Biografi William Tanuwijaya – Profil Pendiri Tokopedia

Sempat ditolak dan diremehkan

Biografi William Tanuwijaya – William Tanuwijaya merupakan salah satu pendiri Tokopedia, Startup dan situs belanja online terkenal di Indonesia bersama dengan Leontinus Alpha Edison. Banyak perjuangan dan pengorbanan yang harus dilaluinya untuk membesarkan Tokopedia hingga menjadi marketplace terbesar di Indonesia seperti sekarang ini.

Mengaku ke kampus hanya ketika pas ujian, tidak punya pengalaman bisnis, cuma mantan penjaga warnet dan hanya bermodalkan semangat bambu runcing, itulah gambaran awal perjalanan William Tanuwijaya dalam mendirikan Tokopedia.

Berikut kami sajikan Biografi William Tanuwijaya, berikut Kisah Sukses William Tanuwijaya dalam mendirikan Tokopedia.

Biografi William Tanuwijaya
Masa Kecil dan Pendidikan

William Tanuwijaya dilahirkan Pematang Siantar, Sumatera Utara, 11 November 1981, keluarganya merupakan keluarga sederhana namun sangat mementingkan pendidikan. Orang tuanya ingin anak-anaknya mendapat pendidikan yang lebih baik dari mereka.

William Tanuwijaya menjalani pendidikannya hingga SLTA di Pematang Siantar. Setelah itu, berbekal restu dan do’a dari orang tua, William Tanuwijaya berangkat merantau untuk kuliah di Jakarta. William menempuh perjalanan beberapa hari dengan kapal laut dari Belawan ke Tanjung Priok. William kuliah di Universitas Bina Nusantara.

Baru dua tahun ia menjalani bangku perguruan tinggi, William mendapat cobaan. Ayahnya terserang kanker sehingga membuat William harus mencari penghasilan tambahan dengan bekerja sebagai penjaga warnet di dekat kampusnya. Berkecimpung dengan internet setiap membuat William menjadi cinta dengan dunia digital.

Walaupun waktu kerja di warnet yang sangat padat, namun William Tanuwijaya berhasil menyelesaikan pendidikannya dan meraih gelar sarjana Teknik Informasi pada tahun 2003. Kelak setelah ia mendirikan Tokopedia, tepatnya antara tahun 2017, William Tanuwijaya melanjutkan pendidikan di Harvard Kennedy School.

Ide Mendirikan Tokopedia

Dalam Biografi William Tanuwijaya disebutkan bahwa, tamat kuliah, William sempat bekerja di industri pengembangan piranti lunak.  Setelah 4 bulan di PT Boleh Net Indonesia, ia kemudian 9 bulan bekerja di PT Signet Pratama. Berlanjut kemudian bergabung dengan PT. Sqiva Sistem sebagai software developer sampai 2005. Selanjutnya, William mencoba peruntungan bekerja di PT Indocom Mediatama sebagai IT and Business Development Manager.

Baca Juga :  Biografi Wishnutama - Profil Lengkap Pendiri NET. TV

Sejak saat itu William berniat membuat dan memiliki perusahaan internet sendiri. Ide membuat e-commerce sendiri muncul ketika ia pernah bergabung dalam forum online Kafegaul yang mempunyai fasilitas jual beli. Ia sering mendengar komplain dari pengguna yang tertipu jual beli online. Sejak saat itu ia bertekad membuat sebuah toko online yang terpercaya.

Mencari Modal

Tahun 2007, William berusaha mewujudkan idenya, namun terbentur dimasalah permodalan. Ia mengajak temannya Leontinus Alpha Edison untuk bekerja sama membangun sebuah perusahaan rintisan.

Terinspirasi dari berbagai sukses perusahaan-perusahaan terkenal seperti Google dan Facebook, mereka mencoba memberanikan diri untuk mencari penyandang dana dan menjelaskan konsep bisnis mereka. Namun  mereka mendapat banyak penolakan dan tidak tertarik dengan ide William dan Leon.

