Profil dan Biografi Lucky Luciano – Bos Mafia Amerika

Merubah Gaya Mafia

Biografi Lucky Luciano – Dia adalah tokoh yang telah mengubah dunia kejahatan terorganisasi Amerika Serikat menjadi demikian hebat dan profesional. Dari kawasan kumuh New York, anak yang masih kecilnya penuh Kekerasan ini mengubah gaya koboi gangster lama menjadi lebih halus tapi berbahaya.

Dialah Lucky Luciano, bos mafia Sisilia di New York, yang mengubah gaya mafia yang suka “dar, der, dor” menjadi mafia berbalut jas mahal dan berkedok korporasi. Berikut kami sampaikan Biografi Lucky Luciano.

Biodata Lucky Luciano
  • Nama lengkap : Salvatore Lucania
  • Nama Populer : Charles Lucky Luciano
  • Tempat dan Tanggal Lahir : Sisilia, Italia, 11 November 1897
  • Meninggal : Napoli, Italia, 26 Januari 1962
Biografi Lucky Luciano

Nama aslinya Salvatore Lucania, ia aslinya berasal dari Sisilia, Italia. Ia datang ke Amerika saat masih berusia 9 tahun bersama keluarganya pada 1906.

Sejak kecil, Salvatore sudah menjadi anak jalanan di kota New York. Ia berhenti dari sekolah pada usia 15 tahun. Perlahan Ia mulai berkenalan dengan dunia kriminal dengan menjadi kurir narkoba. Salvatore kemudian lebih dikenal dengan nama Charlea “Lucky” Luciano.

Sedari kecil, Luciano telah terkenal sangar. Ia sering terlibat pertikaian dengan geng lain, termasuk dengan geng Yahudi. Namun Lucky Luciano menaruh respek pada anggota geng Yahudi bernama Meyer Lansky. Mereka kemudian bergabung untuk menciptakan organisasi mafia yang lebih kuat.

Bos Mafia Yang Terorganisir

Ketika minuman keras dilarang pada tahun 1920, Luciano dan Lansky menjadi pemasok minuman haram tersebut ke bar-bar gelap di wilayah Manhattan.

Pada akhir 1920-an. Di New York terjadi perang Castellammarese (perseteruan panjang dan berdarah antara Giuseppe Masseria dan Salvatore Maranzano) yang menurut Lucky Luciano dapat mengganggu “bisnis” mereka. Ia kemudian bersekutu dengan Maranzano untuk menghancurkan Masseria. Ketika Maranzano menguasai New York, Luciano bebas menjalankan bisnis ilegalnya.

Baca Juga :  Biografi Ronald Reagan - Aktor Yang Menjadi Presiden

Sebagai mafia, Lucky Luciano mempunyai gaya yang berbeda dengan gaya tangan besi mafia Sisilia pada umumnya. Ia membentuk mafia yang terorganisir dan terstruktur seperti sebuah perusahaan yang sah.

Sepak terjang Lucky Luciano mulai membuat Maranzano yang ingin jadi bos dari semua bos jadi tidak nyaman dan merasa terancam. Maranzano mulai khawatir dengan Lucky yang terlalu ambisius, berani dan berbahaya.

Namun, segalanya terlambat bagi Maranzano. Ia dilenyapkan oleh seorang pembunuh bayaran suruhan Mayer Lansky dan Benjamin Siegel yang menyamar sebagai polisi gadungan.

Perbedaan Lucky Luciano dengan Al Capone (pemimpin mafia Italia di Chicago) adalah pada manajemennya.  Jika Al Capone lebih banyak membuang waktunya untuk berperang dan membunuh, maka Lucky Luciano menjalankan kejahatannya secara terorganisir.

Dia memodernisasi Mafia, mengasahnya menjadi sindikat kejahatan nasional yang tertata dengan baik. Mereka mengendalikan prostitusi, narkoba, penyelundupan, pekerja pelabuhan, serikat buruh, restoran, dan lain-lain.

Lucky Luciano juga seorang mafia yang necis. Tampil bergaya eksekutif dengan pakaian mahal dan tinggal nyaman dirumah mewahnya di Waldorf Astoria. Ia dikelilingi wanita-wanita cantik atau penyanyi klub malam. Temannya adalah selebritis seperti Frank Sinatra dan pelakon George Raft.

Masuk Penjara dan Menjadi Intelijen

Dalam Biografi Lucky Luciano disebutkan,  kekuasaan Lucky Luciano mulai goyang pada 1935 ketika Jaksa khusus Kota New York yang memang mengincarnya melakukan gebrakan. Jaksa mencecarnya dengan tuduhan prostitusi terorganisir.

Persidangannya menjadi headline diberbagai media. Lucky Luciano menolak di tuduh sebagai mucikari. Beberapa anggota geng senior juga berusaha membelanya.

Namun, dengan banyaknya dakwaan yang ditujukan kepadanya, ia akhirnya dijatuhi hukuman penjara puluhan tahun pada juni 1936.

Perang Dunia Kedua membawa angin segar baginya Lucky Luciano. Pasca serangan Pearl Harbor, Amerika terdesak oleh Jerman yang menenggelamkan kapal dagangnya. Juga kapal Perancis yang berhasil ditenggelamkan di Sungai Hudson, memunculkan kecurigaan adanya keterlibatan intelijen atau simpatisan Nazi serta adanya sabotase.

Baca Juga :  Biografi Ronald Reagan - Aktor Yang Menjadi Presiden

Untuk menangkal mata-mata Jerman, maka direkrutlah berbagai golongan masyarakat untuk menangkal intelijen Jerman.

Mulai dari pekerja dok kapal sampai pemancing dan penjahat diajak menjadi mata-mata bagi intelijen angkatan laut AS. Lucky Luciano termasuk yang bersedia bergabung berkat Meyer Lansky.

Mereka berhasil membongkar dan menangkap delapan mata-mata Jerman, termasuk bahan peledak, peta dan mengetahui rencana sabotase.

Selain itu, ketika sekutu menyerang Italia, Lucky Luciano juga berperan membantu intelijen. Sebagai balas jasanya, ia minta dideportasi ke Italia pada Februari 1946.

Selang beberapa tahun kemudian Luciano muncul di Kuba bersama Lansky, Sinatra dan teman-temannya. Kehadirannya di Kuba begitu mencolok hingga diketahui pers.

Kemudian, pada 1947 Biro Narkotika AS mengetahui keberadaannya di Amerika. Pihak berwenang menyatakan bahwa Lucky Luciano berencana menjadikan Kuba sebagai markas operasi penyelundupan narkotika sedunia. Ia kemudian dipulangkan kembali ke Italia.

Pejabat berwenang AS dan Italia mengumumkan bahwa mereka hampir menangkap Lucky Luciano dalam perkara narkotika senilai US$ 150 juta, namun hal itu tidak terjadi karena Lucky Luciano keburu meninggal dunia.

Tidak seperti bos mafia lainnya yang meninggal diujung senjata, Lucky Luciano meninggal akibat serangan jantung ketika akan bertemu seseorang di Bandara Napoli pada 26 Januari 1862.

Namanya tercatat sebagai salah satu bos mafia terbesar dalam sejarah di Amerika Serikat.

Demikian Biografi Lucky Luciano, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.