Penemu Faksimile – Alexander Bain

Penemu Mesin Pengirim Dokumen

penemu-faksimile

Penemu Faksimile – Kendati sempat populer sebagai media untuk berkirim surat, dewasa ini faksimile memang telah menurun pamornya sejak kemunculan email yang menawarkan berbagai kelebihan. Namun, apapun yang terjadi sekarang, faksimile atau sering disebut mesin faks tetaplah sebuah teknologi yang pernah banyak digunakan untuk mengirim dokumen.

Siapakah Penemu Faksimile ? Figurpedia akan membahasnya berikut ini.

Alexander Bain Sang Penemu Faksimile

Faksimile berasal dari kata Facsimile yang mempunyai arti menyalin sesuatu hingga menyerupai aslinya. Mesin faksimile memang digunakan untuk mengirim surat atau gambar ke mesin faksimile penerima dengan jaringan telepon. Mesin ini dapat mengirim dokumen secara cepat ke tempat yang jauh hanya beberapa saat saja.

penemu-faksimile

Alexander Bain

Penemu Faksimile pertama kali adalah Alexander Bain pada tahun 1843. Menurut Wikipedia ,Bain adalah seorang berkebangsaan Skotlandia yang dilahirkan pada tahun 1811 di Watten, Caithness. Profesinya adalah seorang pembuat jam. Bain meninggal di Kirkintilloch pada tahun 1877.

Baca Juga : Ibnu Al-Haitham Sang Penemu Kamera

Ide dari penemuan Faks dari Bain ialah keyakinannya bahwa kode Morse tidak hanya ditangkap oleh pendengaran, namun dapat juga ditangkap secara visual dan dapat dipergunakan media untuk mengirim informasi lainnya. Bain berhasil menggunakan pengetahuannya tersebut sebagai konsep dasar dari mesin faksimile modern.

Prinsip Kerja Mesin Faksimile

Cara kerja faksimile yang gagasan Bain adalah dengan menggunakan sinyal listrik yang di hasilkan oleh operator telegraf, sinyal akan melewati jenis kertas yang direndam dalam suatu bahan kimia. Sinyal menyebabkan bahan kimia menguap sehingga meninggalkan tanda dan pendek dalam kode Morse. Tanda ini berpotensi untuk mengirimkan informasi lebih cepat dan merekam lubang hasil tekanan dan dapat dikirimkan secara otomatis. Perangkat ini kemudian dikenal dengan nama telegraf kimia.

Baca Juga :  Biografi Abdul Somad - Ustadz Yang Sedang Naik Daun

Memang, konsep dasar dari teknologi faksimile adalah adanya penemuan telegraf. Pengiriman faksimile pun menggunakan jaringan telegraf, karena pada saat itu jaringan telepon belum ditemukan.

Kepopuleran Faksimile mulai meningkat ketika Komite Konsultasi International Telephonique at Telegraphique menetapkan standard untuk faksimile pada tahun 1983. Mesin Faks akhirnya menjadi kebutuhan penting dalam dunia bisnis.

Kendati saat ini ada internet yang bisa digunakan sebagai media untuk pengiriman berbagai file, mesin faksimile masih tetap digunakan. Bahkan, Faksimile menjadi fungsi lain dari printer All In One yang memungkinkan adanya faksimile, alat pemindai dan pecetak dalam satu perangkat.

Demikian sedikit pembahasan kita tentang Penemu Faksimile, semoga dapat menambah pengetahuan Anda sekalian.

Semoga Sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.