Biografi Walt Disney – Penguasa kerajaan Dongeng

Jatug Bangun Membangun Bisnis

Biografi Walt Disney – Nama Walt Disney dicatat dengan tinta emas dalam dunia hiburan. Tokoh ciptaannya-seperti Micky Mouse, Mini Mouse dan Donald Duck- telah menghibur jutaan orang diseluruh dunia. Bisnis Disney kini menyebar keseluruh dunia dari berbagai lini, dari mulai film kartun hingga taman bermain Disneyland.

Dengan merk yang begitu kuat dan mendunia, tak mengherankan jika sekarang ini Disney menjadi salah satu perusahaan yang menghasilkan pundi-pundi miliaran dolar setiap tahunnya. Produknya mulai dari film kartun televisi, film animasi layar lebar hingga boneka dan pernak pernik kainnya.

Bagaimanakah perjalanan dan perjuangan hidupnya hingga ia bisa merajai dunia hiburan era modern?. Jika anda penasaran, mari simak Profil dan Biografi Walt Disney berikut ini.

Profil dan Biografi Walt Disney

Nama lengkapnya adalah Walter Elias Disney, namun lebih dikenal dengan Walt Disney. Ia dilahirkan di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, pada 5 Desember 1901. Ayahnya bernama Elias Disney dan Ibunya bernama Flora Call. Dalam diri Disney mengalir darah Jerman dari ibunya dan Irlandia dari Ayahnya.

Masa kecil Disney ternyata tidaklah seceria kisah-kisah animasi hasil karyanya. Ayahnya sering berpindah-pindah dan gonta-ganti pekerjaan, namun sering mengalami kegagalan dalam karirnya.

Walt Disney kecil telah menunjukkan ketertarikannya kepada dunia seni. Ia sangat suka menggambar, Walt Disney bahkan pernah dibayar oleh tetangganya untuk melukis kuda milik mereka. Selain menggambar, Walt Disney kecil juga tertarik dengan kereta api.

Ketika keluarga Walt Disney menetap di Kansas City, ia bertemu dengan Walter Pfeiffer, orang yang memperkenalkan film kepada Disney. Walt Disney banyak menghabiskan waktu dirumah Pfeiffer. Pada hari sabtu, Walt Disney mengikuti kursus di Kansas City Art Institute.

Ketika orangtuanya pindah ke Chicago, masuk ke McKinley High School dan pada malam hari kursus di Chicago Art Institute. Disney menjadi kartunis untuk koran disekolahnya, ia banyak membuat karya yang berbau patriotik pada peristiwa Perang Dunia I.

Walt Disney drop out dari sekolah pada usia 16 tahun, ia berusaha menjadi tentara namun ditolak karena dibawah umur. Kemudian, Walt Disney masuk Korps Ambulan Palang Merah dan dikirim ke Perancis dan Walt bertugas sebagai supir selama setahun disana.

Tahun 1919, Walt Disney kembali ke Kansas City untuk berkarir didunia seni. Ia mencoba melamar kerja sebagai pencipta karikatur di koran, namun Walt Disney ditolak. Ia kemudian bekerja di Pesmen-Rubin Art Studio berkat bantuan teman kakaknya, Roy. Disini Walt Disney bertemu dengan kartunis Ubbe Iwerks.

Setelah tidak lagi bekerja di Pesmen-Rubin, Disney dan Iwerks mendirikan perusahaan sendiru bernama “Iwerks-Disney Commercial Artists” pada 1920. Sayang, perusahaan ini harus tutup.

Baca Juga :  Biografi Nadiem Makarim - Juragan Ojek Kaya Raya

Disney dan menyusul kemudian Iwerks bergabung Kansas City Film Ad Company. Disini ia banyak belajar tentang animasi dan bericita-cita menjadi animator. Ia kemudian keluar dari  Ad Company dan mulai merintis bisnis animasinya sendiri.

Dalam Biografi Walt Disney diungkapkan bahwa setelah keluar dari Kansas City Film Ad Company, ia berhasil membuat film kartun sendiri berjudul Newman Laugh-O Grams. Kartun ini sukses dan mendapat sambutan positif di Kansas City.

Kesuksesan tersebut mampu membuatnya membeli studio sendiri. Ia kembali merekrut Ubbe Iwerks dan banyak animator lainnya untuk bekerja dengannya. Sayang, karena manajemen studio yang kurang baik dan ditambah gaji karyawannya yang tinggi membuat studionya kemudian bangkrut.

Bersama saudaranya, Disney mengumpulkan uang dan mendirikan studio di Hollywood. Bersama Iwerks dan rekan-rekan lainnya, mereka mendirikan Disney Brother’s Studio. Disini juga Disney berjumpa dengan Lilian Bounds yang merupakan karyawannya dan kemudian mereka menikah di tahun 1925.

Antara tahun 1926-1928, Disney memproduksi serial kartun Oswald The Lucky Rabbit untuk Universal Pictures.  Namun sayang, meski serial ini sukses dipasar, terjadi perselisihan antara Disney dan Universal Pictures sehingga Disney kehilangan hak atas karakter Oswald.

