Profil dan Biografi Warren Buffett – Investor Ulung

Orang Terkaya Dunia Yang Dermawan

Profil dan Biografi Warren Buffett – Sosoknya dikenal sebagai seorang investor ulung, pekerjaannya adalah melihat perusahaan yang mau bangkrut kemudian membelinya. Ditangannya kemudian perusahaan tersebut disulap menjadi perusahaan yang menguntungkan dengan nilai berlipat ganda dan diminati investor lain.

Sosok tersebut adalah Warren Buffett, ia seorang investor kelas dunia yang dijuluki “Wizard Of Omaha” atau Penyihir dari Omaha. Ingin tahu lebih lengkap tentang figur yang satu ini?. Berikut kami sajikan Profil dan Biografi Warren Buffett.

Profil dan Biografi Warren Buffett

Nama lengkapnya adalah Warren Edward Buffett, ia dilahirkan pada 30 Agustus 1939 di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Buffett adalah anak kedua dari tiga bersaudara dari orang tua bernama Howard Buffet ( anggota DPR dan makelar saham) dan ibunya Leila Stahl Buffett berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

Warren Buffet mengenyam pendidikan pertama kali di sekolah dasar Rose Hill, kemudian melanjutkan ke jenjang SMP di Alice Deal. Tahun 1947 Buffet lulus dari SMA Woodrow Wilson. Buffett meraih gelar Sarjana Ekonomi Manajemen dari Wharton School of the University of Pennsylvania. Ia ditolak ketika akan masuk ke Harvard Business School, kemudian ia mengambil gelar Magister di Columbia University ketika tahu pakar investasi, Benjamin Graham dan David Dodd kuliah disana.

Warren Buffett pertama kali menikah dengan Susan Buffett yang kemudian mereka berpisah hingga Susan Buffett meninggal dunia, kemudian Buffett diketahui menikah lagi dengan Astrid Menks pada 2006. Dari dua perkawinan tersebut, Warren Buffett mempunyai tiga orang anak, yaitu : Susan Alice Buffett, Howard Graham Buffett dan Peter Buffett.

Berinvestasi Sejak Kecil

Dalam Biografi Warren Buffett diceritakan bahwa ketika anak-anak seusianya sibuk bermain, ia  malah menunjukkan minatnya pada bisnis dan investasi, ini terbukti dengan kegiatan bisnis awalnya yang menjual makanan dan majalah yang dijual dari rumah ke rumah. Menjadi loper koran dan mencari bola golf yang hilang lapangan golf kemudian menjualnya kembali.

Ketertarikan Warren Buffett pada investasi dimulai bermula ketika ia mengunjungi kantor pialang saham didekat kantor ayahnya dan juga ketika berkunjung ke bursa saham di New York.

Pada usia 11 tahun, Warren Buffett mulai berinvestasi dengan membeli 3 lembar saham Cities Service Preferred seharga USD 38 pada waktu itu. Saham tersebut sempat turun pada harga USD 27 dan membuat Buffett khawatir. Ia kemudian menjual saham tersebut ketika naik pada angka USD 40. Namun, peristiwa itu membuahkan penyesalan besar dalam hidupnya, karena nilai saham Cities Service Preferred kemudian naik menyentuh angka USD 200.

Baca Juga :  Biografi Prabowo – Politikus yang Juga Seorang Pebisnis Hebat

Buffett juga pernah membeli mesin pinball bekas seharga USD 25 dan menaruhnya disalon, usaha ini berkembang dan mesin pinball nya menjadi tiga buah. Ketika ia menjualnya, usaha ini telah naik beberapa kali lipat menjadi USD 1.200.

Buffett muda memang seorang yang hemat dan berpikir jauh kedepan. Uang hasil menjadi loper koran senilai USD 175 setiap bulannya ia tabung untuk modal berinvestasi. Pada saat SMP ia membeli 16 hektare lahan dan disewakan kepada petani.

Awal Karir Warren Buffettt

Sebelum mendirikan perusahaan sendiri, Warren Buffet mencoba peruntungan beberapa profesi, seperti diketahui dari Biografi Warren Buffet bahwa ia pernah selama tiga tahun sekuritas dari Buffett-Falk & Company. Buffett juga pernah menjadi analis di Graham-Newman Corp selama dua tahun.

Berbekal ilmu invetasi yang diraihnya dari kuliah dan pengalaman pribadi, Warren Buffett diketahui pernah mengajar ilmu investasi di di University of Nebraska, Omaha. Kemudian pindah ke New York bersama keluarganya dan bekerja untuk seniornya, Benjamin Graham pada 1954.

