Profil dan Biodata Isyana Sarasvati – Penyanyi Cantik Bersuara Merdu

Tidak Tamat SMA

Biodata Isyana Sarasvati – Dia adalah seorang penyanyi dan penulis lagu yang cukup diperhitungkan di blantika musik Indonesia saat ini. Wanita yang pernah menjadi penyanyi opera di Singapura ini juga piawai memainkan beberapa alat instrumen.

Dia adalah Isyana Sarasvati, seorang penyanyi yang bersuara merdu dan berparas cantik lulusan dari Royale College Of Music, Inggris. Berikut Profil dan Biodata Isyana Sarasvati.

Biodata Isyana Sarasvati
  • Nama Lengkap : Isyana Saraswati
  • Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 2 Mei 1993
  • Orang Tua : Sapta Dwikarna ( Ayah ) dan Luana Marpanda
  • Saudara : Rara Sekar Larasati (Kakak)
  • Agama : Islam
  • Profesi : Penyanyi dan Penulis Lagu
  • Label rekaman : Sony Music Entertainment  Indonesia
Kehidupan Awal

Seperti termuat dalam Biodata Isyana Sarasvati diatas, ia dilahirkan di Bandung pada 2 Mei 1993 dari pasangan  Sapta Dwikarna (ayah) dan Luana Marpanda (ibu). Ayahnya berprofesi sebagai seorang dosen psikologi dan terapis, ibunya merupakan guru musik.

Melihat latar belakang keluarga, Isyana memang memiliki bakat musik yang diturunkan dari ibunya. Kakaknya, Rara Sekar Larasati juga terjun ke dunia musik dan sempat ‘ngeband’ bersama Banda Neira. Sayang, band tersebut bubar pada 2016.

Ketika berusia tiga tahun, Isyana tinggal di Belgia selama lima tahun mengikuti orang tuanya yang melanjutkan pendidikan. Ayahnya mengambil gelar doktor sedangkan ibunya juga mendapat beasiswa dan melanjutkan pendidikan disana

Sejak kecil Isyana sudah akrab dengan instrumen musik, ia pertama kali dikenalkan dengan piano oleh ibunya. kemudian, Isyana Sarasvati juga menguasai alat musik saxofone dan biola. Umur tujuh tahun, Isyana sudah mulai terlihat bakatnya didunia tarik suara. Ia bahkan mampu menulis lagu untuk ia nyanyikan sendiri.

Sejak kecil, Isyana memang sudah bercita-cita jadi seorang Maestro, padahal anak-anak seusianya pada waktu itu berkeinginan jadi dokter, guru dan cita-cita standard anak-anak lainnya.

Baca Juga :  Profil dan Biodata BTS - Band Korea Yang Mendunia

Sekembalinya dari Belgia, Isyana Sarasvati merasa kesulitan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. Karena telah terbiasa dengan bahasa Belanda. Ia juga sangat takut jika gurunya menyuruh ia mengaji Alquran.

Ketika menginjak SMP ia sudah mulai aktif mengikuti perlombaan dan berorganisasi. Isyana sudah mulai menunjukkan prestasi dibeberapa ajang yang diikutinya. Ia juara elektone se-Indonesia, kemudian tampil di festival Java Jazz. Selain itu, ia juga aktif sebagai ketua OSIS di sekolahnya.

Ketika di SMA, Isyana kemudian jadi sering tampil dalam berbagai perlombaan musik. Ia pernah masuk tiga besar dan menjadi juara di ajang musik tingkat dunia di Jepang. Selain itu, ia tampil dominan dan menguasai kontes piano se-Jawa Barat dan menjadi juara sebanyak 4 kali.

Pendidikan SMA hanya dijalaninya sampai kelas 2. Dia berhasil mendapat beasiswa di sekolah musik di Singapura.

