Penemu Televisi – Terinspirasi Dari Penemuan Radio

penemu-televisi

Penemu Televisi – Tak dapat dipungkiri jika televisi merupakan salah satu peralatan elektronik yang “wajib” ada dalam sebuah rumah tangga. Tak peduli kelas ekonomi sang pemilik rumah, entah itu kelas bawah sampai kelas konglomerat. Televisi memang menyajikan berbagai informasi yang mudah diakses oleh siapa saja dan murah meriah.

Sejak penemuan televisi dan kemunculan pertamanya, perangkat elektronik ini telah mengalami banyak perkembangan dan perubahan. Dari televisi dengan gambar hutam putih dan buram berubah menjadi televisi dengan gambar super bening dengan resolusi 8K.

Walau setiap hari anda duduk menghadap televisi dan menikmati siarannya, pernahkah terlintas dibenak anda tentang siapakah penemu televisi dan bagaimana kisah dan perjuangannya dalam menciptakan salah satu sarana hiburan yang paling umum dimiliki oleh setiap rumah tangga ini? Simak pembahasan kami tentang sosok penemu televisi berikut ini.

John Logie Baird Sang Penemu Televisi

John Logie Baird adalah seorang warga negara Skotlandia yang lahir di Helensburg pada 13 Agustus 1888. Ia terkenal sebagai penemu televisi. Semua itu bermula ketika berusaha mengotak-atik sebuah perangkat elektronik untuk mengirim gambar dan suara. Ia kemudian berhasil mengirim sebuah gambar kasar melalui transmiter ke perangkat penerima yang berjarak beberapa meter tanpa menggunakan kabel.

Berbicara latar belakang pendidikannya, John Logie Baird pernah mengenyam pendidikan teknik di Universitas Glasgow dan Technical College Royal. Latar belakang pendidikan, kesehatannya yang buruk dan faktor ekonomi membuat ia memilih dunia elektronik sebagai jalan hidupnya.

Ia menjadi penemu televisi salah satunya terinspirasi dari penemu radio, Guglielmo Marconi yang berhasil mengirim audio dengan jarak yang cukup jauh tanpa kabel. Ia berpikir bahwa sebuah sinyal visual juga mestinya dapat ditransmisikan ke perangkat penerima tanpa melalui sebuah kabel.

loading...
Sejarah Penemuan Televisi

Terinspirasi dari radio, pada 1923 John Logie Baird kemudian membuat sebuah perangkat untuk mewujudkan cita-cita mengirim gambar bergerak tanpa kabel. Ia kemudian menciptakan perangkat bernama Nipkow Disk. Sebuah perangkat dari disk karton berlubang persegi yang terletak dengan posisi spiral.

Baca Juga :  Biografi George Eastman Sang Penemu Kodak

Disk ini kemudian disatukan dengan photoelectriccell dan berputar, yang terjadi adalah bahwa disk ini akan memindai area terang dan gelap yang kemudian akan menghasilkan sinyal listrik. Disk ini kemudian disinkronkan dengan disk yang kedua, yang terjadi kemudian adalah sinyal listrik tersebut akan dikonversikan menjadi sebuah visual sederhana.

Walaupun John Logie Baird terlihat mencontek pemikiran Paul Nipkow pada Nipkow Disk yang digunakannya, namun sang penemu televisi ini sudah membuat suatu terobosan yang brilian pada waktu itu, yaitu membangun sebuah sistem  yang mampu mengirim sinyal via gelombang elektromagnetik. Bukan dengan kabel layaknya yang digunakan pasa saat itu.

Pada awal pengembangan sistem televisi yang diciptakan oleh John Logie Baird, ia tidak mendapat sponsor dan kesulitan keuangan untuk mengembangkan proyek nya tersebut. Para investor masih enggan dengan ide dari Baird dan menganggap hal tersebut tidak menarik dan terlalu beresiko.

Keadaan berbalik 180 derajat ketika percobaannya berhasil mengirim gambar tanpa kabel pertamanya.  Orang pertama yang nongol di televisi petama kali adalah seorang pemuda yang merupakan tetangganya.

Menjadi Terkenal dan Mendapat Investor

Keberhasilannya dalam menciptakan televisi pertamanya yang sederhana membuat ia menjadi terkenal dan dengan sendirinya ia mulai kedatangan para investor yang akhirnya tertarik dengan proyek televisi John Logie Baird. Hal ini secara tidak langsung meningkatkan kemampuan finansialnya yang sebelumnya dalam keadaan sulit.

Ya! Tokoh kita ini memang sebenarnya lemah secara finansial. Ia harus bekerja serabutan sebagai penjual sepatu dan pisau silet untuk membiaya hidupnya dan juga hobinya mengotak-atik mesin. Sebelum ia berhasil menjadi penemu televisi, keadaan begitu sulit baginya untuk menafkahi dirinya dan keluarga.

Baca Juga :  Biografi Albert Einstein - Manusia Jenius

Setelah mendapat investor, John Logie Baird kemudian mengembangkan sistem televisi ciptaannya. Hasilnya adalah ketika ia mampu mengirim sinyal gambar dan suara dari Glasgow ke London pada 1927. Tak lama kemudian ia juga berhasil mengirim sinyal audio visual dari Inggris di belahan benua Eropa menuju ke Amerika.

Perkembangan televisi bukan hanya melibatkan John Logie Baird, beberapa sumber menyebut bahwa terdapat beberapa ilmuan lain yang berjasa juga bagi perkembangn televisi modern. Kendati begitu, sejarah mencatat bahwa John Logie Baird lah yang pantas didapuk sebagai penemu televisi pertama kali.

John Logie Baird meninggal dunia ketika berusia 57 tahun di Bexhill, Sussex, Inggris, pada 14 Juni 1946 dan dikuburkan di Helensburgh Cemetery. Kendati telah tiada, televisi hasil karyanya selalu ada dalam setiap sudut rumah tangga, kafe, hotel dan tempat lainnya. Iya, televisi selalu ada dihati. Terima kasih John Logie Baird. [ ]

Loading...