Profil dan Biodata iKON dan Member- Ikon Budaya K-Pop

Sempat Tersisih Sebelum Debut

Profil dan Biodata iKon – Pertama kali diperkenalkan kepada umum sebagai “Tim B” dalam acara WIN: Who is Next tahun 2013. Mereka kemudian muncul kembali dalam reality show survival Mix & Match. Tim B yang terdiri dari B.I, Bobby, Jinhwan, Junhoe, Yunhyeong, dan Donghyuk berkompetisi dengan Tim A. Pemenang kompetisi ini akan debut dan menjadi member grup idol “Winner”.

Tim B ternyata kalah dalam pemungutan suara dan mereka gagal debut grup Winner. Oleh YG Entertaiment, agensi tempat mereka bernaung, status Tim B tetap menjalani pelatihan di YG Entertaiment. Kemudian, ditahun 2014 tepat nya Juni 2014, Tim B diaudisi kembali untuk menentukan siapa-siapa yang berhak menjadi member iKON untuk menemani Bobby, B.I, dan Jinhwan yang sebelumnya telah terpilih. Akhirnya, terpilihlah Junhoe, Yunhyeong, Donghyuk dan Chanwoo  untuk melengkapi formasi iKON.

Pada awalnya grup ini direncanakan bernama “ICON”. Namun, huruf “C” kemudian diganti dengan huruf “K” sehingga menjadi “iKON“. Menurut Yang Hyun-suk, CEO YG Entertainment, huruf “K” mewakili nama Korea dan mereka diharapkan menjadi “icon” bagi negara Korea dimata dunia.

iKON satu manajemen dengan banyak grup idol Korea lainnya di YG Entertainment. Diantaranya adalah BTS, BIGBANG dan juga BLACKPINK.

Meski secara resmi debut pada 1 Oktober 2015, mereka sudah merilis video klip pre single “My Type” pada 15 September 2015. Baru 24 jam dirilis dalam waktu 24 jam, video mereka telah ditonton 1,7 juta di Youtube. Bahkan mereka sudah menjadi perbincangan hangat di Weibo dan duduk diposisi pertama di media streaming China, QQ dan Youku.

Berbicara tentang member iKON, banyak Warganet yang sepertinya penasaran dan ingin tahu dengan grup yang satu ini sehingga kata kunci Biodata iKON banyak dicari di Google. Menarik untuk disimak bagaimana Biodata Member iKON, jika anda termasuk yang penasaran, mari berkenalan dengan dekat grup iKON dan para member iKON.

Profil dan Biodata iKON

Nama Grup : iKON

Asal Negara : Korea Selatan

Debut : 1 Oktober 2015

Member : 7 orang : Bobby, B.I, Jinhwan, Junhoe, Yunhyeong, Donghyuk dan Chanwoo

Genre : K-Pop dan Hip- Hop

Fanclub : iKONIC

Biodata Member iKON
1. Profil dan Biodata B.I iKON

Member iKON yang pertama bernama lengkap Kim Han Bin, nama panggungnya di iKON adalah B.I. Ia dilahirkan pada 22 Oktober 1996 di Goyang, Seoul. Ia anak pertama dari dua bersaudara, adiknya seorang perempuan bernama Kim Hanbyul. Selain sebagai bernyanyi, ia juga berprofesi sebagai penulis lagu dan komposer.

biodata-member-ikon

Kim Han Bin atau B.I iKON

Di iKON, B.I berposisi sebagai leader dan rapper. Selain dikenal sebagai B.I, pria bertinggi badan 177 ini juga banyak memiliki nickname, yaitu : Binnie, Charisma Leader, Bin, Godbin, Mambin dan Hamben.

Sebelum bergabung dengan YG Entertainment, B.I pernah tampil dalam video klip “Indian Boy” milik MC Mong. Selain itu, B.I juga pernah bekerjasama dengan Epik High dalam album “Born Hater” serta di MV Taeyang BIGBANG bertajuk “Ringa Linga”.

B.I iKON mulai bergabung dengan YG pada Januari 2011. Ia menjadi trainee dalam Tim B dan berkompetisi dalam “Win : Who Is Next” bersama beberapa rekannya yang kemudian menjadi member iKON.

2. Profil dan Biodata Bobby iKON

Nama lengkapnya adalah Kim Ji Won namun memiliki nama panggung Bobby. Bobby lahir pada 21 Desember 1995 di Seoul, Korea Selatan. Ia sempat pindah bersama keluarganya ke Virginia, Amerika Serikat dan dibesarkan disana hingga ia selesai sekolah menengah.

biodata-ikon

Kim Ji Won alias Bobby iKON

Selain Bobby, pemuda bertinggi 180 cm ini memiliki nickname Bunny, Tokki, Babi, Jiwonie dan Kimbab. Di iKON, Bobby berposisi sebagai Rapper, selain mahir olah vokal ia juga mampu menulis lagu dan menjadi model.

