Profil dan Biodata BTS – Band Korea Yang Mendunia

Dari Korea Untuk Dunia

Profil dan Biodata BTS – Bangtan Boys atau yang lebih populer dengan nama BTS adalah grup band asal Korea Selatan yang sudah mendunia. Mereka menjadi idola terutama bagi pemuja perempuan diberbagai belahan negara termasuk Indonesia.

Demam budaya Korea atau yang dikenal Korean Wave atau Hallyu tidak hanya melanda Korea dan kawasan Asia semata, namun telah merambah keberbagai belahan dunia dan tentunya Indonesia. Selain terkenal dengan film dan drama nya yang berhasil menyedot emosi penonton, musik Korea juga berhasil melahirkan penyanyi berbakat yang menjadi idola seluruh dunia. Salah satunya adalah boysband BTS.

Menarik untuk disimak bagaimana Profil, Biodata Member BTS dan Fakta Member BTS. Mari simak ulasan kami  tentang BTS secara lengkap berikut ini.

Profil dan Biodata BTS

Bangtan Boys atau BTS adalah grup penyanyi pria asal Korea Selatan yang beranggotakan tujuh orang pria tampan. Mereka dibentuk dan bernaung dibawah Big Hit Entertainment.

Big Hit Entertainment sebenarnya bukanlah sebuah agensi besar di Korea Selatan layaknya SM, YG, atau JYP yang terkenal sebagai agensi besar. Namun, Big Hit Entertainment yang didirikan oleh Bang Si-Hyuk pada 1 Februari 2005 ini berhasil mengorbitkan BTS menjadi idola dunia.

Para personil BTS yang punya penggemar fanatik bernama ARMY ini terdiri dari Rap Monster (RM), Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook. ARMY, basis penggemar berat BTS merupakan singkatan dari Adorable Representative MC for Youth.

Debut dan Album BTS

BTS sebenarnya dijadwal debut pada tahun 2010, namun karena ada perubahan konsep. Awalnya BTS dibentuk sebagai Duo Rapper yang di isi oleh Rap Monster dan Hunchul yang merupakan artis dibawah naungan Big Hit. Namun konsep kemudian berubah, ide duo rapper diganti menjadi grup dengan lebih banyak member, setelah bongkar pasang dan menambah personil, jadilah BTS seperti sekarang ini.

BTS debut pada 13 Juni 2013 dengan merilis album berjudul “2 Cool 4 Skool” dengan single andalan “No More Dream”. Debut mereka berbuah manis, album mendapat sambutan yang luar biasa dari penikmat musik Korea. BTS diganjar penghargaan sebagai Artis Pendatang Baru Terbaik dalam ajang MelOn Music Award dan Golden Disk Award tahun 2013 serta Seoul Music Award 2014.

Kemudian mereka merilis trilogi album bertajuk The Most Beautiful Moment In Life yang lagunya sukses merajai chart lagu di Korea dan bahkan di Amerika. Selain itu, BTS diganjar beberapa penghargaan termasuk sebagai Best World Performer di ajang MAMA Awards dan Best Korean Act di gelaran MTV EMA.

Tahun 2017, BTS merilis album You Never Walk Alone yang merupakan daur ulang dari album WINGS dengan single utama bertajuk Spring Day dan Not Today yang sukses besar di Korea Selatan dan beberapa negara lain termasuk Indonesia dan Amerika Serikat.

Masih di 2017, BTS mèngeluarkan mini album dengan judul Love Yourself : Her dengan komposisi sembilan single dan dirilis pada 18 September 2017. Album ini mecetak rekor dengan pembelian diangka satu juta selama pre order. Album ini juga menjadi album pertama artis K-Pop yang menjual album fisik di toko online Amazon. Beberapa singlenya sukses bertengger peringkat atas di US iTunes album.

Tahun 2018, BTS merilis album lanjutan dari trilogi album Love Yourself. Album kali ini bertajuk Love Yourself : Tear yang dirilis pada 18 Mei 2018 dan dilanjutkan dengan bagian ketiga berjudul Love Yourself : Answer yang dikeluarkan pada 24 Agustus 2018. Seperti biasa, setiap album BTS dan singlenya sukses besar dibelantika musik dunia konser mereka dipadati fans fanatik mereka.

Profil dan Biodata Member BTS
1. Profil dan Biodata Rap Monster BTS

Profil dan Biodata Member BTS yang pertama adalah Rap Monster atau RM. Ia bernama asli Kim Nam Joon, ia dilahirkan di Ilsan pada 12 September 1994. Ia adalah Rap Leader dan Main Rapper di Bangtan Boy atau BTS.

biodata-bts

Rap Monster – Member BTS

Dalam keluarganya, Pria yang memiliki tinggi 181 cm dan berat 67 kg ini merupakan anak lelaki satu-satunya dan merupakan yang tertua dari dua bersaudara, adiknya seorang wanita bernama Kim Geong Min. Rap Monster merupakan anak yang jenius ketika masih bersekolah dengan IQ 148.

