Profil dan Biodata EXO – Boyband Gabungan Korea-China

Tetap Sukses Walau Ada Member Keluar

Profil dan Biodata EXO – Jika membicarakan grup vokal asal Korea Selatan, maka Exo wajib masih dalam pokok pembicaraan. Ini karena popularitas grup yang satu ini yang tidak kalah dengan BTS, BLACPINK dan iKON dimata pecinta budaya KPop diseluruh dunia.

EXO salah satu grup idol dari Korea Selatan yang sukses memikat hati para pecinta musik, paduan antara wajah tampan mempesona dengan olah vokal mumpuni serta kemampuan menari yang apik berhasil menyihir para fans diseluruh dunia.

Jika membahas tentang Profil dan Biodata EXO, tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas tentang awal debut EXO dan perjalanan grup tersebut hingga akhirnya menjadi sukses seperti sekarang ini serta konflik yang membuat Member EXO keluar. Yuk mari kita bongkar di artikel berikut ini.

Profil dan Biodata EXO

Nama Grup : EXO

Asal Negara : Korea Selatan

Agensi : SM Entertainment

Genre Musik : KPop, R&B, Pop Dansa dan Elektronika

Personil : Suho, Xiumin, Baekhyun, Chen, D.O, Chanyeol, Kai, Sehun, Lay

Personil yang Keluar : Kris, Luhan dan Tao

Fansclub : EXO-L (EXO Love)

Pembentukan EXO

Dalam sebuah seminar pada Mei 201, Lee Soo-Man, sang pendiri SM Entertaiment mengungkapkan sebuah misi untuk membentuk boyband yang terbagi  dalam dua subgrup yang membawakan lagu Korea dan Mandarin.

Strategi tersebut berhasil diwujudkan oleh SM Entertainment dengan membentuk grup yang diberi nama EXO. Nama EXO diambil dari kata bahasa Inggris, Exoplanet yang berarti planet yang berada diluar sistem tata surya.

EXO kemudian terdiri dari penyanyi dari Korea Selatan dan China. Awalnya mereka terdiri dari 12 orang member yang dibagi menjadi dua kelompok atau subgrup dengan masing-masing subgrup terdiri dari 6 orang. EXO-K (‘K’ adalah inisial Korea) mewakili Korea Selatan dan EXO-M (‘M’ adalah inisial Mandarin) yang mewakili China.

Hasil audisi kemudian berhasil menetapkan formasi EXO masing-masing subrup. EXO-K terdiri dari Sehun, Kai, D.O, Chanyeon, Baekhyun dan Suho. Dari subgrup versi Mandarin, EXO-M diwakili oleh Xiumin, Luhan, Kris, Lay, Chen dan Tao.

Debut EXO

Sebelum resmi debut, EXO melalui EXO-K dan EXO-M meluncurkan single prolog bertajuk “What Is Love” di Korea dan China daratan pada 30 Januari 2012, Single ini lumayan sukses dan menduduki peringkat 88 di Gaon Chart di Korea Selatan.

Pada 9 Maret 2012, EXO kembali merilis single prolog yang kedua berjudul “History”. Single ini berhasil bertengger di peringkat 68 Gaon Chart dan nomor 6 di Tanggal Lagu Sina di China daratan. EXO kemudian menggelar konser pada 31 Maret di Seoul, Korea Selatan dan pada 1 April di Beijing, China.

Baca Juga :  Biodata TWICE - Profil Grup Idol Wanita Korea

Tanggal 9 April 2012, EXO-K dan EXO-M merilis mini album bertajuk “MAMA” setelah merilis single dengan judul yang sama sehari sebelumnya. Mereka kemudian mempromosikan album tersebut dimasing-masing negara. EXO-K resmi debut dengan tampil di acara musik di stasiun TV SBS, Inkigayo. Sedangkan EXO-M dihari yang sama tampil di Top Chinese Music Award.

Debut EXO sukses besar, single MAMA versi bahasa Korea menguasai peringkat 1 Gaon Chart dan bertengger di nomor 8 pada Billboard World Album Chart. Versi Mandarin single ini juga duduk di posisi kedua Tangga Album Sina  di China daratan. Video musik single ini juga bertengger di situs streaming China dan Youtube.

Sukses Yang Berlanjut

Setelah sukses debut dengan mini album, EXO kemudian merilis full album bertajuk “XOXO” pada 3 Juni 2013. Album ini terdiri dari dua edisi, edisi Korea di beri nama “Kiss” dan edisi Mandarin bertajuk “Hug”. Berbeda dengan dengan mini album MAMA yang dipromosikan secara terpisah. Kali ini EXO-K dan EXO-M bersatu mempromosikan album XOXO dengan “Wolf” sebagai single andalan. Kedua versi lagu ini sukses di Billboard World Chart Album

Kemudian, sebuah album kemas ulang bertajuk “Growl” dengan single berjudul sama dirilis pada 5 Agustus 2013. Single Growl berhasil mendominasi dibeberapa tangga lagu baik di Korea. Disamping itu, Album XOXO versi berhasil terjual lebih dari sejuta kopi dan mereka meraih beberapa penghargaan seperti M-NET ASIAN Music Award 2013.