Mendapat Beasiswa

Bakat musiknya yang cemerlang berhasil memikat Pemerintah Singapura untuk memberinya beasiswa, Isyana Sarasvati belajar dibidang pertunjukan musik di  Nanyang Academy Of Fine Arts (NAFA). Di Singapura, selain banyak memperoleh ilmu tentang musik, ia juga mengisi waktu kosongnya dan menambah uang saku dengan menjadi guru musik dan menjadi penyanyi opera. Pada tahun 2011, Isyana memukai publik Singapura ketika tampil diajang bergengsi Asia Pasific Festival.

Tamat dari Nanyang Academy Of Fine Arts pada 2013, Isyana Sarasvati kembali mendapat beasiswa. Kali ini ia mendapat biaya pendidikan gratis untuk kuliah di Royal College of Music, Inggris dan kemudian lulus dengan predikat memuaskan. Bakat Isyana Sarasvati berhasil memikat Sony Music Asia Pasific untuk mengontraknya.

Sukses dan Terkenal

Tahun 2014, Isyana Sarasvati sukses menjadi pendatang baru di dunia musik Indonesia dan mulai dikenal setelah lagunya bertajuk Keep Being You sukses menarik hati penikmat musik. Lagu tersebut disematkan dalam album bertajuk Explore!. Warna vokal dan lirik lagu serta parasnya yang ayu membuatnya menjadi idola baru.

Baca Juga :  Biografi Walt Disney - Penguasa kerajaan Dongeng

Tahun 2015, ia merilis single  bertajuk Tetap Dalam Jiwa, lagu ini kemudian menjadi hits diblantika musik Indonesia dan meraih banyak ditonton di Youtube. Isyana juga mencoba merambah ke dunia akting dengan bermain di film Ranah 3 Warna. Isyana bermain bersama Dimas Aditya. 

Masih ditahun 2015, Isyana Sarasvati menjadi Brand Ambassador dari e-commerce milik William Tanuwijaya, Tokopedia, dan juga Oppo, vendor smartphone asal Tiongkok.

Tahun 2017, Isyana merilis albumnya yang kedua berjudul Paradox. Menurut Isyana, Paradox dipilih sebagai nama albumnya karena dalam hidupnya sehari-hari tidak pernah lepas dari beragam paradoks. Namun, paradoks itulah yang akhirnya membawa Isyana pada ide-ide musik baru yang tertuang dalam album ini. Proses album ini dilakukan di Swedia.

Album Musik
  • Explore! (2015)
  • Paradox (2017)
Lagu Hits
  • Keep Being You (2014)
  • Tetap Dalam Jiwa (2015)
  • Kau Adalah ft. Rayi Putra (2015)
  • Anganku Anganmu ft. Raisa (2017)
  • Masih berharap (2017)
Prestasi Isyana Sarasvati

Profil dan Biodata Isyana Sarasvati tidak terlepas dari prestasi dan penghargaan yang diraihnya. Berikut beberapa prestasi Isyana Sarasvati.

  • Finalis Nasional Yamaha Piano Kompetisi (2007, 2010)
  • Juara Grand Prix Asia Pasific Electone Festival (2008, 2009, 2011)
  • Terpilih menjadi salah satu dari 15 Composer Electone Dunia yang tampil di Yamaha Electone Concours [YEC] di Tokyo, Jepang (2012)
  • Semifinalist Yamaha Electone Concours, Japan (2012)
  • Juara 1, 6th Tan Ngiang Kaw/Tan Ngiang Ann Memorial Vocal Competition, Singapore (2012)
  • Juara 1, Kategori Profesional, Kompetisi Vokal Nasional Tembang Puitik Ananda Sukarlan, Indonesia (2013)
  • Gold Certificate, 5th Bangkok Opera Foundation Singing Competition Bangkok,  Thailand (2013)
  • NET. Indonesian Choice Awards (2015 dan 2016)
  • Nominasi Album Of The Year, Indonesian Choice Awards (2018)

Demikian Profil dan Biodata Isyana Sarasvati, penyanyi muda dan juga diva Indonesia. Karya dan penampilannya selalu ditunggu penikmat musik di Indonesia. Semoga bermanfaat. []