Baca Juga :  Biodata Gus Azmi Beserta Profil Lengkapnya

Sebelum di BTS, ia aktif sebagai rapper underground dan pernah berkolaborasi dengan Zico dari Block B. Jika Zico memiliki nama panggung Nasceo, Rap Monster populer dengan sebutan Runch Randa. Selain itu, ia juga pernah tergabung dengan grup hip hop bernama Daenamhyup.

Rap Monster memang sejak dari 2007 bercita-cita menjadi seorang Rapper. Ia bergabung dengan Big Hits Entertainment pada 2010. Setelah menjadi Trainee selama tiga tahun, barulah ia debut bersama BTS.

2. Profil dan Biodata Jin BTS

Profil Member BTS selanjutnya adalah profil dari Jin. Member BTS yang hobi memasak ini memiliki nama kecil Kim Seok Jin. Jin merupakan personil atau member BTS yang paling senior secara usia, ia dilahirkan pada 4 Desember 1992 di Gwacheon, Korea Selatan.

Profil-dan-biodata-member-BTS

Kim Seok Jin atau Jin Member BTS

Di BTS, Jin tampil sebagai vokalis dan visual dalam grup yang sudah konser diberbagai negara tersebut. Pria penyuka anime ini training selama tiga tahun sebelum debut. Kemampuan memasaknya yang lebih baik dari Member BTS yang lain membuat Jin menjadi juru masak di dorm tempat member BTS tinggal.

Jin memiliki tubuh yang bagus sehingga rekannya sesama member BTS, Jungkook iri dengan bentuk tubuh Jin. Walau Jin mempunyai peran sebagai vokalis dan member sebuah grup band terkenal, Jin mengaku bahwa ia adalah seorang penggemar dari T.O.P Big Bang dan menjadikannya sebagai panutan dalam bernyanyi.

3. Profil dan Biodata Suga BTS

Profil dan Biodata Member BTS berikutnya adalah tentang Biodata Suga BTS. Suga mempunyai nama lengkap Min Yoon Gi, Suga lahir pada 9 Maret 1993 di distrik Buk, Daegu dan ia anak kedua dari dua bersaudara. Suga merupakan lead Rapper di BTS. Sama seperti member BTS yang pertama, Rap Monster, Suga juga berlatar belakang seorang rapper underground  berjuluk “Gloss” yang cukup terkenal di Daegu.

biodata-j-hope-bts

Min Yoon Gi atau J-Hope BTS

Nama “Suga” ia dapatkan berkat pemberian dari Bang Si-Hyuk yang merupakan boss Big Hit Entertainment. Ada beda pendapat tentang asal mula pemberian nama Suga bagi Min Yoon Gi. Versi pertama mengatakan bahwa nama Suga merupakan kata lain dari Sugar yang berarti gula, untuk menggambarkan senyumnya yang manis. Versi yang lain mengatakan Suga merupakan singkatan dari Shooting Guard, posisi Min Yoon Gi di tim basket di sekolahnya.

Penyuka Piano ini bergabung bersama dalam agensi Big Hit Entertainment pada 2010 setelah menjadi runner up dalam audisi yang gelar oleh agensi tersebut. Di BTS ia dianggap sebagai bapak BTS karena sifatnya yang tegas dan blak-blakan. Ia akan memarahi member BTS lainnya jika sering melakukan kesalahan. Bersama Jin, ia adalah Big Brother di BTS.

Selain berkarir bersama BTS, Suga juga bersolo karir dengan nama panggung Agust D. Album Mixtape pertamanya bertajuk Agust D yang dirilis pada 16 Agustus 2016. Video klip dalam album ini ternyata mendapat jutaan viewer walau baru beberapa saat diunggah di Youtube.

4. Profil dan Biodata J-Hope BTS

Profil Member BTS berikutnya yang menarik diketahui adalah Profil dan Biodata J-Hope, Nama aslinya adalah Jung Ho Seok, ia dilahirkan pada 18 Februari 1994 di Gwangju, Korea Selatan. Pria tampan bertinggi 176 cm dan berat 58 kg ini berposisi sebagai Rapper, Sub Vocal, Lead Dancer di BTS. Selain itu, ia juga mahir menulis lagu dan berperan sebagai produser rekaman.

J-Hope merupakan member ketiga yang bergabung sebagai trainee setelah Rap Monster dan Suga. Nama J-Hope merupakan keinginannya untuk mewakili harapan fans dan BTS. J-Hope terlibat dalam setiap pembuatan album BTS. Sebelum bergabung dengan BTS, nama panggungnya adalah Smile Hoya.

Baca Juga :  Profil dan Biodata BLACKPINK - Idol Korea Sensasional

Kemampuan nge-rap  dan dance J-Hope terasah berkat pernah belajar rap dan dance disebuah akademi terkenal di Gwangju. Selain J-Hope, beberapà Idol lain yang pernah belajar disini antara lain adalah : Seungri Big Bang dan Yunho TVXQ.