Selain serial kartun diatas, pada tahun 1928 juga Disney merilis Steamboat Willie yang diproduksi oleh Disney sendiri. Film ini adalah film kartun  pertama yang menampilkan suara yang telah disinkronisasi.

Menciptakan Mickey Mouse

Kehilangan hak atas karakter Oswald membuat Disney berpikir bahwa ia harus membuat karakter baru. Disney kemudian terinspirasi dari seeokor tikus yang pernah ia pelihara ketika masih bekerja di Kansas City Studio. Ia kembali bekerja sama dengan Ubbe Iwerks dalam mendesain karakter ini. Semula, karakter ini diberi nama ‘Mortimer’, kemudian atas usul Lilian Disney diganti menjadi ‘Mickey Mouse’.

Karakter Mickey Mouse pertama kali diperkenalkan ke publik melalui film Plane Crazy tahun 1928. Selain itu, pada tahun 1928 juga Disney merilis Steamboat Willie yang diproduksi oleh Disney sendiri. Film ini adalah film kartun  pertama yang menampilkan suara yang telah disinkronisasi. Karakter Mickey Mouse menjadi tokoh kartun paling populer didunia mengalahkan karakter Felix The Cat yang sebelumnya sangat populer.

Setahun berikutnya, seri Silly Symphony dirilis dengan Skeleton Dance sebagai serial pembuka. Disney kemudian merangkul Technicolor untuk membuat film berwarna. Flowers and Trees (1932) yang juga bagian dari serial Silly Symphony merupakan film berwarna pertama dari Disney.

Kendati Walt Disney bukanlah seorang pembuat animasi yang baik, namun ia mampu memimpin tim yang terdiri dari artis-artis muda yang punya semangat kerja dan daya imajinasi tinggi.

Baca Juga :  Profil dan Biografi Pendiri Traveloka - Ferry Unardi

Ketika Disney berencana membuat film panjang pertamanya, Snow White and Seven Dwarfs, Disney dianggap terlalu mengambil resiko dan ditertawakan banyak pihak. Ia juga mesti mencari pinjaman untuk membiayai pembuatan film ini. Namun para pengkritiknya salah besar, Snow White and Seven Dwarfs sukses besar dengan mendapat lebih dari US$ 8 juta pada tayang pertamanya.

Sukses Snow White and Seven Dwarfs membuat Disney mampu untuk membangun markas baru untuk Walt Disney Studios di Burbank. Di studio yang dibuka pada 24 Desember 1939 inilah kemudian dikerjakan film animasi populer seperti Pinocchio, Fantasia, Bambi, Alice in Wonderland dan Peterpan. Sementara itu, pembuat film pendek meneruskan pekerjaan mereka yqng melibatkan karakter Mickey Mouse, Gufi, Pluto dan tokoh Donald Duck yang kepopulerannya mulai mengalahkan Mickey.

Ketika perang dunia II meletus, fasilitas studio Disney dipakai oleh tentara AS, para pekerjanya juga terlibat membuat film untuk kepentingan militer.

Setelah perang usai, Studio Disney membuat beberapa film pendek dan meneruskan proyek film Alice In Wonderland dan Peterpan yang tertunda akibat perang. Lalu, mereka juga membuat film Cinderella yang juga sukses sèperti Snow White and the Seven Dwarfs.

Kejayaan di film panjang tidak diikuti oleh film kartun pendek Disney, tokoh Mickey Mouse mulai memudar kepopulerannya. Namun, karakter kartun Disney yang lain, Donald Duck mulai populer bersanding dengan tokoh Bugs Bunny ciptaan studio Warner Bros.

Sumbangan Walt Disney untuk dunia hiburan lainnya adalah pembangunan taman bermain raksasa Disneyland di Anaheim, California. Disneyland dibuka secara resmi pada 17 Juli 1955 dan dihadiri salah satunya adalah Ronald Reagan.

Disneyland menampilkan rekontruksi, pameran dan perjalanan bersejarah yang menjadi daya tarik utama bagi pengunjung. Sukses pada taman bermain Disneyland kemudian diikuti dengan pembukaan Disney World di Orlando, Florida pada 1971.

Walt Disney dengan Disney Studios sebagai kerajaan multimedianya terus menghasilkan karya karya mereka yang dapat dinikmati oleh masyarakat diseluruh dunia hingga saat ini.

Walt Disney meninggal pada 15 Desember 1966 akibat kanker di paru-paru kirinya. Sebelum meninggal, ia sempat roboh dirumahnya namun sempat dibawa ke rumah sakit tempat ia meninggal dunia. Jasadnya dikremasi dan disimpan pada Forest Lawn Memorial Park di California.

Walt Disney telah menjadi “diktator”  dari sebuah negeri dimana ia dapat menerapkan semua gagasannya. Walt Disney adalah penguasa negeri dongeng.

Demikian Profil dan Biografi Walt Disney, sang penghibur dunia dengan segala karakter ciptaannya. Semoga bermanfaaat. []