Biografi Sandiaga Uno – Pengusaha dan Politikus Sukses

Jutawan Yang Pernah Menjadi Pengangguran

biografi-sandiaga-uno

Biografi Sandiaga Uno –  Namanya mulai dikenal luas setelah menjadi pemimpin Jakarta berpasangan dengan Anies Baswedan. Posisinya sebagai wakil gubernur yang memimpin ibukota dan kemudian ditunjuk menjadi pasangan Prabowo Subianto sebagai Calon Wakil Presiden pada pemilhan presiden tahun 2019 membuatnya sering menjadi buah bibir baik di media cetak, elektronik dan daring.

Dialah Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A . Melihat kiprahnya didunia bisnis dan politik, Biografi Sandiaga Uno menarik untuk di simak. Berikut biografinya akan Figurpedia akan bahas berikut ini.

Profil Sandiaga Uno

  1. Nama Lengkap : Sandiaga Salahuddin Uno
  2. Tempat/Tanggal Lahir : Pekan Baru, 28 Juni 1969
  3. Agama : Islam
  4. Istri : Nur Asiah
  5. Anak : Anneesha Atheera Uno, Amyra Atheefa Uno, Sulaiman Saladdin Uno
  6. Almamater : Wichita State University dan George Wahington University
  7. Pekerjaan : Pengusaha dan Politikus

Biografi Sandiaga Uno

Keluarga

Sandiaga Uno dilahirkan di  Pekan Baru, Riau dari orang tua pasangan Razif Halik Uno (Ayah) dan Rachmieni Rahman (Ibu).

Ayahnya yang akrab dipanggil “Henk Uno” merupakan karyawan P.T Caltex, sebuah perusahaan minyak asal Amerika di Riau.  Sedangkan Ibunya yang terkenal dengan panggilan “Mien Uno” merupakan pakar pendidikan kepribadian. Setelah ayahnya pensiun, keluarga ini pindah ke Jakarta.

Sandiaga Uno akrab dipanggil Sandi menikah dengan Nur Asiah dan dikaruniai dengan orang, Anneesha Atheera Uno, Amyra Atheefa Uno, Sulaiman Saladdin Uno.

Pendidikan

Sandi menempuh pendidikan di Jakarta mulai dari bangku Sekolah Dasar hingga Tingkat Atas. ia bersekolah di SD PSKD, kemudian melanjutkan ke SMP di Jakarta Selatan, dan SMA Pangudi Luhur.

Selepas SMA, Sandi melanjutkan pendidikan di negeri Paman Sam. Ia berkuliah di Wichita State University di Kansas, Amerika Serikat. Sandy lulus dengan predikat Summa Cum Laude dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 4.0 pada tahun 1990 dengan gelar Bachelor of Business Administration.

Baca Juga :  Biografi Elon Musk - Pria dibalik Paypal dan SpaceX

Bekat beasiswa, Sandi menamatkan pendidikan Magisternya di George Washington University dengan gelar Master of Business Administration.

Karir Bisnis

Karir bisnisnya dimulai ketika Sandi bergabung  selama lebih kurang satu tahun dengan Bank Summa yang dimiliki oleh William Soeryadjaya.

Pada tahun 1993 Sandiaga bergabung dengan perusahaan Seapower Asia Investment Limited dan P Holding Limited Group asal Singapura. Setahun kemudian Sandi  pindah ke perusahaan asal Kanada bernama NTI Resources Ltd dengan posisi sebagai executive vice president.

Krisis keuangan global yang terjadi pada tahun 1997 menyebabkan perusahaan tempat ia bekerja harus gulung tikar dan menyebabkan Sandi menjadi pengangguran.

Sandi mengalami masa-masa sulit karena tidak punya pekerjaan. Ia beberapa kali di tolak ketika mengajukan lamaran dibeberapa perusahaan. Namun, kondisi tersebut tidak membuatnya menyerah. Bersama beberapa temannya, ia mendirikan sebuah perusahaan jasa konsultan keuangan bernama PT Recapital Advisors .

Bersama Putra Pemilik Bank Summa, Edwin Soeryadjaya, Sandi mendirikan perusahaan yang bergerak dibidang investasi bernama PT Saratoga Investama Sedaya. Perusahaan ini didikan pada tahun 1998. Berbekal dana dari investor, perusahaan ini mengakuisisi perusahaan-perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan dan menjual kembali ketika dalam kondisi sehat dan mendapat untung.

Ada beberapa perusahaan yang diambil alih oleh Saratoga dan dijual kembali, seperti Bank BTPN.

Jabatan di Perusahaan

Sandi yang merupakan penggemar olah raga jogging ini menjadi direksi dibeberapa perusahaannya, antara lain :

  1. PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia
  2. PT Adaro Indonesia
  3. PT Indonesia Bulk Terminal
  4. PT Interra Resource Limited
  5. PT iFORTE SOLUSI INFOTEK

Pada 10 Juni 2015, Sandiaga Uno resmi mundur dari PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) dan posisinya digantikan oleh Michael Soeryadjaya, anak dari Edwin Soeryadjaya.

Masuk Daftar Orang Terkaya

Keberhasilan Sandiaga Salahuddin Uno dalam menjalani karir bisnisnya membuat ia masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Baca Juga :  Biografi Erick Thohir – Pengusaha Muda Sukses

Tahun 2007, Majalah Asia Globe menobatkan Sandi pada peringkat ke 122 sebagai orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan 80 Juta Dollar AS. Pada tahun 2008, dengan total aset 245 Juta Dollar AS ia menghuni peringkat 63.

Tahun 2009, Majalah Forbes merilis data bahwa Sandi masuk dalam daftar 40 orang terkaya di Indonesia berada diperingkat ke 29 dengan total kekayaan 400 juta Dollar AS.

Dalam laman situs KPU periode 2016, Sandiaga Uno dikabarkan mempunyai kekayaan sebesar Rp. 3.8 Trilyun dan US$ 10.347.381.

Karir Politik

Sandiaga Uno ikut terjun kedunia politik dengan bergabung dengan Partai Gerindra. Pada tahun 2017, Sandiaga Uno maju dalam pilkada DKI Jakarta. Ia menjabat sebagai Wakil Gubernur setelah menang Pilkada berpasangan dengan Anies Baswedan. Mereka diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Pasangan Anies-Sandi meraih 57,96 persen suara dengan mangalahkan pasangan  Ahok-Gatot yang memperoleh 42,04 persen.

Sandiaga Uno akhirnya mundur dari jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta setelah menjabat selama lebih kurang 9 bulan (6 Oktober 2017 – 10 Agustus 2018). Ia mundur setelah ditunjuk oleh koalisi beberapa partai untuk mendampingi Prabowo Subianto bertarung dalam Pemilihan Presiden tahun 2019.

Demikianlah Biografi Sandiaga Uno, sosok pengusaha muda sukses dan juga politikus calon pemimpin Indonesia masa depan. Perjuangannya bangkit dari keterpurukan membuatnya pantas menjadi panutan bagi generasi muda Inodnesia.

Salam Sukses []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *