Profil dan Biodata Afgan Syahreza

Profil dan Biodata Afgan Syahreza – Afgan Syahreza, rasanya tidak banyak orang yang tidak mengenal figur yang satu ini. Suaranya yang merdu dan wajahnya yang tampan membuat ia menjadi salah satu penyanyi papan atas Indonesia. Lagu ‘Terima Kasih Cinta’ membuat namanya melambung di belantika musik Indonesia.

Tentunya banyak orang Ingin kenal lebih dekat dengan Afgan Syahreza yang populer tidak hanya di Indonesia, namun juga dinegeri jiran, Malaysia. Simak Profil, Biodata, Kisah Hidup dan Perjalanan Karir Afgan Syahreza berikut ini.

Biodata Afgan Syahreza
  • Nama lengkap : Afgan Syahreza
  • Tempat tanggal lahir : Jakarta, 27 Mei 1989
  • Orang tua : Loyd Yahya (Ayah) dan Lola Purnama (Ibu)
  • Saudara : Dheri Kharisma, Dhika Claresta dan Arsya Satya Yudha
  • Agama : Islam
  • Dikenal sebagai : Penyanyi dan Pemain Film
  • Genre Musik :Pop, R&B, soul, jazz
  • Tinggi Badan : 172 cm
  • Akun media sosial : @afgansyah.reza (Instagram) dan @afgansyah_reza (Twitter)
Awal Kehidupan

Afgan Syahreza atau popular dengan nama Afgan merupakan penyanyi solo papan atas Indonesia yang lahir di Jakarta pada 27 Mei 1989 dari pasangan Loyd Yahya (Ayah) dan Lola Purnama (Ibu). Afgan merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Meski lahir di Jakarta, namun Afgan mempunyai darah Minang.

Berbicara tentang Profil dan Biodata Afgan, tidak lengkap jika tidak membahas tentang pendidikannya. Afgan memulai pendidikannya dengan bersekolah di SD Islam Sudirman (1995-2001), kemudian lanjut ke SLTP Islam Sudirman (2001-2004). Afgan mengenyam bangku pendidikan menengah atas di SMA Negeri 34 Jakarta (2004-2007).  Ditingkat perguruan tinggi, Afgan kuliah di Universitas Indonesia Fakultas Ekonomi (2007-2008) dan Monash University Malaysia (2011-2013).

Baca Juga :  Biografi Agnes Monica, Penyanyi Cantik Multi Talenta

Afgan memang terlahir dari keluarga penggemar musik, tidak mengherankan jika ketika kecil ia telah menyukai musik. Kemudian, dimasa remaja ia telah sering menyanyi di acara yang dibuat sekolah.

Karir Musik Afgan Syahreza

Bakatnya mulai terendus produser ketika ia dan teman-teman secara iseng merekam suara mereka untuk kepentingan pribadi pada WannaB Instant Recording Studio. Pihak WannaB Instant Recording Studio kemudian tertarik ketika mendengar suara Afgan dan mengajaknya bekerja sama.

Walau pada awalnya sempat ragu, akhirnya pada 2008, Afgan mau bekerja sama dan merilis album “Conffession No.1” yang berisikan 13 lagu dengan warna musik pop, soul, jazz, dan R&B. Dua single “Terima Kasih Cinta” dan “Sadis” dalam album tersebut ternyata sukses dan melambungkan nama Afgan dibelantika musik Indonesia.

Lagunya itu berhasil menduduki top chart di berbagai radio ditanah air. Kesuksesan album debut Afgan membuat Ia diganjar Best Artist of The Year dan Favorit Artist dalam ajang MTV Indonesia Awards 2008. Penghargaan Penyanyi solo pria terbaik dari Anugerah Musik Indonesia 2009 dan Album solo terbaik dari SCTV Music Awards 2009.

Bulan ramadhan Tahun 2009, Afgan merilis mini album bertajuk “Bersihkan Dirimu”. Album ini menjagokan Pada-Mu Kubersujud dan Pencari Jalan-Mu sebagai lagu utamanya.

Selanjutnya, Afgan kembali mengeluarkan album bertajuk “The One”, album ini menjagokan single “Bukan Cinta Biasa” sebagai lagu unggulannya.Lagu “Bukan Cinta Biasa” juga menjadi soundtrack dari film dengan judul yang sama. Berkat album ini, ia menyabet penghargaan di ajang SCTV Music Awards 2010 kategori Penyanyi Solo Pria Ngetop.

Tahun 2011, Afgan fokus kuliah di Monash University Malaysia dan ia tidak mengeluarkan album baru. Walau begitu, ia tetap setia dengan penggemarnya dengan bolak-balik Indonesia-Malaysia.

Baca Juga :  Profil dan Biografi Kahlil Gibran - Penyair Terkenal

Selesai kuliah, tepatnya tahun 2013 Afgan kembali mengeluarkan album baru dengan titel “L1ve to Love, Love to L1ve”. Album yang menjadikan “Jodoh Pasti Bertemu” ini terjual 500.000 kopi dan distribusinya dibantu oleh KFC Indonesia.

Tahun 2015, Afgan menggandeng Erwin Gutawa untuk menggelar konser tunggalnya dengan titel “DARI HATI” di Plenary Hall Jakarta Convention Center pada 14 Februari 2015. Ia juga terpilih sebagai salah satu juri di ajang X Factor indonesia season 2.

Afgan kembali merilis album ditahun 2016 berisi 13 lagu dengan tajuk “SIDES”. Ia menggandeng rapper asal Malaysia, SonaOne dalam salah satu lagunya berjudul “X”. Berkat kolaborasi ini, ia menyabet Kolaborasi Terbaik di Anugerah Planet Muzik 2017.

Karir Akting Afgan Syahreza

Selain berkarir sebagai penyanyi, ternyata penyanyi berlesung pipit ini juga berbakat didunia seni peran. Afgan tercatat pernah jadi cameo dalam film “Bukan Cinta Biasa” pada tahun 2009. Baru pada film keduanya, “Cinta 2 Hati” ia mendapat peran utama bermain bersama Tika Putri dan Olivia Jensen.

Tahun 2013, Afgan tampil dalam film ketiganya bertajuk “Refrain”. Dalam film yang disutradarai oleh Fajar Nugros ini, Afgan bermain bersama antara lain Maudy Ayunda dan Chelsea Islan.

Dalam hal asmara, Afgan pernah digosipkan dekat dan berpacaran dengan beberapa selebritis Indonesia, antara lain : Thalita Latief, Agnes Monica,  Olivia Jensen Lubis. Raisa dan juga Rossa. Ia juga diketahui pernah berpacaran dengan Arlene Rainamira Adiningrat yang berprofesi sebagai dokter.

Demikian Profil dan Biodata Afgan Syahreza, seorang penyanyi dan aktor Indonesia yang telah mencapai ketenaran dan kesuksesan diusia yang masih muda. Semoga dapat memberi inspirasi kepada pembaca sekalian.

Foto : akun instagram @afgansyah.reza

Share