Bulan Desember 2013, EXO kembali merilis mini album yang diberi nama “Miracle In Desember” untuk menyambut musim dingin. Mereka mempromosikan mini album ini pada acara reality show mereka, EXO’s Showtime dan M Countdown serta beberapa program lainnya. Album ini membuat EXO meraih GAON chart sebagai Artist of The Year.

Tahun 2014, mini album “Overdose” dirilis pada 7 Mei, album ini yang sempat tertunda peluncurannya ini meraih penjualan yang besar di Jepang dan menyabet penghargaan pada GAON Music Chart Award, Golden Disk Award, SBS Award Festival, Miguhui Award China, dan M-Net Asian Award 2014.

Tahun 2015, EXO mengumumkan konser tunggal mereka yang kedua, ada hampir 1,2 juta orang yang mencoba membeli tiket secara online. Kemudian, full album “Exodus” dirilis pada Maret 2015, pre order lagu ini mencapai 500 ribu di Korea dan China.

Single andalan dari album Exodus bertajuk “Call Me Baby” dan “Love Me Right” kembali merajai banyak tanggal lagu, antara lain mereka masuk dalam posisi Top 100 tangga lagu Billboard 200. Golden Disk Award, Melon Popularity Award, dan Asian Award 2015 dari M-NET berhasil mereka raih berkat album ini.

Baca Juga :  Profil dan Biodata Seventeen Lengkap

Tahun 2016,di bulan Februari mereka mengadakan tur di kawasan Amerika Utara. Kemudian pada bulan Maret 2016, EXO menggelar tur di Seoul. Pada 9 Juni 2016, mereka mirilis full album “EX’ACT” yang mengandalkan “Lucky One” dan “Monster” yang dirilis dalam bahasa Korea dan Mandarin.

Album ini meraih pre-order sebesar 660.000 sebelum peluncuran dan mencapai rekor penjualan 522.372 kopi dalam pekan pertama. Untuk memenuhi animo yang besar terhadap album EX’ACT,  kemudian dibuat versi repackage bertajuk “LOTTO” yang berisi single “Lotto” yang ternyata berhasil posisi nomor 1 di Billboard World Digital Songs Chart.

Tahun 2017, setelah menggelar konser di Korea, EXO kembali merilis full album bertajuk “THE WAR” yang meraih pre-order mencapai 807.235 kopi. Pada perilisan, album ini mencetak rekor dengan angka penjualan sebesar 602.094 kopi dipekan pertama.

Kendati agak sedikit merubah gaya, EXO tetap mendapat sambutan baik dari fans dan tentu saja banyak meraih penghargaan. Video musik single jagoan album tersebut, “Ko Ko Bop” meraih 100 juta penonton dibulan Desember.

Sempat tertunda beberapa hari, album untuk musim dingin bertajuk “Universe” diluncurkan untuk menghormati rekan satu agensi mereka, Jonghyun yang merupakan personil dari grup Shinee yang meninggal dunia.

Member EXO Yang Keluar

Seperti yang diungkapkan dalam Biodata EXO diatas bahwa member EXO ada sembilan orang, lalu kemana 3 orang lagi anggota grup yang awalnya berjumlah 12 orang seperti awal pada awal debut mereka?

Memang ada 3 orang Member EXO yang keluar dari grup ini, mereka adalah Luhan, Kris dan Tao. Mereka keluar dari EXO adalah anggota subgrup EXO-M yang berasal dari China dengan berbagai alasan.

Kris adalah member pertama yang keluar dari EXO, leader EXO-M ini menyatakan bahwa alasan utama keluar dari EXO adalah karena merasa diperlakukan tidak manusiawi. Kris keluar dari EXO pada 2014.

Kemudian, Luhan juga mengakhiri kontraknya dengan SM Entertainment sebagai manajemen yang menaungi EXO karena masalah kesehatan dan merasa mendapat perlakuan yang berbeda dibandingkan member dari Korea. Luhan juga meninggalkan EXO pada 2014.

Kemudian yang terakhir resign dari EXO adalah Tao. Setelah sempat mencari jalan tengah untuk mencari solusi terbaik, akhirnya Tao resmi keluar dari EXO pada 24 Agustus 2015 dengan alasan kesehatan dan kurangnya perhatian agensi terhadap perkembangan karirnya.

Demikian tadi pembahasan kita tentang grup EXO, semoga pembaca sekalian dapat mengetahui tentang Biodata EXO, debut dan album serta perjalanan terbentuk dan keluarnya member EXO sehingga mereka tinggal sembilan orang.

Loading...