Setelah beberapa kali pindah kerja dan mencoba berbagai profesi, ia memutuskan untuk berhenti bekerja pada orang lain. Warren Buffett bersama keluarganya kemudian kembali ke Omaha, Nebraska dan menempati sebuah rumah kecil nan sederhana yang ia beli seharga USD 31.500.

Warren Buffet bertekat menjadi jutawan diusia muda, berbekal modal sebesar USD 174.000 hasil jerih payahnya berkerja selama ini dan juga ilmu investasi yang ia dapat dari bangku kuliah serta pengalaman sejak kecil membuat ia mantap untuk memiliki perusahaan sendiri.

Membangun Kerajaan Bisnis

Warren Buffett memulai langkah awal bisnisnya dengan mendirikan firma bernama Buffett Partnership Ltd di Omaha. Selain fokus mengurus firma tersebut, ia juga berusaha melebarkan sayap bisnisnya dengan melirik perusahaan lain yang punya prospek bagus.

Bakat insvestor ulungnya berhasil melihat peluang bagus pada Berkshire Hathaway, sebuah perusahaan tekstil yang berdiri tahun 1830. Ia kemudian mengakuisisi perusahaan tersebut pada tahun 1962 dan terbukti tindakan tersebut merupakan sebuah langkah besar yang kemudian menentukan suksesnya dikemudian hari.

Warren Buffett yakin bahwa harga saham Berkshire Hathaway sebenarnya lebih tinggi dari yang perdagangkan, sehingga ia kemudian membeli saham Berkshire Hathaway. Setelah sempat terhalang oleh keluarga Seabury Stanton, ia kemudian berhasil membeli dan menguasai mayoritas saham perusahaan tersebut serta kemudian mengendalikannya.

Baca Juga :  Biografi Pendiri Bukalapak - Achmad Zaky

Akuisisi Berkshire Hathaway merupakan langkah awal dari Warren Buffett dalam membentuk kerajaan bisnisnya. Karena setelah ini, ia banyak menginventasikan uangnya dengan membeli perusahaan-perusahaan yang menurutnya berprospek bagus dan memberinya untung dikemudian hari.

Akibat aktivitas bisnis Warren Buffett melalui Berkshire Hathaway yang membeli banyak aset berbagai perusahaan, Berkshire Hathaway menjadi perusahaan konglomerasi (holding company) yang menaungi banyak perusahaan dengan berbagai lini usaha, seperti : asuransi dan reasuransi, perminyakan, produk-produk bangunan, jasa penerbangan, bisnis ritel, bisnis media dll.

Tercatat bahwa Berkshire Hathaway  berinvestasi dibidang  asuransi dengan membeli GEICO dan General Re. Mengakuisisi perusahaan yang bergerak dibidang pakaian, seperti : Fruit of the Loom, Garanimals, Fechheimer dan Russel Corporation. Kemudian Benjamin Moore & Co, MiTek Inc dan Clayton Holmes.

Buffet juga berinvetasi di Exxon (perminyakan), Washington Post (media), Coca Cola (makanan dan minuman), General Motors Co (otomotif), IBM (komputer), Well Fargo & Co (perbankan) dan masih banyak lagi yang lain.

Orang Terkaya Dunia Yang Dermawan dan Sederhana

Posisi Warren Buffett di Berkshire Hathaway adalah sebagai Chairman dan Chief Executive Officer (CEO), memimpin perusahaan yang sahamnya pernah menyentuh harga USD 150.000 membuatnya menjadi salah orang terkaya didunia.

Nama Warren Buffet selalu masuk diposisi atas dalam daftar orang terkaya didunia. Namanya selalu bersaing dengan pendiri dan pemilik Microsoft, Bill Gates sebagai pemuncak orang tertajir didunia. Harta kekayaan Warren Buffett pada 2018 menurut Forbes diperkirakan sebesar USD 88,3 miliar.

Meski memiliki harta ribuan triliun, namun Warren Buffett memilih hidup secara sederhana dirumahnya yang telah ditempatinya hampir 40 tahun di Omaha, Nebraska.

Disamping memilih gaya hidup sederhana dan bersahaja, Buffett merupakan seorang philanthropist sejati yang banyak menyumbangkan hartanya untuk urusan kemanusiaan. Ia banyak menyumbangkan hartanya melalui Bill and Melinda Gates Foundation.

Selain sebagai seorang philanthropist, Warren Buffett juga berkontribusi dalam bidang politik di Amerika Serikat. Pengusaha yang didiagnosis menderita kanker prostat pada 11 April 2012 ini mendukung Hillary Clinton sebagai kandidat Presiden Amerika pada pemilu 2016 dari partai Demokrat.

Demikian Profil dan Biografi Warren Buffett, seorang investor ulung yang menjadi orang terkaya didunia namun bersifat dermawan. Semoga bermanfaat dan memberi inspirasi. [ ]