George Stephenson, Tokoh Penemu Kereta Api

penemu-kereta-api

Penemu Kereta Api – Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata kereta api? Meski hanya sebuah moda transportasi yang memiliki jalur khusus, siapa sangka bahwa tak sedikit mereka yang menjadi penggemar dari kereta api, lho! Seperti yang ada di Pasuruan, komunitas Railfans merupakan mereka yang suka terhadap moda transportasi darat ini.

Kereta api memang merupakan pilihan transportasi yang bisa dipertimbangkan ketika kamu melakukan perjalanan jauh. Sebab, perjalanan tidak akanterhambat macet dan membuat kita lebih santai. Siapakah sebenarnya penemu kereta api ini?

Para penemu moda transportasi dan benda-benda berharga lainnya tentu memiliki pengaruh penting. Mereka yang menemukan barang berharga ini dikenal sepanjang masa karena memberikan dampak yang luar biasa pada tiap orang.

Penemu kereta api juga diketahui membawa perubahan moda transportasi yang lebih baik, lebih cepat dan juga lebih nyaman. Selama ini kita lebih sering mendengar kata kereta api ketika mudik lebaran. Tak sedikit mereka berbondong-bondong untuk mudik menggunakan transportasi tersebut.

Seiring berjalannya waktu, kereta api memang mengalami perkembangan yang pesat. Juga dalam penggunaannya. Seperti para penumpang yang sekarang bisa memesan tiket secara online hingga sistem yang membuat mereka tidak lagi perlu berdesakan. Tak ada salahnya untuk tahu bagaimana sejarah dari kereta api ini, yuk simak ulasan berikut untuk mengenal siapakah penemu dari kereta api.

Profil Penemu Kereta Api

Penemu dari moda transportasi ini memang diketahui bernama George Stephenson. Ia lahir di sebuah kota yang bernama Wylam dan masuk ke dalam sebuah wilayah Northumberland yang ada di Inggris. George diketahui lahir pada tangga 9 Juni di tahun 1781. Juga, ia meninggal pada tanggal 12 Agustus di tahun 1848 pada usia 67 tahun.

loading...

Tentu penemuannya ini memang membawa dampak besar bagi perkembangan dunia transportasi sekarang ini. George diketahui memang berprofesi sebagai seorang insinyur kereta api yang mana dari kecil sudah bekerja sebagai pengembala sapi.

Baca Juga :  Penemu Faksimile - Alexander Bain

George juga mengembalakan sapi dan sering membantu sang ayah untuk bekerja di sebuah pertambangan. Tugas dari ayah George adalah memasukkan batubara ke dalam tungku mesin uap. Dikarenakan kegigihannya, ayah dari sang penemu kereta api ini memang pernah diangkat menjadi kepala mesin uap pada pertambangan tempat ia bekerja.

Meskipun posisinya sudah terasa mapan dan tak lagi susah seperti dulu namun dari George Stephenson sendiri tetap saja menyisakan waktu untuk belajar. Ia menggunakan waktu di malam harinya untuk kursus. Ketika sudah mahir untuk membaca abjad akhirnya dia mulai gemar untuk membaca semua buku yang memiliki korelasi atau hubungan dengan mesin.

Suatu waktu, George diberikan tugas agar bisa merancang sebuah mesin yang akan digunakan untuk mengganti peranan kuda dalam menarik kereta yang berisi batubara. George akhirnya mampu merancang sebuah mesin okomotif yang gerakkan oleh uap waktu itu. Mesin inilah yang dinamai dengan sebutan blucher. Disinilah disebut juga sebagai cikal bakal dari ide tentang kereta api dan ditemukan pertama kalinya.

Penemu kereta api yang tak lain George memang mendapatkan respon yang baik waktu itu. Dan ini juga membuatnya dipercaya sebagai insinyur agar bisa memimpin proyek pembangunan dan juga adanya pengembangan jalur kerta api yang pertama ada di dunia. Jalur ini disebut ada di Stokton-Darlington dan telah dibuka secara umum di tahun 1825.

Selanjutnya, George juga diketahui kembali dipercaya agar bisa terlibat dalam proyek pembangunan jalur kereta api yang ada di Liverpool Manchester yang dibuka untuk umum di tahun 1830. Hal ini membuat siapapun ingat bagaimana kereta api bermula. Berpuluh-puluh tahun yang lalu cikal bakal dari kereta api diketahui ditemukan oleh George Stephenson.

Baca Juga :  Penemu Sinar X - Wilhelm Röntgen

Tak hanya itu, ia juga pernah memenangkan kontes atau sebuah sayembara dalam memilih mesin yang paling terbaik digunakan untuk kereta api pada saat itu. Berkat kecerdasannya ini ia memenangkan kontes tersebut. George merancang sebuah mesin yang dinamakan Rocket.

Mesin ini memberi kontribusi yang cukup bagi peneliti selanjutnya yang menyempurnakan kereta api. Rocket juga masih bisa ditemukan sekarang ini karena diabadikan salah satunya di museum yang ada di London.

Satu Dari Beberapa Penemu Kereta Api

Memang dari beragam sumber yang ada, penemu kereta api ini tidak hanya satu melainkan dirangkai dari beberapa orang yang akhirnya bisa terwujud sempurna menjadi sebuah moda transportasi yang kita kenal sebagai kereta api sekarang ini.

Tetapi nama George Stephenson ini juga tak main-main karena memiliki kontribusi yang luar biasa terhadap perkembangan transportasi pada masa dulu hingga disempurnakan oleh kecanggihan teknologi sekarang ini.

Mengenal penemu kereta api memang membuat kita tahu bagaimana sejarah awal mula adanya transportasi tersebut. Karena adanya kereta api ini memudahkan siapa saja untuk mengunjungi lain daerah degan transportasi nyaman dan aman. Apakah kamu termasuk salah satu yang suka dengan transportasi kereta api? Faktor apa yang menurutmu paling menarik dan unik dari kereta api ini? []

Loading...