Kisah Sukses Ray Kroc – Pemilik McDonald’s

Berawal Dari Menjual Mikser dan Gelas

Kisah Sukses Ray Kroc – Dari hanya seorang penjual mixer, ia kemudian berhail menjadikan McDonald’s sebagai restoran cepat saji yang kini hadir disetiap penjuru dunia. Ia menyadari bahwa orang datang ke restoran memang bertujuan untuk makan.

Dia adalah Ray Kroc, orang yang  sukses membesarkan  dan menguasai McDonald’s, rumah makan cepat saji terkenal dan terbesar didunia dari Amerika Serikat.

Ray Kroc dilahirkan di Oak Park, Illinois, Amerika Serikat pada 5 Oktober 1902. Pada usia remaja, Ray Kroc yang berusia 15 tahun berbohong tentang umurnya agar ia dapat diterima sebagai supir ambulans di palang merah. Sempat mengikuti pelatihan di Connecticut, namun ia tidak pernah terlibat pekerjaannya di Eropa, karena perang keburu selesai.

Menjadi Penjual Mikser

Ray Kroc muda pun mulai bekerja, pada awalnya ia bekerja sebagai pemain piano kemudian juga menjadi tenaga penjual pada Lily Tulip Cup Co pada 1922. Ray Kroc kerja siang malam, siang hari ia bekerja menjual cangkir kertas, pada malam hari sebagai pemain piano.

Meski hanya sebagai pekerja biasa, Kroc jeli memihat peluang bisnis. Ray Kroc bertemu dengan Earl Prince (penemu multimikser lima kumparan) yang menjadi langganan cangkir kertas nya. Kroc terkesan dengan mikser tersebut, Kroc mengajukan diri sebagai pemegang hak ekslusif pemasaran dari Prince. Ray Kroc kemudian berkeliling Amerika menjual mikser.

Insting bisnisnya kembali bergetar ketika ia sebuah restoran ia mengamati restoran yang sering turut membeli delapan buah mikser miliknya. Ia kagum dengan kinerja restoran hamburger yang didirikan oleh dua bersaudara, Dick dan Mac McDonald yang terletak di San Bernardino, California.

Ray Kroc mulai meyakinkan pemilik McDonald’s untuk memperluas jaringan ke seluruh AS menawarkan ia sebagai pemasok mikser untuk restoran tersebut. Usul tersebut disetujui oleh McDonald bersaudara, ia mengajukan diri sebagai orang yang melebarkan jaringan restoran McDonald’s.

Baca Juga :  Biografi Pendiri Bukalapak - Achmad Zaky
Kisah Sukses Ray Kroc Menguasai McDonald’s

Walau mengidap diabetes dan kehilangan kandung empedu serta kelenjar tiroidnya, ia selalu optimis yang terbaik ada didepannya. Kroc yakin dengan prospek bisnis McDonald’s melebihi yang diyakini pemiliknya sendiri.

Melihat geliat McDonald’s yang semakin bergairah, Kroc berniat membeli McDonald’s dari pendirinya, McDonald bersaudara. Ia kemudian berhasil meyakinkan pemilik McDonald’s untuk menjual rumah makan cepat saji tersebut dengan harga 2,7 juta dolar pada tahun 1961. Dari sinilah Kisah Sukses Ray Kroc dimulai.

Menjadi pemilik McDonald’s memuat Ray Kroc bebas menjalankan bisnisnya tanpa merubah resep dasar warisan dari McDonald bersaudara dengan menambahkan beberapa ide untuk kemajuan bisnisnya.
Pada tahun 1963, McDonald’s mengumumkan keberhasilan mereka menjual lebih dari 1 milyar hamburger.

Tahun tersebut juga ditandai dengan dibukanya restoran McDonald’s yang ke 500 dan munculnya ikon McDonald’s, badut Ronald McDonald yang banyak menarik perhatian anak-anak.Berkat iklan, restoran McDonald’s dan karakter badut Ronald McDonald semakin terkenal di Amerika, karakter badut Ronald McDonald bahkan lebih terkenal dari Presiden Amerika dimata anak-anak.

Seiring waktu, perkembangan McDonald’s semakin pesat, baik di Amerika Serikat maupun dilevel dunia. McDonald’s telah hadir di lebih dari 114 negara. Meski telah sukses, Ray Kroc tidak pernah berhenti mencoba berbagai ide walau terkadang tidak selalu berhasil.

Layaknya seorang entrepreneur lainnya, Ray Kroc bukanlah kreator McDonald’s, namun dia memiliki kecerdasan dan jeli melihat serta menangkap peluang dan menyulapnya menjadi bisnis yang menguntungkan.

Demikian kisah Sukses Ray Kroc yang berhasil membesarkan kemudian menguasai McDonald’s, semoga menginspirasi. [ ]