Profil dan Biodata BLACKPINK – Idol Korea Sensasional

Enam tahun dilatih sebelum terkenal

Profil dan Biodata BLACKPINK – BLACKPINK merupakan idol grup dari Korea Selatan yang terdiri dari wanita cantik dan aduhai,  memiliki kemampuan olah vokal dan menari yang memukau penggemarnya diseluruh dunia.

Gelombang budaya K-Pop memang sedang melanda dunia, tidak saja drama Korea yang terkenal berhasil menyihir penonton. Aksi-aksi K-Pop idol seperti BLACKPINK pun membuat negara Korea Selatan semakin terkenal dan harum diseluruh dunia.

Sebagai girl grup yang fenomenal, segala sesuatu tentang BLACKPINK sangat menarik untuk diketahui. Yuk mari disimak Profil dan Biodata BLACKPINK, Profil dan Biodata Member BLACKPINK beserta beberapa fakta menarik tentang girl grup sensasional tersebut.

Biodata BLACKPINK

Nama grup : BLACKPINK

Negara Asal : Korea Selatan

Debut : 8 Agustus 2016

Agensi : YG Entertainment

Member : Jennie, Lisa, Jisoo dan Rose.

BLACKPINK adalah sebuah grup idol asal Korea Selatan yang dibentuk oleh YG Entertainment yang diawaki oleh empat orang dara seksi nan cantik, mereka adalah Jennie, Lisa, Rose dan Kim Jisoo.

Sejarah Awal Berdiri BLACKPINK

YG Entertainment sebagai salah satu agensi artis terbesar di Korea Selatan berhasil mengorbitkan BLACKPINK setelah 2NEI yang debut tahun 2009 hengkang dari agensi tersebut. Layaknya artis Korea lain, BLACKPINK juga disiapkan secara matang dan waktu yang lumayan lama sebelum mereka sukses seperti sekarang.

BLACKPINK telah dipersiapkan jauh hari oleh YG Entertainment sebagai penerus kejayaan agensi mereka yang sebelumnya berjaya bersama 2NEI. Ini terbukti dengan sebuah teaser yang diunggah YG Entertainment pada 10 Mei 2012 yang memperlihatkan beberapa orang gadis menari.

Boss YG Entertainment berpromosi dan sesumbar bahwa ia telah menemukan penerus 2NEI dengan merilis video trainee atau pelatihan calon artis dibawah manajemen mereka.

Juli dan Agustus tahun 2012, YG kembali merilis video sekelompok gadis belia sedang menari dengan dan dipromosikan sebagai 2NEI masa depan dan mereka diisyaratkan akan bernama Pink Punk.

Ketika akan debut, mereka memilih nama BLACKPINK dan meninggalkan nama Pink Punk, dari tujuh orang orang yang trainee dan dipersiapkan oleh YG Entertainment, hanya menyisakan empat orang yang sekarang ini menjadi personil BLACKPINK.

Sebelum debut bersama BLACKPINK, YG juga lihai mempromosikan mereka dengan melibat masing-masing member dalam proyek-proyek senior mereka di YG Entertainment.

BLACKPINK debut pada 8 Agustus 2016, empat bulan setelah 2NEI bubar. BLACKPINK kemudian menjadi girl grup tunggal dari YG Entertainment. Kesuksesan mereka terbilang cukup cepat, bersama BTS mereka menjadi grup Korea Selatan dengan peringkat tertinggi di chart lagu Amerika.

Album BLACKPINK

Debut BLACKPINK ditandai dengan keluarnya album ‘Square One’ yang rilis pada 8 Agustus 2016. Album ini menjagokan dua single, ‘Boombayah’ dan ‘Whistles’ sebagai andalannya.

Debut mereka sukses dengan single mereka berhasil nongkrong diperingkat pertama tangga lagu Billboard World Digital Songs. Selain itu, tembang ‘Whistle’ merajai lagu yang didownload di Gaon Chart bulan Agustus 2016.

Baca Juga :  Biodata Nissa Sabyan - Penyanyi Gambus Zaman Now

Video musik mereka banyak di tonton secara streaming di China. Album Square One kemudian mendapat penghargaan di Inkigayo. Mereka memecahkan rekor sebagai girl grup tercepat yang mampu mendapat penghargaan setelah debut selama 14 hari.