Baca Juga :  Biodata Jisoo BLACKPINK dan Profil Lengkapnya

Sebelum debut bersama iKON, Bobby sempat juara ajang kompetisi rap Show Me The Money (SMTM) 3 yang diadakan oleh Mnet. Setelah itu, ia ikut dalam reality show WIN:Who Is Next dan MIX & MATCH sebagai ajang pembentukan formasi untuk grup WINNER. Ia dan timnya kalah voting dan akhirnya menjadi member grup idol iKON.

Bobby pernah berkolaborasi dengan Epik High bertajuk “Born Hater” dan Hi Suhyun dalam “I’M Different”. Selain itu Bobby juga tampil sebagai camea dalam video klip milik Taeyang BIGBANG berjudul “Ringa Linga”. Ia juga bersama B.I iKON dan Mino ikut menulis lirik lagu “Empty” yang terdapat dalam album debut Winner bertajuk 2014 S/S.

3. Profil dan Biodata Jinhwan iKON

Jinhwan bernama lengkap Kim Jinhwan. Ia merupakan member grup idol Korea Selatan bernama iKON. Jinhwan iKON dilahirkan pada 7 Februari 1994 di pulau Jeju, Korea Selatan. Jinhwan iKON mempunyai seorang kakak perempuan. Ibunya merupakan seorang pemain biola di sebuah orkestra dan pengusaha kafe.

profil-member-ikon

Kim Jinhwan atau Jinhwan iKON

Selain terkenal dengan nama panggung Jinhwan, ia juga dikenal dengan nama Jinny, Jinan, Bbooyo. Ia juga dipanggil Hyung karena merupakan member iKON yang paling tua. Dengan tinggi badan cuma 165 cm, Jinhwan merupakan member yang terpendek di grup iKON.

Jinhwan iKON bergabung dengan YG Entertainment pada 2011.Ia kemudian bergabung dengan Tim B yang menjadi cikal bakal iKON. Sebelum debut bersama iKON, Jinhwan tampil di video klip seniornya di YG, Taeyang BIGBANG dalam lagu “Ringa Linga”.

Di iKON, Jinhwan mengisi posisi sebagai Main Vocal dan Dancer. Ia sangat mengidolai Michael Jackson dan Ne-Yo. Selain bahasa Korea, Jinhwan mampu berbahasa Inggris, Jepang, Mandarin dan bahkan Tagalog. Jinhwan diketahui pernah tinggal di Filipina selama tujuh bulan sehingga ia dapat menguasai bahasa asli Filipina tersebut.

4. Profil dan Biodata Junhoe iKON

Member berikutnya yang akan kita bahas adalah Junhoe iKON. Pria yang juga dikenal dengan nama Ju Ne ini bernama lengkap Koo Jun Hoe. Ia dilahirkan pada 31 Maret 1997 di Korea Selatan. Selain populer dengan panggilan Junhoe dan Ju Ne, ia mendapat nickname Sniper King, Giant Baby dan Day-June.

biodata-member-ikon

Koo Jun Hoe atau Jun Hoe iKON

Junhoe debut didepan publik pertama kali ketika ia membintangi acara Star King di SBS pada usia 13 tahun. Di acara tersebut, ia beraksi membawakan tarian ala Michel Jackson. Tahun 2011, ia juga tampil di ajang pencarian bakat  K-Pop Star.

Sebelum bergabung dengan YG Entertainment, Junhoe sempat mengikuti audisi di JYP namun gagal. Ia kemudian bergabung dengan YG dan mengikuti trainee bersama Tim B untuk debut di grup WINNER namun Tim B tersisih. Ia kemudian kembali ikut program “Mix & Match” untuk melengkapi formasi iKON dan ia dikonfirmasi sebagai member iKON yang keempat.

Junhoe iKON pun semat menjadi cameo dalam video klip seniornya di YG Entertainment, Taeyang BIGBANG dalam single “Ringa Linga” pada tahun 2013. Junhoe debut bersama iKON pada Oktober 2015 dengan single andalan “My Type”. di iKON, Junhoe menempati posisi sebagai Main Vocal.

