Penemu Sinar X – Wilhelm Röntgen

penemu-sinar-x

Penemu Sinar X – Walau ketika muda prestasinya biasa-biasa saja, ia kemudian menjadi ilmuan terkemuka. Sang ahli fisika membuat sejarah ketika ia menyorot sinar katode ke tangan istrinya. Penemuan sinar yang kemudian dinamakan sinar-X atau dikenal juga sinar Röntgen ini mengantarnya meraih penghargaan Nobel Fisika pertama pada 1901.

Penemuan sinar X atau yang dikenal dengan juga dengan sinar Röntgen yang tentu saja sangat memberi kontribusi bagi dunia kesehatan modern, terutama bidang kedokteran diagnostik.

Dikutip dari Wikipedia, Sinar X adalah sebagai berikut :

Sinar-X atau sinar Röntgen adalah salah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang berkisar antara 10 nanometer ke 100 pikometer (sama dengan frekuensi dalam rentang 30 petahertz – 30 exahertz) dan memiliki energi dalam rentang 100 eV – 100 Kev.

Manfaat sinar X antara lain adalah digunakan dalam diagnosis gambar medis dan Kristalografi sinar-X. Sinar-X adalah bentuk dari radiasi ion dan dapat berbahaya.

Berikut pembahasan kita tentang Wilhem Röntgen sang penemu sinar X, yang sangat membantu untuk mendiagnosa kondisi kesehatan suatu organ tubuh bagian dalam yang tidak dapat dilihat langsung dengan mata biasa.

loading...
Biodata Wilhelm Röntgen

Nama Lengkap : Wilhelm Conrad Rontgen
Tempat dan Tanggal Lahir : Lennep, Jerman, 27 Maret 1845
Profesi : Ilmuan Fisika
Pasangan : Anna Bertha Ludwig

Biografi Wilhelm Röntgen – Penemu Sinar X

Ia terlahir dengan nama lengkap Wilhelm Conrad Röntgen, ilmuan fisika yang juga pencinta alam ini dilahirkan pada 27 Maret 1845 di Lennep, sebuah provinsi di Jerman. Ia merupakan anak satu-satunya dari keluarga yang berprofesi sebagai pembuat dan pedagang pakaian.

Ketika berusia tiga tahun, Wilhelm Röntgen dan keluarga pindah ke Apeldoorn, Belanda. Disini ia memulai babak baru dalam hidupnya ditempat yang baru pula.

Röntgen kemudian diketahui pernah menimba ilmu di sebuah sekolah berasrama bernama Institut Martinus Herman van Doorn. Pada saat ini, bakatnya tidak terlalu menonjol, ia malah menunjukkan kecintaannya pada alam.

Baca Juga :  Biografi George Eastman Sang Penemu Kodak

Sempat masuk sekolah teknik di Utrecht namun ia di drop out karena dituduh melecehkan guru. Kemudian ia belajar fisika di Universitas Utrecht pada 1865 dan kembali prestasinya biasa saja.

Setelah lulus dalam ujian seleksi, Wilhelm Röntgen kemudian diterima di jurusan rekayasa mekanik di Politeknik Zurich di Swiss. Rontgen kemudian mendapat bimbingan dari dosennya, Clausius dan ia bekerja di Laboratorium Kundt.

Röntgen berhasil meraih gelar Ph.D dari Universitas Zurich dan kemudian menjadi asisten Kundt. Mereka kemudian berangkat ke Wurzburg dan juga Strasbourg tiga tahun berselang.

Pada tahun 1874, Röntgen sempat menjadi pengajar di Universitas Strasbourg. Kemudian pindah ke Wurtemberg untuk menjadi guru besar di Akademi Pertanian Hohenheim pada 1875.

Karir Röntgen semakin cemerlang setelah kembali ke Strasbourg dan menjadi Guru Besar Fisika. Namun, tiga tahun kemudian ia hengkang ke Universitas Giessen dan menjadi Ketua Jurusan Fisika.

