bahkan menjadi Presiden Amerika Serikat selama dua periode.

Dia adalah Ronald Reagan, presiden negeri Paman Sam yang didukung kelompok konservatif ini dikenal sangat anti komunis dan berperan terhadap berakhirnya komunisme.

Biodata Ronald Reagan
  • Nama Lengkap : Ronald Wilson Reagan
  • Tempat dan Tanggal Lahir : Tampico, Illinois, 11 Februari 1911
  • Orang Tua : John Edward Reagan (Ayah) dan Nelle (Ibu)
  • Istri : Jane Wyman dan Nancy Davis
  • Anak : Maureen Reagan, Michael Reagan (adopsi), Patti Davis dan Ron Reagan
  • Saudara : Neil Reagan
  • Dikenal sebagai : Aktor, Pembawa Acara dan Presiden AS
Biografi Ronald Reagan

Ronald Reagan adalah anak bungsu dari pasangan John Reagan dan Nelle. Ia dilahirkan di Tampico, Illinois, 6 Februari 1911. Ayahnya merupakan seorang pedagang sepatu keliling keturunan Katholik Irlandia . Sedangkan ibunya merupakan keturunan Inggris-Skotlandia. Masa kecilnya dihabiskan di Dixon, sebuah kota kecil berjarak 155 km sebelah barat Chicago.

Reagan muda mengenyam pendidikan Dixon High School, kemudian melanjutkan Eureka College, sebuah college kecil di suatu kawasan di  Illinois. Ia mendapat beasiswa untuk belajar bidang ekonomi disana.

Ketika menjadi mahasiswa, ia dikenal aktif sebagai presiden organisasi mahasiswa, pemain sepakbola dikampus, anggota tim renang dan berbakat akting.

Ketika lulus kuliah tahun 1932, Reagan mencoba mencari lowongan pekerjaan yang berhubungan dengan dunia hiburan, namun lowongan yang tersedia pada waktu itu hanyalah penyiar olahraga di stasiun radio lokal. Ia kemudian mendaftar dan bekerja sebagai penyiar di Stasiun WHO di Moines, Iowa, pada 1936.

Keluarga Ronald Reagan

Seperti yang terungkap dalam Biografi Ronald Reagan, dia menikah pertama kali dengan aktris  Jane Wyman yang pernah jadi lawan mainnya dalam sebuah film. Dari perkawinan ini, Reagan memperoleh dua orang anak bernama Maureen dan Michael. Hubungan ini berakhir setelah kebersamaan mereka selama 8 tahun.

Baca Juga :  Biografi Megawati Soekarnoputri - Putri Presiden Yang Jadi Presiden

Ronald Reagan kemudian membina bahtera rumah tangga baru dengan mempersunting aktris yang lain, Nancy Davis, putri dari seorang ahli bedah saraf. Mereka juga mendapat dua orang anak, Patricia dan Ronald.

Terjun ke Dunia Akting

Kemampuan akting dan wajah yang tampan menjadi modal bagi Ronald Reagan untuk memulai karir di Hollywood.  Reagan terjun ke dunia akting pada usia 25 tahun pada 1937 saat di kontrak oleh Warner Bros, ia terlibat pada sebagian besar film Warner Bros pada waktu itu.

Film pertamanya adalah “Love Is In The Air” pada 1937, selanjutnya Ronald Reagan bermain dilebih dari 50 buah film, baik layar lebar maupun di televisi. Ia tampil baik di film “Dark Victory”,“Knute Rockne”, “All American” dan “King Row”.

Ketika pamornya sebagai pemain film agak menurun pada 1950-an, Ronald Reagan kemudian lebih banyak tampil di sejumlah program ditelevisi. Reagan tampil selama delapan tahun (1954-1962) di acara General Electric Theater di CBS. Tidak hanya pembawa acara, ia juga bermain dalam acara televisi seperti “The Ford Television Theatre”, Schiltz Playhouse Of Star” dan “Lux Video Theatre”.

Selain sebagai aktor, Ronald Reagan juga aktif di organisasi aktor film bernama Screen Actor Guild. Disini, ia pernah menjabat sebagai ketua sebanyak enam kali. Karir didunia hiburan Ronald Reagan berakhir ketika ia memutuskan untuk hijrah ke panggung politik pada 1965.

Karir Politik

Ronald Reagan berkecimpung di kancah politik ketika pada 1964 membuat pidato  untuk mendukung Barry Goldwater sebagai calon Presiden dari Partai Republik

Karir politik Ronald Reagan semakin moncer ketika ia terpilih menjadi Gubernur California setelah dalam pemilihan mengalahkan Edmund G Brown yang juga sebagai Gubernur petahana, Ia kemudian dilantik pada 2 Januari 1967.Semasa menjadi Gubernur, Ronald Reagan membuat kebijakan menaikkan pungutan pajak untuk penyeimbangan anggaran. Reagan menjadi Gubernur California selama dua periode dalam rentang waktu 2 Januari 1967 – 6 Januari 1975.

Baca Juga :  Biografi SBY - Profil Presiden Dua Periode

Reagan menjabat Presiden Amerika Serikat ketika berhasil menjadi pemenang pada Pemilu Presiden yang diadakan pada tahun 1980. Ia mengalahkan Jimmy Carter yang pamornya mulai menurun.

Sebagai Presiden AS, Reagan didukung oleh para anti komunis yang menginginkan Amerika Serikat harus membangun kekuatan militer untuk mencegah agresi militer Uni Soviet. Masa pemerintahan Reagan diwarnai dengan usaha kerasnya melawan komunis.

Ronald Reagan pernah mengalami percobaan pembunuhan yang gagal. Ia ditembak dibahunya oleh John W. Hinkley, seorang gelandangan sakit jiwa pada 30 Maret 1981. Sang gembel dinyatakan tidak bersalah dan direhabilitasi ke rumah sakit jiwa. Reagan mendapat simpati yang besar dan namanya semakin populer di Amerika. Ini terbukti dengan ia terpilih kembali sebagai Presiden negeri Paman Sam untuk kedua kalinya pada 1984.

Anti Dengan Komunis

Kebijakan Ronald Reagan yang anti komunis membuat Amerika banyak terlibat dalam konflik di berbagai kawasan. Amerika terlibat dalam konflik di Nikaragua, El Savador, Grenada, Afghanistan, Angola dan Libanon.

Masa akhir pemerintahan Ronald Reagan ternoda dengan skandal Iran-Contra. Banyak surat kabar yang memberitakan pada November 1986, bahwa Pemerintah AS menjual senjata kepada Iran dan memakai keuntungannya untuk menyokong gerilyawan Contra di Nikaragua.

Pasca pensiun, Ronald Reagan mendirikan yayasan bernama Ronald Reagan Presidential Library di California. Ia juga mendirikan Reagan Research Institute, sebuah lembaga yang konsen dibidang penyakit Alzheimer, penyakit yang menyerangnya pada 1994.

Ronald Reagan meninggal dunia pada 5 Juni 2004 jam 13.09 waktu setempat di rumahnya di Bel Air, Los Angeles. Ronald Reagan meninggal diduga karena mengidap pneumonia. Ia menghembuskan nafas terakhirnya didampingi keluarganya.

Pemakaman Ronald Reagan dilakukan secara kenegaraan pada 9 Juni 2004 di Perpustakaan Kepresidenan Ronald Reagan, Simi Valley, California. Upacara ini dihadiri sekitar 4000 orang, termasuk para tamu penting seperti presiden George W. Bush.

Demikian Biografi Ronald Reagan, mantan aktor dan pembawa acara yang terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke -40 dan menjabat selama dua periode. []