Biografi Yusril Ihza Mahendra – Pakar Hukum Tata Negara

Politikus dan Pengacara Kondang

Biografi Yusril Ihza Mahendra – Nama Yusril Ihza Mahendra tentu sudah tak asing lagi dikancah perpolitikan Indonesia. Selain sebagai pemimpin sebuah partai, ia merupakan mantan menteri dan juga pakar hukum tata negara serta seorang pengacara.

Sepak terjangnya menarik untuk diketahui. Apalagi ketika ia bersedia menjadi penasehat hukum tim pemenangan Jokowi dan Kyai Ma’ruf Amin pada Pemilu Presiden 2019.

Berikut Profil dan Biografi Yusril Ihza Mahendra selengkapnya.

Biodata Yusril Ihza Mahendra
  • Nama Lengkap : Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra, SH., M.Sc
  • Tempat Tanggal Lahir : Belitung Timur, 5 Februari 1956
  • Orang Tua : Idris Haji Zainal Abidin ( Ayah) dan Nursiha Sandon (Ibu)
  • Pasangan : Kessy Sukaesih dan Rika Tolentino Kato
  • Anak : Yuri Kemal Fadlullah, Kenia Khairunnisa, Meilany Alissa dan Ali Reza Mahendra ( dari Kessy Sukaesih), Ismail Zakariya dan Zulaikha.
  • Profesi : Pengacara, Politikus
Biografi Yusril Ihza Mahendra
Latar Belakang dan Keluarga

Seperti yang terungkap dalam Biografi Yusril Ihza Mahendra, ia dilahirkan dari pasangan Idris Haji Zainal dan Nursiha Sandon. Orang tuanya merupakan pendatang yang kemudian menetap di Belitung Timur.

Dari pihak ayah Yusril, mereka diketahui kakek merupakan seorang bangsawan berasal dari Kesultanan Johor, Malaysia. Sedangkan dari pihak ibunya, mereka merupakan perantau dari Minangkabau yang ke Belitung pada abad 19.

Yusril Ihza Mahendra menikah sebanyak dua kali. Istri Yusril Ihza Mahendra yang pertama adalah Kessy Sukaesih, namun rumah tangga Yusril kandas dan berakhir dengan perceraian pada November 2005.

Dari hasil pernikahan dengan Kessy, mereka dikaruniai empat orang anak, yaitu Yuri Kemal Fadhlullah, Kenia Khairunnisa, Meilany Alissa dan Ali Reza Mahendra.

Baca Juga :  Profil dan Biografi Jusuf Kalla - Tokoh Nasional Panutan

Kemudian, pada September 2006 Yusril kembali membina rumah tangga dengan menikahi seorang gadis yang usianya terpaut 30 tahun bernama Rika Tolentino Kato. Mereka mendapat dua orang anak bernama Ismail Zakariya dan Zulaikha.

Pendidikan Yusril Ihza Mahendra

Dalam Biografi Yusril Ihza Mahendra juga disebutkan jika ia memperoleh gelar sarjana  dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Disamping itu, Yusril juga menekuni ilmu filsafat di Fakultas Sastra ditempat yang sama.

Yusril kemudian kuliah di University Of The Punjab, Pakistan untuk meraih gelar Master tahun 1985. Lalu pada tahun 1993 meraih gelar Doktor ilmu politik dari University Sains Malaysia.

Karir Yusril Ihza Mahendra

Sesuai dengan keahliannya, Yusril merintis karir dengan mengajar Hukum Tata Negara, Teori Ilmu Hukum dan Filsafat Hukum di Universitas Indonesia. Yusril mendapar gelar Guru Besar disana.

Selain itu, Yusril juga menjadi pengurus dibeberapa organisasi seperti Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Muhammadiyah serta Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia.

Yusril mulai terlibat dalam pemerintahan ketika ia menjadi penulis pidato Soeharto pada tahun 1996. Yusril banyak menulis pidato Soeharto, termasuk pidato pengunduran diri Soeharto sebagai Presiden RI pada 1998.

Yusril kemudian menbentuk partai politik bersama dengan 22 ormas dengan nama Partai Bulan Bintang (PBB). Yusril menjabat sebagai Ketua Umum partai yang pasa pemilu 1999 meraih 2,84 % suara. PBB bersama PAN turut mendukung Abdurrahman Wahid menjadi Presiden RI.

Keahliannya dibidang hukum dan ketatanegaraan mengantarkan Yusril kedalam kabinet. Ia pernah menjabat Menteri Hukum dan Perundang-undangan di Kabinet Indonesia Bersatu. Kemudian menjadi Menteri Hukum dan HAM dalam Kabinet Gotong Royong dan sebagai Menteri Sekretaris Negara di Kabinet Indonesia Bersatu.

Baca Juga :  Biografi Soeharto - Presiden Terlama di Indonesia

Demikian Biografi Yusril Ihza Mahendra, seorang pakar hukum tatanegara yang juga menjadi politikus dan pengacara hebat. []