Pada tahun 1900, Wilhelm Röntgen menjadi Ketua Jurusan Fisika Universitas Munich dan fokus mengabdi dan menghabiskan sisa umurnya disana kendati mendapat banyak mendapat tawaran dari perguruan tinggi lain.

Hasil Karya Wilhelm Röntgen

Karya pertama yang dipublikasikandari penemu sinar X ini adalah yang berhubungan dengan panas gas yang spesifik pada tahun 1870. Dilanjutkan dengan paper tentang daya konduksi panas kristal.

Kendati mempelajari banyak hal dalam fisika, namun namanya kemudian terkenal sebagai penemu sinar X. Dia mempelajari fenomena yang menyertai lintasan arus listrik melalui gas yang bertekanan sanqat rendah. Penemuan Röntgen dalam bidang sinar katode ini membawanya kepada suatu penemuan jenis sinar yang baru.

Pada percobaan suatu percobaan dimalam tanggal 8 November 1895. Röntgen mendapati bahwa tube yang disimpan ditempat tertutup dalam karton tebal hitam, ketika ia bekerja dalam ruangan gelap, plat kertas yang satu sisinya tertutup Barium Platinocyanide bila diberi cahaya menjadi berpijar walau dalam jarak dua meter dari tube itu.

Baca Juga :  George Stephenson, Tokoh Penemu Kereta Api

Pada percobaan- percobaan selanjutnya, Wilhelm Röntgen mendapati bahwa obyek dengan ketebalan berbeda yang ditempatkan pada cahaya menperlihatkan transparasi yang berbeda pula ketika direkam dalam plat fotografi.

Salah satu percobaanya adalah menempatkan tangan istrinya dalam sorotan cahaya diatas plat fotografi, Rontgen ternyata dapat melihat gambar tangan istrinya ketika plat itu dicetak. Gambar bayangan tulang jari lengkap dengan cincin yang dipakai istrinya terlihat pada gambar rontgen pertama kali itu.

Dalam percobaan-percobaan selanjutnya, ia melihat bahwa cahaya baru ini dihasilkan oleh sinar katode yang ditembakkan pada obyek. Karena sifatnya yang tidak diketahui, maka ia memberi nama dengan sinar X.

Sosok Sederhana dan Pecinta Alam

Sebagai penemu sinar X yang berkontribusi besar bagi kemaslahatan umat manusia, Wilhelm Röntgen sangat dihormati dan mendapat beberapa penghargaan.

Beberapa ruas jalan dibeberapa kota diberi nama dengan namanya. Dia juga diganjar beberapa hadiah, medali dan gelar doktor kehormatan baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Kendati sebagai seorang ilmuan fisika terkenal, Wilhelm Röntgen adalah pribadi yang ramah, sederhana dan pendiam. Ia sangat mencintai alam dan petualangan, Röntgen dan teman-temannya sering melakukan ekspedisi untuk mendaki gunung.

Sebagai sosok yang bersahaja, Röntgen memilih bekerja sendirian tanpa asisten. Banyak peralatan kerjanya hasil buatan tangan dan eksperimennya sendiri.

Wilhelm Conrad Röntgen menikah dengan Anna Bertha Ludwig di Apeldoorn pada 1872.Sayang, Wilhelm dan istrinya tidak dikaruniai seorang anak. Ia kemudian mengadopsi Josephine Bertha Ludwig yang merupakan keponakan dari istrinya.

Empat tahu setelah sang istri tercinta meninggal dunia, Wilhelm Röntgen sang penemu sinar X akhirnya menyusul sang istri setelah ia terkena kanker usus. Ia meninggal pada 10 Februari1923 di Munich, Jerman.

Demikian pembahasan tentang ahli fisika Wilhelm Röntgen, penemu sinar X yang sangat bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia diseluruh dunia. []

Loading...