Baca Juga :  Profil dan Biodata Seventeen Lengkap
5. Profil dan Biodata Yunhyeong iKON

Profil dan Biodata Member selanjutnya adalah tentang Yunhyeong iKON. Nama lengkapnya adalah Song Yoon Hyeong. Selain dikenal di grup iKON dengan panggilqn Yunhyeong, ia juga mempunyai nickname Song Prince, Yoyo dan Song Chef. Yunhyeong iKON dilahirkan di Korea Selatan pada 8 Februari 1995. Orang tuanya merupakan pemilik restoran dan ia memiliki seorang adik perempuan.

biodata-member-ikon

Song Yoon Hyeong atau Yunhyeong iKON

Yunhyeong yang diketahui pernah bersekolah di Hanlim Art High School ini punya hobi memasak. Yunhyeong mulain menjadi trainee di YG Entertainment sejak April 2012. Sebenarnya, Yunhyeong mendaftar di YG untuk menjadi aktor karena ia mengaku tidak berbakat di bidang olah vokal dan dance. Namun, ia malah dilatih sebagai calon anggota grup idol oleh YG.

Sebelum debut bersama iKON pada 1 Oktober 2015, Yunhyeong bersama beberapa calon member iKON lainnya tampil dalam video klip lagu “Ringa Linga” milik Taeyang BIGBANG pada tahun 2013. Yunhyeong adalah orang kelima yang mendapat konfirmasi member iKON.

Yunhyeong iKON mengisi posisi sebagai vokalis di grupnya. Ia sangat mengidolakan Justin Timberlake. Selain sebagai penyanyi, Yunhyeong iKON pernah menjadi model iklan untuk produk kecantikan Nivea.

6. Profil dan Biodata Donghyuk iKON

Biodata Member iKON berikut ini adalah tentang Donghyuk iKON. Pria bertubuh setinggi 175 dan berzodiak Capricorn ini memiliki nama asli Kim Donghyuk. Donghyuk dilahirkan di Korea Selatan pada 3 Januari 1997.

Donghyuk iKON mengisi posisi sebagai vokal, main dancer dan visual. Donghyuk mulai menjadi bagian dari YG Entertainment pada November 2012. Donghyuk merupakan member terakhir yang bergabung dalam Tim B untuk berkompetisi di acara “Win : Who Is Next” dan member terakhir yang dikonfirmasi sebagai personil iKON oleh pihak YG.

profil-member-ikon

Kim Donghyuk atau Donghyuk iKON

Sebelum gabung agensi YG, Donghyuk iKON pernah jadi juara diajang JYP Trainee Search pada Maret tahun 2012 dan diterima di agensi SM Entertainment, namun Donghyuk iKON lebih memilih YG. Sebelum ikut sebagai trainee di YG, Donghyuk iKON ternyata pernah menjadi member Def Music & Dance Academy.

Di grup iKON, Donghyuk dianggap member terpintar dan paling jago menari. Dia juga berbakat memainkan beberapa alat musik seperti gitar, piano dan drum. Selain itu, Donghyuk jago bermain basket dan menguasai bahasa Inggris.

7. Profil dan Biodata Chanwoo iKON

Profil dan Biodata Member iKON yang terakhir adalah tentang Chanwoo. Nama lengkapnya adalah Jung Chan Woo, Chanwoo adalah nama panggungnya di grup idol Korea iKON. Ia juga dikenal dengan panggilan Baby Chanu dab Evil Maknae. Chanwoo iKON lahir pada 26 Januari 1998 di Gyeonggi, Korea Selatan. Chanwoo iKON merupakan ‘maknae’ atau personil termuda di iKON.

biodata-ikon

Jung Chan Woo atau Chanwoo iKON

Sebelum dibawah agensi YG Entertainment, Chanwoo sempat bernaung dibawah manajemen Kids Planet Entertainment antara tahun 2005-2010 dan pindah ke Fantagio Entertainment hingga tahun 2014.

Chanwoo iKON pertama dikenal ketika tampil dalam video klip single “Ballons” milik grup TVXQ. Ia juga bermain drama  Korea di Stasiun TV KBS berjudul “The Great King Sejong” dan film layar lebar berjudul “Lost and Found” pada 2008. Kemudian, Chanwoo memerankan Lee Min Ho muda dalam dua drama yang bintangi Lee Min Ho, “Boys Before Flower” dan “The Heirs”.

Chanwoo bergabung dengan YG Entertainment pada tahun 2014. Ia ikut program “Mix & Match” dan akhirnya lolos dan dikonfirmasi sebagai member keenam iKON. Chanwoo debut bersama iKON pada 15 September 2015. Pria setinggi 182 cm ini menempati posisi vokal di iKON.

Bagaimana pembahasan tentang Profil dan Biodata iKON dan para member nya tadi ?. Semoga anda menjadi lebih tahu dan kenal lebih dekat dengan grup idola Korea yang satu ini. Semoga bermanfaat. []