Di BTS, para member BTS yang lain menganggap J-Hope sebagai ibu bagi para member lainnya. Ia bisa merubah suasana kaku menyenangkan dan pintar membuat orang tertawa. Menurut V, member BTS lainnya, J-Hope BTS laksana Doraemon yang sering menemukan solusi dari bermacam hal yang mereka hadapi.

5. Profil dan Biodata Jimin BTS

Biodata member BTS berikutnya adalah tentang Jimin BTS yang berposisi sebagai vocal dan dancer di Bangtan Boys atau BTS. Nama lengkapnya adalah Park Ji Min, ia dilahirkan sebagai anak pertama dari dua bersaudara pada 13 Oktober 1995 di Geumjong, Busan, Korea Selatan.

biodata-member-BTS

Jimin BTS

Jimin BTS merupakan member yang paling singkat menjalani trainee atau pelatihan di BTS. Ia bergabung di Big Hit Entertainment pada tahun 2012 dan debut bersama BTS pada 13 Juni 2013. Jimin BTS sempat menempuh pendidikan disebuah sekolah tinggi di Busan sebelum kemudian ia pindah ke Korea Arts Hight School dan bertemu V BTS disana.

Jimin BTS yang betinggi badan 174 cm merupakan member BTS yang bertubuh terpendek dibandingkan member lainnya. Jimin mengaku bahwa ia seorang fans dari Rain dan Taeyang Big Bang. Jimin sempat mengaku tidak percaya diri dengan pipinya yang tembem dan merasa terbebani dengan keinginan ARMY yang mau perutnya harus six pack.

Jimin BTS pernah mengalami ancaman penembakan oleh hater. Ia pernah teror satu kali pada tahun 2017 dan dua kali ditahun 2018. Namun Jimin mengaku tidak takut karena ia yakin para pengawalnya mampu menjaga keamanan dirinya dan personil BTS lainnya.

6. Profil dan Biodata V BTS

Member BTS berikutnya adalah personil yang menempati posisi vokalis dan juga penari, Kim Tae Hyung atau nama panggungnya V BTS. V dilahirkan pada 30 Desember 1995 di Distrik Seo, Daegu, Korea Selatan. V memiliki dua saudara dalam keluarganya, satu laki dan sisanya seorang perempuan.

biodata-BTS

V member BTS

V member BTS bergabung dengan Big Hit Entertainment pada 2011. Ia lolos dalam audisi yang diadakan oleh Big Hit di Daegu dan menjalani pelatihan selama dua tahun sebelum debut 13 Juni 2013 bersama BTS.

Selain dipanggil V, ia juga mendapat nickname atau julukan BlankTae. Lelaki bertinggi 178 cm dipanggil V oleh temannya karena nama itu gampang disebut dan diingat. Kemudian, julukan BlankTae didapatnya karena ekspresi nge-blank yang sering ia tunjukkan. Ia juga memiliki kepribadian yang tak terduga yang di Korea dikenal dengan istilah 4D.

V pernah belajar di Korea Arts High School dan disanalah ia bertemu Jimin, yang kemudian menjadi rekannya di BTS. Selain kemampuan olah vokal, V BTS juga berbakat dalam bdang seni peran. Ia diketahui pernah bermain sebagai Hansung dalam drama Korea berjudul Hwarang : The Beginning yang tayang di stasiun TV KBS2

7. Profil dan Biodata Jungkook BTS

Profil dan Biodata Member BTS yang terakhir adalah tentang Jungkook BTS. Ia bernama asli Jeon Jung Kook, ia lahir pada 1 September 1997 di Busan, Korea Selatan. Ia anak kedua dari dua lelaki bersaudara.

biodata-member-bts

Jungkook BTS

Jungkook telah mengikuti audisi untuk menjadi idol sejak kecil. Ia tercatat pernah ikut audisi di Superstar K3 namun gagal. Meski gagal, bakatnya banyak menarik perhatian banyak kalangan, termasuk Big Hit Entertainment yang kemudian merekrutnya.

Di Big Hit, pria bertinggi 178 cm ini bergabung pada 2011 dan sempat dikirim ke Los Angeles untuk mengasah kemampuan menarinya.  Setelah menjalani pelatihan, ia debut bersama BTS ditahun 2013.

Di  BTS, Jungkook ia berperan sebagai lead dancer, sub rapper dan center serta merupakan member termuda atau ‘maknae’ di BTS. Jika member BTS memilik nama panggung di BTS yang beda dengan nama asli mereka, Jungkook justru memakai nama panggung dari nama aslinya.

Demikian Biodata BTS, Profil dan Biodata Member BTS, grup idol Korea yang beranggotakan 7 orang pria ganteng dan atletis yang populer tidak hanya di Korea dan kawasan Asia lainnya, namun digemari diseluruh dunia. Semoga bermanfaat []