Penemu Radio Yang Turut Mengubah Dunia

penemu-radio

Penemu Radio – Seperti yang kita ketahui, radio menjadi salah satu alat komunikasi dan juga hiburan ketika pada zaman dimana belum ada yang namanya smartphone, WhatsApp dan sejenisnya. Selain itu, radio juga menjadi pembawa kabar kemerdekaan Republik Indonesia ke seluruh pelosok negeri yang diproklamirkan oleh Ir. Soekarno yang disambut suka cita oleh rakyat Indonesia.

Kendati Telegram lebih dulu ditemukan, namun kepopuleran radio tidak terbantahkan. Keunggulan radio adalah dapat digunakan dan diakses dimana saja hingga ke luar angkasa sekalipun. Hal inilah yang menjadi keunggulan radio jika dibandingkan dengan sebagian perangkat yang lain

Tahukah Anda siapa penemu radio yang pernah sangat populer dimasa nya ini?. Serta bagaimana perkembangan radio pada awal penemuannya. Jika anda penasaran atau sekedar ingin tahu, ada baiknya mengukuti pembahasan kami berikut ini.

Guglielmo Marconi Sang Penemu Radio

Guglielmo Marconi merupakan ilmuan asal Italia yang lahir di Bologna pada 1874. Ia berasal dari keluarga kaya dan terpandang. Ia juga mendapat pendidikan yang cukup baik. Ia mempunyai minat terhadap sains dan kelistrikan.  Oleh karena itu, ia memilih untuk kuliah di Institut Teknik Livorno dan Universitas Bologna.

Marconi tertarik dengan penelitian dari Heinrich Rudolf Hertz dan Oliver Lodge yang menemukan adanya gelombang elektromagnetik. Ia kemudian mendapati bahwa gelombang tersebut dapat digunakan untuk mengirim sesuatu secara nirkabel ketempat yang tidak terjangkau, seperti memberi kabar ke kapal yang berada dilaut yang tidak mampu dijangkau perangkat yang telah ada sebelumnya seperti telegram.

Penemu radio ini termasuk seorang pemuda yang jenius, pada saat itu usianya baru menginjak usia dua puluhan, namun ia berhasil menterjemahkan ide-idenya kedalam sebuah peralatan. Marconi membuat perangkat-perangkat yang dibutuhkan untuk merangkai sebuah radio pada tahun 1895.

loading...

Guglielmo Marconi kemudian berhasil mematenkan temuannya pada 1896 yang kemudian menjadi cikal bakal dari penemuan radio. Seperti diketahui, telegraf tanpa kabel temuannya menggunakan dua sirkuit yang dapat mengirim sinyal dengan jangkauan yang cukup terbatas (kurang dari 10 mil).

Baca Juga :  George Stephenson, Tokoh Penemu Kereta Api

Setelah mendapat hak paten atas penemuan radio, Marconi mendirikan perusahaannya. Ia juga belum puas dengan temuannya yang memiliki jangkauan yang cukup dekat. Kemudian Marconi kembali memperbaiki temuannya tersebut dan akhir mampu mengirim sinyal hingga melintasi selat Inggris. Tidak hanya itu, radio hasil penemuan Marconi kemudian berhasil mengirim kabar menyeberangi Samudera Atlantik pada 1901.

Salah satu bukti nyata manfaat penemuan radio pada waktu itu adalah kabar tentang tenggelamnya kapal S.S Republic pada 1909. Kabar rusaknya kapal tersebut terkirim via radio sehingga dapat dilakukan penyelamatan dan evakuasi secepatnya. Hanya enam orang penumpang kapal yang gagal diselamatkan, selebihnya berhasil dievakuasi dan dibawa ke darat. Marconi akhirnya meraih Hadiah Nobel atas penemuan radionya.

Pada tahun 1910,  Marconi berhasil dengan percobaannya untuk mengirim berita dengan komunikasi antar benua melintasi Atlantik dari Irlandia ke Argentina sejauh 6000 mil. Memang pada awalnya, berita yang terkirim melalui radio bukanlah lah seperti suara radio yang kita dengar sekarang. Namun, masih berupa tanda-tanda yang disebut kode Marconi.

Setelah sempat harus berurusan dengan pengadilan yang berlarut-larut dan berbagai kontroversi,  ia akhirnya memiliki hak paten terhadap radio setelah sang hakim memutuskan ia berhak memegang hak paten atas penemuannya yang revolusioner tersebut.

Guglielmo Marconi sang penemu radio ini tutup usia pada 20 Juli 1937 di Roma. Ia diketahui sempat menikah dua kali. Istri pertamanya adalah Beatrice O’Brien, mereka mendapat 3 orang anak. Pernikahan keduanya adalah dengan Countess Bezzi-Scali yang kemudian mendapat seorang putri bernama Elettra.

Tokoh lain yang berjasa sebagai penemu radio

Penemuan radio dan teknologinya bukan menjadi monopoli dari Guglielmo Marconi saja. Ada beberapa tokoh lain yang memberi kontribusi dan berjasa terhadap penemuan alat komunikasi yang satu ini.

Baca Juga :  Biografi Albert Einstein - Manusia Jenius

Ada nama John Ambrose Fleming yang menemukan tabung audio sebagai penerima. Kemudian ada nama Dr. Lee de Forest yang mengembangkan triode audition, yaitu sebuah teknologi tabung audio yang memungkinkan pengiriman sinyal gelombang suara dengan sistem tanpa kabel. Alat ini masih memiliki keterbatasan pada lemahnya sinyal yang diterimanya.

Lalu, ada lagi nama Edwin Howard Armstrong yang pada 1912 membuat perangkat bernama radio amplifier yang merupakan penguat gelombang radio. Alat ini berhasil meningkatkan sinyal sebesar 20 ribu kali per detik. Perangkat ini berhasil membuat suara radio lebih keras dan dapat didengar tanpa alat pembantu seperti earphone.

Selain itu, pada 1933 Armstrong juga berhasil menemukan komunikasi radio dengan sistem modulasi frekuensi (FM) yang tahan cuaca dan terkenal dengan suara yang lebih bening. Pada awalnya, penemuan radio ala Armstrong kurang populer akibat kondisi perekonomian dunia yang sedang carut-marut.

Akibat gejolak ekonomi tersebut membuat tidak ada perusahaan yang mau   menginvestasikan modalnya untuk pengembangan radio FM hasil kreasi Armstrong. Ia kemudian sampai harus merogoh kocek sendiri untuk mendirikan stasiun radio FM pertama pada 1940. Armstrong sang penemu radio FM ini diketahui mengalami depresi dan bunuh diri akibat usahanya membesarkan sistem radio FM yang membebani pikirannya.

Sistem FM baru populer pada era 1960-an. Ini ditandainya dengan menjamurnya stasiun radio FM yang berdiri di Amerika. Modulasi frekuensi kemudian menjadi sistem yang mendorong adanya gelombang mikro yang selanjutnya membuat sistem FM banyak dipakai dalam berbagai bidang komunikasi.

Penemuan radio oleh Guglielmo Marconi menjadi salah satu yang revolusioner dalam bidang komunikasi dan dianggap membuka jalan terhadap penemuan televisi.

Demikian pembahasan tentang penemu radio dan sedikit perkembangan radio serta beberapa tokoh yang berjasa terhadap perkembangan radio hingga radio kemudian menjadi seperti yang kita gunakan saat ini.

Loading...