Mendapat banyak penolakan tidak membuat William dan Leon putus asa. Walau William dianggap punya mimpi yang ketinggian dan apa yang ia inginkan terlalu muluk.  Namun Ia yakin dengan proposal dan konsep bisnisnya dan suatu saat akan berhasil.

Tokopedia Berdiri

Setelah hampir dua tahun meyakinkan investor, akhirnya mereka mendapat pemodal dan mendirikan sebuah perusahaan startup bernama Tokopedia yang mempunyai konsep sebagai mall online yang menghubungkan antara penjual dan pembeli di seluruh Indonesia dengan biaya gratis.

Tokopedia secara resmi berdiri pada  6 Februari 2009, namun baru pada 17 Agustus 2009 diluncurkan ke publik. William dan Leon juga berusaha talenta-talenta terbaik dari berbagai perguruan tinggi untuk membangun dan membesarkan Tokopedia.

biografi-william-tanuwijaya

Logo Tokopedia – Foto : Tokopedia.com

Pada sebulan pertama setelah berdiri, Tokopedia cuma mampu merangkul 509 merchants dan 4.560 member serta cuma mencatat transaksi Rp. 33 juta. Bukan angka yang menjanjikan memang, namun dari sini terlihat bahwa bisnis William memiliki prospek yang cerah dimasa depan.

Baca Juga :  Profil dan Biografi Pendiri Traveloka - Ferry Unardi
Perkembangan Tokopedia

Setelah setahun, perkembangan Tokopedia semakin pesat dan tumbuh signifikan. Sebanyak 4.659 merchant terdaftar dengan 44.785 member. Jumlah transaksi juga meningkat pesat mencapai Rp 5,954 miliar. Angka tersebut meningkat setiap tahun hingga sekarang. Pada awal tahun 2017, tercatat 40 juta produk dengan 12 pengguna. Nilai transaksi juga mencapai lebih Rp 1 triliun per bulan.

Pencapaian Tokopedia membuat para investor yang dulu enggan berinvestasi di bisnisnya William Tanuwijaya ini mulai berdatangan. Pada 2010, East Ventures menyuntikkan dana, kemudian CyberAgent Venture berinvestasi ditahun 2011. Lalu, Beenos  hadir di tahun 2012.

Pada Oktober 2014, Softbank Internet and Media dan Sequoia Capital, perusahaan yang pernah berinvestasi di Google dan Apple turut mengucurkan dana sebesar  US$100 juta untuk Tokopedia. Tokopedia kembali mendapat guyuran uang yang melimpah dari raksasa e-commerce China, Alibaba. Perusahaan milik Jack Ma ini mengucurkan uang sebesar USD 1,1 miliar pada 17 Agustus 2017.

Saat ini, Tokopedia telah menjelma dan bertransformasi  dari sebuah startup yang pada awalnya kesulitan moda menjadi sebuah unicorn papan atas di Indonesia. Pada Mei 2018, mereka tercatat memiliki 4 juta merchant dengan kunjungan lebih dari 73 juta pengunjung. Adapun posisi William Tanuwijaya di Tokopedia sebagai CEO.

Sukses besar Tokopedia berbanding lurus dengan penghasilan yang didapat foundernya, William Tanuwijaya. Menurut Majalah Globe Asia, kekayaan William Tanuwijaya diperkirakan mencapai US$ 130 juta atau sekitar RP. 1,8 tiriliun. William ada urutan 148 dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Begitulah perjuangan dan Kisah Sukses William Tanuwijaya yang mendirikan Tokopedia penuh perjuangan, disamping membangun Tokopedia, ia juga mesti menggantikan peran orang tuanya yang terkena kanker sebagai tulung pungggung keluarga.

Demikian Biografi William Tanuwijaya sang Pendiri Tokopedia, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi bagi pembaca sekalian. [Foto : inet.detik.com]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.