Album bertajuk ‘Square Two’ dirilis pada 1 November 2016 dengan single ‘Playing with Fire’ dan ‘ Stay’ sebagai lagu andalan. Lagu ‘Playing with Fire’ kembali mengangkat nama BLACKPINK dengan tampil dipuncak Billboard World Digital Songs Chart.

Tahun 2018, BLACKPINK kembali merilis mini album bertajuk ‘Square Up’ dengan mengandalkan lagu ‘Ddu-du Ddu-du’ hasil kreasi produser kondang di YG Entertainment, Teddy Park.

Kembali BLACKPINK meraih sukses dengan berbagai prestasi. Lagu ‘Ddu-du Ddu-du’ masuk tangga Hot 100 & Billboard 200 di posisi  55. Video mereka ditonton jutaan viewer dalam waktu singkat serta mengantarkan mereka berkolaborasi dengan Dua Lipa  di lagu ‘ Kiss & Make Up’.

Profil dan Biodata Member BLACKPINK

Membahas Biodata BLACKPINK tidaklah lengkap jika kita tidak membahas biodata para membernya yang terdiri dari empat perempuan cantik dan seksi yang jago sebagai penyanyi sekaligus menari.

Mereka tidak mendapat kesuksesan segampang membalikkan telapak tangan dan mereka tidak menjadi artis secara instan. Mereka ini adalah para personil yang tersisa dari tujuh orang cewek yang trainee di YG Entertainment sebelum debut. Para member BLACKPINK ini harus berlatih selama hampir enam tahun untuk menjadi seperti sekarang ini.

1. Profil dan Biodata Jennie BLACKPINK

Profil dan Biodata Member BLACKPINK adalah tentang Jennie, ia dilahirkan di Anyang, Gyeonggi, Korea Selatan pada 16 Januari 1996 dengan nama lengkap Jennie Kim. Selain dipanggil Jennie, nama lainnya adalah Jendeuk.

biodata-blackpink

Jennie BLACKPINK – Foto : Instagram.com/jennierubyjane

Walau lahir di Korea, Jennie sempat menghabiskan masa kecilnya di Selandia Baru dan bersekolah di negeri Kiwi tersebut. Pendidikan yang pernah ditempuh oleh Jennie BLACKPINK antara lain : Cheongdam Middle School, Waikowhai Middle School, Cheongdam High School dan ACG Parnell College

Di BLACKPINK, Jennie menempati posisi sebagai Main Rapper, Lead Vocal dan Center. Wanita cantik bertubuh setinggi 163 cm ini menjadi trainee dan berlatih di YG Entertainment selama enam tahun sejak 2010. Jennie bergabung dengan agensi tersebut ketika berumur 14 tahun.

Sebelum debut bersama BLACKPINK, Jennie sempat tampil dalam video klip G-Dragon dan bahkan berkolaborasi dengannya di single bertajuk ‘Black’ , G-Dragon merupakan salah satu member BIGBANG yang juga dibawah naungan YG Entertainment. Jennie banyak mendapat bimbingan dari G-Dragon tentang bagaimana perform dipanggung dan dihadapan kamera.

Selain dengan G-Dragon, Jennie pernah berkolaborasi juga dengan member BIGBANG lainnya, Seungri dalam lagu ‘GG Be’. Selain kemampuan olah vokal dan menari yang baik, Jennie juga piawai meniup seruling dan memainkan piano.

2. Profil dan Biodata Lisa BLACKPINK

Berikutnya adalah Profil dan Biodata Lisa BLACKPINK. Cewek yang satu ini merupakan member termuda atau ‘Maknae’ di BLACKPINK. Lisa terlahir di Bangkok pada 27 Maret 1997. Nama aslinya adalah Panpriya Manoban, namun ia dikenal juga dengan Lalisa Manoban, Liz, Pokpak, Flying Lisa, Gajah Lisa, Jolisa, Liamrio, RyeoLisa.

biodata-lisa-blackpink

Lisa BLACKPINK atau Lalisa Manoban – Foto : Instagram.com/lalalalisa_m

Lisa BLACKPINK berposisi sebagai lead rapper, main dancer dan sub vocalist. Lisa merupakan satu satunya personil BLACKPINK yang tidak berdarah Korea, ia memiliki darah Thailand dan mengikuti audisi di Thailand dan resmi menjalani pelatihan mulai April 2011.

