Profil dan Biografi Jack Ma – Raja E-Commerce China

Dari Guru Miskin Menjadi Miliarder

Biografi Jack Ma – Dari seorang yang tidak dikenal kemudian Jack Ma menjelma menjadi salah satu orang terkaya di China. Dari seorang guru yang miskin menjadi seorang pengusaha situs belanja online terbesar di China dengan omset miliaran dolar. Dari bukan siapa-siapa menjadi salah satu tokoh yang paling berpengaruh di dunia. Itulah salah satu gambaran yang tepat bagi seorang Jack Ma.

Banyak orang penasaran tentang bagaimana Kisah Sukses Jack Ma, Kekayaan Jack Ma dan bagaimana perjuangannya membangun bisnis yang mengantarkannya sukses. Simak pembahasan berikut ini.

Biodata Jack Ma

  • Nama Kecil : Ma Yun
  • Nama Populer : Jack Ma
  • Tempat/Tanggal Lahir : Huangzhou, Zhejiang, China, 10 September 1964
  • Nama Orang Tua : Ma Laifa (Ayah) dan Cui Wencai (Ibu)
  • Nama Istri : Cathy Zang
  • Nama Anak : Ma Yuankun (Pria) dan Ma Yuanbao (Wanita)
  • Kebangsaan :  China
  • Profesi : Pendiri e-commerce Alibaba
  • Kekayaan : 41,8 miliar dolar (Tahun 2017)

Biografi Jack Ma

Awal Kehidupan

Seperti terungkap dalam Biografi Jack Ma, ia dilahirkan pada 10 September 1964 di sebuah daerah bernama Hangzou, Provinsi Zhejiang, China. Orang tuanya bernama Ma Laifa (Ayah) dan Cui Wencai (Ibu). Jack Ma terlahir dari keluarga kurang mampu. Ayah Jack Ma (Ma Laifa) hanyalah seorang pemusik dan pendongeng tradisional, ia hanya punya uang pensiun sekitar Rp. 500.000 setiap bulan untuk membiayai kehidupan keluarganya.

Jack Ma kecil punya semangat mempelajari hal-hal yang baru. Tahun 1972, Presiden Amerika Serikat kala itu, Richard Nixon berkunjung ke Hangzhou demi mempererat hubungan antara China dan Amerika Serikat. Sontak saja kota tempat Jack Ma dilahirkan itu banyak kedatangan turis mancanegara.

Jack Ma melihat momen tersebut sebagai sebuah peluang, ia melamar sebagai pemandu wisata disebuah hotel untuk memandu turis asing demi mendapat belajar bahasa Inggris gratis dari para turis. Julukan “Jack” ia dapat dari seorang turis. Jack Ma juga membeli sebuah radio agar dapat belajar bahasa Inggris. Bergaul dengan para turis membuat cara pandang hidup Jack Ma lebih maju dan terbuka dibandingkan dengan orang-orang lain di daerahnya.

Baca Juga :  Profil dan Biografi Jusuf Kalla - Tokoh Nasional Panutan

Jack Ma Ternyata bukanlah seorang yang jenius, ia pernah gagal ujian masuk sekolah dan perguruan tinggi . Pria berwajah culun ini akhirnya masuk menjadi mahasiswa di Universitas Keguruan Hangzhou setelah berhasil di ujian masuk yang ketiga tahun 1988 .

Setelah lulus, Jack Ma mencoba melamar pekerjaan diberbagai tempat namun hal itu tidaklah mudah. Di Kentucky Fried Chicken (KFC) Jack Ma pernah gagal dan menjadi satu-satunya pelamar yang ditolak dari 24 orang pelamar. Jack Ma akhirnya mencoba menjadi guru dan mengajar bahasa Inggris di sebuah lembaga pendidikan dengan pendapatan 12 dolar perhari selama lima tahun.

Merintis Karir

Pada 1995, Jack Ma pergi ke Seattle, Amerika Serikat dan bekerja sebagai penerjemah. Disinilah Ma berkenalan dengan internet, temannya mengatakan bahwa dengan internet kita dapat mencari apa saja. Namun, ketika Jack Ma “searching”  kata “beer” di mesin pencari Yahoo ia tidak menemukan sedikitpun data tentang China.

Melihat kenyataan tersebut, sepulangnya dari Amerika Serikat  Jack Ma membuat sebuah website direktori berbahasa China bernama China Page (seperti Yellow Pages versi online) dengan modal sebesar 2000 dolar. Sempat bersaing dengan layanan serupa yang dibuat pemerintah China sebelum akhirnya mereka bekerja sama. Ma akhirnya mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.

Mendirikan Alibaba.com

Jack Ma memang berjiwa enterpreneur sejati, melihat adanya peluang dari pengiriman barang dari produsen di China ke luar negeri melalui internet, Ma mengajak teman – temannya berkumpul di apartemennya. Jack Ma mempresentasikan niatnya tersebut dihadapan mereka dan terkumpul dana sejumlah 60.000 dolar. Dengan modal awal tersebut Jack Ma mendirikan Alibaba.com pada tahun 1999.

Pemilihan nama Alibaba.com bukanlah tanpa alasan. Pertama, nama Alibaba mudah dingat dan diucapkan oleh siapapun. Yang kedua tentu saja karena tokoh Alibaba yang dapat membuka tempat  penyimpanan harta karun. Pada awal didirikan, Alibaba hanya memiliki 17 orang karyawan yang semuanya adalah teman-teman dekat Jack Ma. Bisnis Alibaba antara lain bergerak dibidang pengiriman paket, penjualan barang, kupon promo, e-payment hingga manajemen investasi.

Baca Juga :  Biografi Nadiem Makarim - Juragan Ojek Kaya Raya

Pada saat Alibaba baru berkembang, banyak orang menganggap Ma bukan siapa-siapa. Bahkan, pernah ketika ia dijadwalkan untuk berpidato dalam sebuah

Kisah pilu Ma tidak berhenti saat Alibaba terbangun. Pada medio 2000, Jack Ma pernah dijadwalkan untuk memberikan pidato dalam sebuah konferensi teknologi di Berlin, dari 500 tempat duduk hanya terisi 3 orang. Namun, Ma tetap memberi sambutan dengan semangat dan mendapat aplaus meski hanya dari 3 orang.

Melantai di Bursa dan Menjadi Miliarder

Alibaba berkembang dengan pesat, Alibaba menjadi retailer terbesar di China dan menjadi nomor dua didunia setelah WallMart. Demi menarik dana investor yang ingin menanam modal di Alibaba, Jack Ma memutuskan Alibaba untuk melantai di Bursa New York pada tahun 2014. Alibaba sukses dengan penawaran saham perdananya atau IPO (Initial Public Offering).

Sukses Alibaba di lantai bursa otomatis menambah pundi-pundi uang Jack Ma dan nilai Alibaba Group yang pimpinnya mencapai US$ 200 miliar. Kekayaan Jack Ma melonjak mencapai US$ 26,5 miliar, ia berhasil menjadi orang terkaya di China. Didunia ia menduduki peringkat ke-23 sebagai miliarder.

Begitulah perjuangan Jack Ma, ia berkali-kali gagal dalam ujian masuk sekolah, berkali-kali juga ditolak lamaran kerjanya. Namun, kejeliannya melihat peluang dan kegigihannya berusaha membuat ia sukses. Dari guru yang miskin menjadi miliarder yang masuk orang terkaya didunia.

Demikian Profil dan Biografi Jack Ma, semoga dapat menginspirasi pembaca sekalian. (Foto : nbcnews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.