James Naismith, Seorang Guru Penemu Bola Basket

penemu-bola-basket

Penemu Bola Basket – Salah satu olahraga populer di masa SMP atau SMA adalah basket. Bukan karena pertandingan yang hanya seru tetapi juga siapa yang mengikuti ekstrakurikuler basket sering memiliki pesona tersendiri.

Benarkah begitu? Terlepas dari itu, basket menjadi olahraga yang seru dan menyenangkan serta membuat tubuh kita menjadi lebih sehat tentunya.

Pernahkah terlintas di benakmu siapa penemu bola basket ini? Dari segi ukuran tentu berbeda dengan bola voli ataupun bola di lapangan hijau.Tentu ada cerita menarik dibalik penemu bola basket ini.

Pertandingan bola basket selalu menjadi pertandingan yang seru. Dimana para pemain tentu memperebutkan gelar juara dengan memasukkan bola pada ring lawan sebanyak-banyaknya. Tak hanya itu, bola basket juga memiliki keunikan karena bisa kita harus melakukan dribble yang mana pada mulanya hal ini tidak ada.

Penemu dari bola basket ini tentu dikenang sepanjang masa. Ada cerita menarik dibalik olahraga yang mengandalkan seluruh kemampuan pemain ini. Mulai dari lari, fokus hingga lompatan.

Dari bangku SMP memang sudah ada pilihan ekstrakurikuler bola basket.Juga di bangku SMA yang mana mereka terkenal dengan tinggi badan tak main-main. Tentu hal ini juga dikarenakan olahraga basket yang memang membantu pertumbuhan menjadi lebih maksimal. Terlepas dari itu semua, yuk cari tahu siapa sebenarnya penemu bola basket ini!

loading...
Awal Mula Penemu Bola Basket

Ia bernama Dr. James Naismith yang merupakan sang penemu bola basket. James merupakan seorang guru olahraga yang berkebangsaan Kanada dan mengajar di perguruan tinggi untuk para siswa yang professional dan ada di YMCA, sebuah wadah pemuda umat Kristen. YMCA sendiri memang diketahui berada di Springfield di tahun 1891.

Ia juga diajak untuk mencari cara bagaimana bisa menghilangkan kebosanan dari para murid yang dimilikinya terutama pada pelajaran olahraga di musim dingin waktu itu.

Baca Juga :  Penemu Sinar X - Wilhelm Röntgen

Akhirnya, James terinspirasi dari sebuah permainan yang pernah dimainkan waktu kecil berada di Ontario. James juga menciptakan permainan yang akhirnya dikenal sebagai bola basket di tahun 1891 tepatnya pada tanggal 15 Desember.

Menjadi Presiden Kehormatan FIBA

Awalnya, James sebagai penemu bola basket sendiri juga menentukan di tiap tim berjumlah sembilan orang dan tidak ada dribble. Melainkan bola hanya bisa berpindah tangan melalui pass atau lemparan.

Barulah di tahun 1936 tepatnya bulan Agustus, ketika menghadiri Olimpiade Berlin 1936 penemu permainan bola basket ini diangkat sebagai Presiden Kehormatan dari Federasi Bola Basket Internasional atau FIBA.

James juga dikenal sebagai warga Kanada tetapi akhirnya menjadi warga negara Amerika Serikat di tahun 1925 tanggal 4 mei. James telah meninggal dunia di tanggal 28 November 1939 yang mana kurang dari enam bulan setelah menikah kedua kalinya.

Basket memang dianggap sebagai olahraga yang populer dan unik. Menurut cerita, diketahui bahwa setelah menolak beberapa gagasan karena dianggap terlalu keras dan juga kurang cocok agar bisa dimainkan di gelanggang yang tertutup maka ia menuliskan beberapa peraturan.

Setelahnya, James mencoba untuk menuliskan atau menempelkan sebuah peraturan di keranjang yang ada di dinding ruang gelanggang olahraga dan juga meminta untuk para siswa bisa memainkan permainan yang diciptakannya tersebut.

Pertandingan ini akhirnya resmi disebut sebagai bola basket yang mana pertama kali diselenggarakan pada tanggal 29 Januari 1892 dan ada di tempat kerja Dr. James Naismith. Basket sendiri merupakan sebutan yang diucapkan oleh salah satu muridnya. Olahraga yang akhirnya terkenal di seantero Amerika Serikat.

Penemu bola basket yang mulai dikenal dan para penggemar dari olahraga ini juga ada di seluruh cabang di Amerika Serikat. Pertandingan jugadilaksanakan di seluruhkota negara bagian Amerika Serikat.

Awalnya, setiap tim memang berjumlah sekitar sembilan orang. Tidak ada dribble dan hanya ada lemparan untuk memberikan bola basket kepada pemain lainnya. Penemu bola basket yakni James menulis sendiri 13 aturan dasar yang merupakan awal dari peraturan dan juga ketentuan ketika ingin memainkan bola basket ini.

Baca Juga :  Penemu Faksimile - Alexander Bain
Penemu Bola Basket dan Sejarah Perkembangan Permainannya

Di tahun 1891, permainan dari bola basket ini memang pertama kali ditemukan dan dikenal. Kemudian di tahun 1894 sendiri peraturan juga resmi dibuat.

Bola basket juga secara official sudah dibukukan ke dalam perbendaharaan dengan bahasa Inggris dan akhirnya diterima di tahun 1895. Pertandingan ini akhirnya mulai disukai di berbagai wilayah dan menarik banyak orang.

Pertandingan dari kejuaraan bola basket yakni Far Eastern pertama diselenggarakan di tahun 1913. Waktu itu, Cina memang dikalahkan oleh Filipina sampai di final. Barulah di tahun 1918, permainan olahraga bola basket sendiri diperkenalkan ke sebagian negara di benua Eropa oleh para tentara penduduk dari Amerika dan juga anggota YMCA.

James Naismith memang dikenal sebagai penemu bola basket yang berawal dari keinginannya untuk membuat murid asuhannya tak bosan. Juga mencari olahraga yang bisa dilakukan di gelanggang tertutup tetapi tidak mengurangi sisi unik dan membuat orang lainmenjadi tertarik untuk memainkannya.

Guru olahraga ini memang terlihat begitu total ketika ingin menciptakan sebuah olahraga anti mainstream saat itu yang kemudian begitu populer di seluruh dunia.

Loading...