Baca Juga :  Biografi Pablo Picasso - Maestro Pelukis

Lisa sudah suka sejak kecil, ia diketahui pernah punya grup tari bernama Wee Zaa Cool. Rekannya yang berlatih disini juga ada yang jadi idol sepertinya di Korea, mereka adalah Bambam yang jadi member GOT7 dan Ten yang gabung di NCT U.

Berasal dari Thailand membuat Lisa pada awalnya agak susah beradaptasi karena kesulitan bahasa. Oleh karena itu, selain mengikuti trainee Lisa juga harus belajar bahasa Korea. Ia belajar dengan cara ikut les bahasa dan dengan menonton film atau drama Korea.

Seperti Jennie BLACKPINK, Lisa juga sempat muncul sebagai penari latar untuk lagu ‘Ringa Linga’ dari personil BIGBANG, Taeyang. Selain itu, ia juga terlibat iklan NONA9ON.

3. Profil dan Biodata Rose BLACKPINK

Selanjutnya kita mengulas tentang Rose BLACKPINK, Rose bernama lengkap Park Chae Young, namun dikenal juga dengan Roseanne Park. Rose sebenarnya adalah asli Korea, namun dilahirkan di Selandia Baru dan besar di Australia.

biodata-lisa-blackpink

Lisa BLACKPINK – Foto : Instagram.com/roses_are_rosie

Rose dilahirkan di Auckland, Selandia Baru pada 11 Februari 1997. Ia merupakan anak kedua dari dua orang perempuan bersaudara.  Ia diketahui pernah mengenyam pendidikan di Canterbury Girl Secondary College. Selain bahasa Korea, Rose juga menguasai bahasa Inggris dan Jepang

4. Profil dan Biodata Jisoo BLACKPINK

Profil dan Biodata Member BLACKPINK yang terakhir adalah tentang Jisoo BLACKPINK. Nama lengkapnya adalah Kim Ji-soo, selain dikenal dengan nama Jisoo, panggilan lainnya adalah Jichu dan Chichoo. Jisoo lahir di Seoul, Korea Selatan  pada 3 Januari 1995. Jisoo diketahui mempunyai saudara laki-laki dan perempuan.

biodata-member-blackpink

Jisoo BLACKPINK – Foto : Instagram.com/sooyaaa__

Jisoo sudah populer dimata orang-orang disekitanya sejak dari kecil karena kecantikannya dan keramahannya. Jisoo diketahui pernah bersekolah di Yongho Middle School dan ia cukup terkenal disana.

Jisoo bergabung dengan YG Entertainment pada Agustus 2011 dan menjadi trainee selama lima tahun hingga BLACKPINK debut di 2016. Berbeda dengan seperti member BLACKPINK lainnnya yang direkrut YG dari audisi di luar negeri, Jisoo merupakan satu-satunya member BLACKPINK yang lolos dari audisi di Korea Selatan.

Sama seperti rekannya se-grup, Jisoo juga sering muncul dalam beberapa proyek seperti video klip dan iklan. Jisoo BLACKPINK pernah tampil di video klip dari Epik High berjudul ‘Spoiler’ dan ‘Happen Ending’, kemudian tampil lagi dalam ‘I’m Different’ dari Hi Suhyun feat. Boby Ikon tahun 2014.

Selain itu, Jisoo juga tampil dalam beberapa iklan. Ia pernah menjadi model iklan Smart Uniform dan LG Stylus2. Tahun 2015 ia juga pernah tampil menjadi cameo dalam sebuah drama Korea bertajuk ‘The Producer’.

Di BLACKPINK, Jisoo yang bertinggi badan 162 cm ini menempati posisi sebagai Lead Vocal dan Visual. Jisoo sering disebut sebagai artis yang paling cantik dibawah manajemen YG Entertainment.

Demikian Profil dan Biodata BLACKPINK beserta biodata member BLACKPINK ini, semoga anda semakin mengenal girl grup dari Korea Selatan yang namanya sedang menanjak dalam blantika musik dunia. Semoga bermanfaat. [ ]